mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Ide Bermain di Luar Rumah Bersama Anak

Konten [Tampil]
Ide bermain di luar rumah bersama anak

Pernah tidak merasa pusing karena anak tidak mau diam atau terus bergerak saat di rumah? Anak yang aktif bergerak kesana kemari bukan karena anak tidak mau diam. Namun, kebutuhan menyalurkan energi perlu dilakukan agar anak bisa bereksplorasi. Bisa saja anak merasa bosan karena bermain di dalam rumah terus. Yuk coba meluangkan waktu bersama anak bermain di luar rumah.

Bermain di luar rumah bisa menjadi ide yang bisa dilakukan bersama. Beraktivitas di luar ruangan menjadi salah satu cara stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Tentu caranya lebih menyenangkan karena anak bisa banyak belajar hal baru. 

Lalu, manfaat apa saja yang bisa diberikan dengan bermain di luar rumah bersama anak? Yuk simak lebih lanjut ya.

Manfaat Bermain di Luar Rumah

Manfaat bermain di luar

Bermain adalah aktivitas yang paling seru dilakukan oleh anak. Bermain di luar rumah salah satu pilihannya. Memberikan kesempatan anak bermain di luar rumah tidak ada salahnya. Karena memiliki banyak manfaat untuk mendukung perkembangan anak. 

Waktu anak bermain di luar rumah menjadi kesempatan baik untuk mengeksplor di lingkungan sekitar. Nah, berikut manfaat jika bermain bersama anak di luar rumah :

1. Meningkatkan Bonding Dengan Anak

Hubungan antara orang tua dan anak perlu terus dilakukan setiap hari. Dengan cara melakukan aktivitas untuk menghabiskan waktu bersama. Anak akan merasa dicintai oleh orang tua. Karena terjalin ikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Salah satunya saat bermain bersama, akan ada interaksi selama bermain. Hal tersebut membantu meningkatkan bonding dengan anak.

2. Meningkatkan Keberanian dan Percaya Diri anak

Bermain di luar rumah dapat bantu meningkatkan keberanian dan percaya diri anak. Karena di luar rumah anak melihat perspektif yang lebih luas lagi. Ini bagus untuk anak yang terlahir atau besar saat masa pandemi. Anak-anak cenderung bermain di dalam rumah ataupun lebih sering berinteraksi dengan gawai. 

Saat bermain di luar rumah akan bertemu dengan anak lain, dengan begitu anak belajar berani untuk berinteraksi. Hal ini berbanding lurus dengan anak bisa belajar bersosialisasi.

3. Meningkatkan Kreativitas

Karena bermain di luar rumah menjadi tempat yang berbeda dilakukan anak. Anak akan melihat banyak hal yang berbeda dari di dalam rumah. Oleh karena itu, anak akan berpikir dan mengasah imajinasinya untuk bermain yang ada disekitarnya. Hal itu dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. 

4. Membantu Kesehatan Fisik Anak

Jika mengajak anak bermain lebih baik di pagi hari atau sore hari. Saat pagi hari anak akan lebih sehat karena terpapar dengan matahari pagi yang mengandung vitamin D, baik untuk kesehatan tulang. Bermain di luar rumah sambil berjemur dengan matahari pagi membantu kesehatan fisik anak.

Terlebih bermain di luar rumah akan banyak bergerak, hal itu juga membantu kebutuhan gerak dan melatih motorik pada perkembangan anak.

5. Mengenal Lingkungan dan Mendapatkan Pengalaman Baru

Bermain di luar rumah menjadi tempat belajar bagi anak-anak. Karena mengenal lingkungan sekitarnya dan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan. Hal ini menjadi cara baik mengajarkan anak dalam melatih keterampilan hidup. 

Ide Bermain di Luar Rumah

Ide bermain di luar rumah


Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang didapatkan dari bermain di luar rumah untuk anak. Sebagai orang tua pembelajar pasti selalu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik. Maka, berikanlah anak kesempatan eksplor lingkungan sekitarnya dan tidak perlu ragu untuk mengajak anak bermain di luar rumah lagi.

Sekarang saatnya untuk mengetahui ide bermain di luar rumah yang bisa dilakukan. Tentu permainan yang dilakukan adalah permainan yang mudah dan murah meriah.

Tidak membutuhkan peralatan mahal atau harus membeli baru. Cukup menggunakan perlengkapan yang ada di sekitar rumah. Nah, berikut ide bermain yang bisa dilakukan bersama anak di luar rumah, antara lain :

1. Bermain Sepeda

Berjalan-jalan keliling komplek rumah dengan naik sepeda bisa menjadi pilihan tepat. Bermain sepeda memiliki unsur untuk perkembangan pada anak seperti motorik kasar, keseimbangan dan koordinasi tubuh. Anak berlatih mengayuh sepeda membantu meningkatkan kekuatan kakinya, melatih koordinasi antara mata dan anggota gerak agar dapat bersepeda dengan arah yang benar.

Bersepeda juga membantu anak eksplor lebih jauh dan luas di sekitar rumah. Menemukan hal baru di sekitarnya, misal tetangga memiliki hewan peliharaan berbagai jenis burung. Sehingga anak bisa melihat langsung jenis burung dengan jelas saat keliling bermain sepeda.

2. Mencari Harta Karun

Bermain mencari harta karun bisa menjadi ide unik yang bisa dilakukan bersama anak. Permainan ini bisa dikreasikan sesuai dengan kondisi di sekitar rumah masing-masing. Berikut penjelasan cara bermain yang aku lakukan bersama anak.

Alat yang diperlukan : 

  • keranjang atau wadah yang mudah dibawa -bawa

Cara bermain :

  • Ajak anak untuk mencari berbagai jenis daun, ranting atau batu yang unik disekitar rumah
  • Agar permainan menjadi lebih menyenangkan, coba berikan batasan waktu dalam mengumpulkan daun dan ranting. Berlomba siapa yang mendapatkan jumlah paling banyak
  • Setelah waktu permainan selesai, hitung dan lihat siapa yang mendapatkan jumlah terbanyak
  • Kemudian, coba lihat dan beri apresiasi pada anak karena sudah berusaha mengumpulkan dengan baik

Nilai yang diperoleh anak dalam permainan ini :

  • Mengenalkan anak pada alam 
  • Mengasah daya kreativitas anak

3. Bermain Bola

Bermain bola memang paling menyenangkan jika di luar rumah. Karena tempat bermain menjadi lebih luas dan gerakan saat bermain lebih leluasa. Yuk coba cara bermain bola yang menyenangkan bersama anak.

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Bola berukuran sedang

Cara bermain :

  • Bermain lempar tangkap bola, mengajarkan anak untuk melempar bola dengan kedua tangannya. Bola diangkat di atas tangan agar bahu dapat bergerak dengan baik saat melempar bola. 

  • Minta anak untuk bergantian menangkap bola dengan kedua tangannya.

  • Bermain bola sepak, ajarkan anak untuk bermain bola dengan menendang secara lurus dan ikuti bola hingga batas yang telah ditentukan. Bisa divariasikan dengan mengajarkan anak menendang bola ke samping

Nilai yang diperoleh anak dalam permainan ini :

  • Koordinasi anggota gerak dan keseimbangan tubuh
  • Melatih motorik kasar anak
  • Anak menjadi sehat karena aktif bergerak dan energi tersalurkan dengan kegiatan positif

4. Bermain Gelembung Sabun 

Gelembung sabun bisa menjadi permainan favorit oleh setiap anak. Karena permainan ini sangat menyenangkan bisa melihat gelembung yang melayang-layang di udara. Mengejar gelembung atau mencoba membuat gelembung sendiri merupakan bagian yang menyenangkan. 

Tahukah untuk membuat gelembung sabun bisa dilakukan dengan bahan yang ada di rumah. Jadi bisa lebih puas bermainnya, berikut cara pembuatan dan bermain :

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Sabun pembersih cuci piring
  • Air
  • Gula
  • Sedotan
  • Stik es krim dan kawat eskrim

Cara membuatnya dan bermain :

  • Pertama buat terlebih dulu cairan untuk gelembung sabun dengan mencampurkan semua bahan. 3 sendok makan sabun pembersih cuci piring, sedikit air sekitar 60 ml dan 1 sendok makan gula. Aduk hingga tercampur rata semua, siap bermain gelembung sabun.
  • Bermain gelembung sabun raksasa. Siapkan cairan sabun di taruh alas yang datar dan besar. Bisa menggunakan piring besar atau alas lainnya. Tiup langsung cairan sabun dengan sedotan, lihat apa yang terjadi. Akan terbentuk gelembung yang besar mengikuti ukuran alas yang digunakan.
  • Bermain gelembung sabun tiup. Buat alat gelembung sabun dengan menggunakan stik es krim yang dililitkan dengan kawat. Bagian kawat tersebut dicelupkan pada cairan sabun, kemudian tiup gelembung sabun.

Nilai yang diperoleh anak dalam permainan ini :

  • Melatih oromotor anak saat meniup gelembung sabun.

5. Bermain Petak Umpet

Bermain petak umpet bisa dilakukan bersama dengan anak yang sudah mulai paham. Permainan ini sangat menyenangkan dilakukan bersama anak. Bermain petak umpet dapat melatih kecermatan dan ketelitian anak saat menemukan lawan mainnya yang sedang bersembunyi.

Tempat bermain :

Bermain petak umpet membutuhkan tempat untuk sembunyi. Pastikan jangkauan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Berikan batasan tempat untuk bersembunyi bagian mana yang boleh ditempati dan yang tidak boleh.

Cara bermain :

  • Tentukan siapa yang menjadi penjaga dan siapa yang bersembunyi.
  • Untuk penjaga bisa menentukan tempat titik temu semua pemain
  • Penjaga mulai berhitung untuk memberikan kesempatan pemain yang bersembunyi
  • Setelah selesai berhitung, penjaga mencari pemain yang bersembunyi. Jika ketemu langsung berlari siapa dulu yang bisa menyentuh titik temu.
  • Permainan ini bisa berganti peran hingga selesai

Nilai yang diperoleh anak dalam permainan ini :

  • Mengenal lingkungan sekitar
  • Dapat melatih ketelitian anak untuk mencari yang bersembunyi

Penutupz

Banyak sekali jenis permainan lainnya yang bisa dilakukan di luar rumah. Bermain bersama anak lebih menyenangkan, dapat banyak manfaat yang dirasakan. Nilai tambah yang didapatkan semakin akrab dan menambah ikatan antara orang tua dan anak. 

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan bermain di luar rumah yaitu tidak membiarkan anak bermain sendirian di luar rumah. Ibu atau ayah dapat bergantian untuk meluangkan waktu bermain bersama anak. Berikan batasan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain di luar.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar