mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Insto Dry Eyes Penyelamat Dari Drama Mata Kering

Konten [Tampil]

 

Insto Dry Eyes Penyelamat Dari Drama Mata Kering

Drama mata kering sering kali saya alami akhir-akhir ini. Drama ini melebihi drama korea, hehe. Kok bisa berkata seperti itu? Jelas karena drama mata kering jadi mengganggu aktivitas harian.

Sebagai blogger dan content creator, saya selalu beraktivitas tidak jauh dari gawai. Baik menggunakan laptop ataupun ponsel. Banyak hal yang dilakukan menggunakan gawai, mulai mencatat ide tulisan, mencari referensi, menulis artikel, membuat desain gambar, hingga edit sebuah video.

Saya pribadi waktu yang digunakan untuk menatap layar gawai bisa lebih dari 10 jam kalo dihitung sendiri. Apalagi sekarang menatap layar bisa dilakukan untuk apa saja. Bukan hanya bekerja, ketika istirahat, mencari hiburan tetap menatap layar. Bisa dibilang dari bangun tidur hingga mau tidur lagi tidak lepas dari layar gawai.

Ternyata berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs resmi Jakarta Eye Center (JEC), menyatakan bahwa waktu menatap layar gawai pada orang Indonesia hampir 8 jam per hari. Artinya lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata secara global yaitu 6 jam 37 menit. 

Bagaimana dengan saya yang menghitung sendiri bisa sampai 10 jam perhari. Jauh melebihi dari batas rata-rata pada orang umumnya.

Menatap Layar Terlalu Lama Menyebabkan Drama Mata Kering

Belum lama ini, saya mengalami mata bengkak. Berawal dari mata gatal dan mata perih lalu saya kucek. Pada akhirnya bengkak sebelah, jadi aktivitas saya terganggu. Waktu menatap layar gawai pun sangat kesulitan, jika dipaksakan rasanya sakit sekali mata. Bukan hanya itu saja, mengasuh anak dan pekerjaan rumah pun jadi terbengkalai karena ini.

Karena saya panik tidak pernah mengalami mata sampai bengkak. Malam hari saya buru-buru periksakan diri ke dokter. Dari hasil pemeriksaan bahwa mengalami infeksi karena mengabaikan gejala mata kering

Duh drama banget kan, karena tetap memaksa menatap layar secara berlebihan dan mengabaikan gejala yang timbul dapat mengakibatkan infeksi.

Tapi mau bagaimana lagi, mulai belajar, bekerja, hingga mengisi waktu me time pun saya pasti menatap layar. Kalau begini jangan ditiru ya, perlu mengatur waktu baik dan membatasi waktu menatap layar gawai.

Mengenal Mata Kering

Gejala mata kering

Apa sih sebenarnya mata kering? Mata kering adalah kondisi pada bagian permukaan mata tidak memiliki air mata yang cukup. Karena air mata sangat dibutuhkan untuk menjaga mata tetap lembab dan sehat.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat menyatakan 50% berusia lebih 18 tahun sudah mengalami mata kering atau dry eyes syndrome. Dry eyes syndrome istilah medis yang biasa disebutkan akan menimbulkan adanya rasa tidak nyaman di mata hingga gangguan penglihatan. Hal tersebut karena adanya ketidakstabilan lapisan air mata.

Air mata itu sendiri terdiri dari air, garam, minyak, lendir dan protein. Memiliki fungsi untuk melindungi mata dari benda asing yang masuk. Dalam keadaan normal, saat kita berkedip air mata akan melumasi permukaan mata. Namun, saat mengalami mata kering terjadi gangguan dari jumlah produksi air mata. 

Siapa saja bisa mengalami resiko mata kering. Apalagi resiko ini bisa meningkatkan karena memiliki kebiasaan menatap layar lebih dari waktu seharusnya. Resiko ini akan terus meningkat berbanding lurus dengan usia. 

Penyebab Mata Kering

Walaupun sering mengabaikan mata kering oleh sebagian orang. Namun, hal ini perlu diwaspadai karena sebagai tanda adanya gangguan mata sebelum menjadi parah.

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan mata kering. Terkadang tidak dihadapi dan dianggap enteng oleh sebagian orang. Sebagai orang yang ingin selalu memiliki kondisi sehat terutama mata, maka perlu waspada.

Maka perlu diketahui, aktivitas apa saja yang dapat menyebabkan kondisi mata kering, antara lain :

1. Screen Time Berlebihan

Di Awal saya sudah menceritakan pengalaman pribadi yang kurang baik. Karena terlalu memaksakan diri mengerjakan semua pekerjaan tanpa jadwal yang baik. Semua pekerjaan dilakukan dengan menatap layar menyebabkan mata kering hingga terjadi infeksi.

Sebagai blogger ataupun konten kreator penting untuk membuat content planning. Agar waktu yang digunakan untuk menatap layar tidak berlebihan. Perlu diingat bahwa rata-rata secara global orang menatap layar hanya 6 jam 37 menit. Jadi kita jangan sampai menatap layar melebihi waktu tersebut, kalau bisa bekerja secara efektif dan cepat. 

2. Mengalami Dehidrasi

Padatnya aktivitas yang dilakukan setiap hari kadang membuat sebagian orang lupa untuk minum air putih. Jujur saya pribadi kalau sudah melakukan suatu pekerjaan, sebenarnya sudah terasa haus. Namun, karena merasa tanggung sedang melakukan sebuah pekerjaan jadi menunda untuk minum.

Hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Tubuh kekurangan cairan mempengaruhi kesehatan mata sehingga mengalami mata kering. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan asupan cairan tubuh.

3. Berkendara Jarak jauh

Siapa yang disini kalau berpergian memilih berkendara sendiri? Berangkat ke kantor yang memiliki jarak tempuh jauh atau memiliki hobi berlibur setiap akhir pekan bersama keluarga.

Tapi perlu diperhatikan saat berkendara jarak jauh bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyebabkan mata kering. Mata terus bekerja selama berkendara, berusaha fokus untuk waktu yang cukup lama. Karena mata fokus terus melihat jalan membuat mata jarang berkedip. Sehingga produksi air mata pun berkurang. 

4. Kurang Jam Tidur

Jam tidur memang penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi pada kesehatan. Bukan hanya kesehatan tubuh saja, kurang tidur bisa mengganggu kesehatan mata.

Mata dipaksa untuk terus bekerja melihat objek secara terus menerus. Memaksakan diri untuk tetap terjaga apalagi masih melakukan aktivitas yang cukup berat. Dapat menyebabkan kondisi mata lelah dan mata kering. 

Jadi perlu diperhatikan kebutuhan jam tidur dalam satu hari. Jangan sampai kurang tidur karena membuat tubuh mudah terkena penyakit.

5. Gejala Mata Kering

Kondisi mata kering yang sering diabaikan ini gejala yang muncul terbilang ringan. Sehingga sebagian orang tidak menyadari bahwa mengalami Dry Eyes Syndrome

Nah berikut beberapa gejala mata kering yang sering terjadi, yaitu :

  • Mata merah
  • Mata pegal, mata sering terasa berat untuk membuka mata
  • Mata sepet hingga mata terasa perih 
  • Mata terasa mengganjal seperti ada benda asing yang menempel
  • Terdapat kotoran mata yang berlebihan atau belekan
  • Timbul rasa sakit pada mata
  • Penglihatan mulai kabur atau buram
  • Mata terasa lelah
  • Mata berair secara berlebihan yang kemudian terasa mata kering

Jangan Abaikan Mata Kering

Solusi mata kering

Saran buat semuanya kalau sudah ada tanda atau beberapa gejala mata kering jangan diabaikan. Seperti hal yang aku alami, karena mengabaikan gejala mata kering sehingga mengalami infeksi mata. Beruntung kondisi infeksi terbilang ringan jadi tidak memerlukan banyak obat.

Dilansir informasi dari dokter DR Dr Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE selaku dokter spesialis mata dan ketua Contact Lens Service JEC Hospitals and Clinics menyatakan bahaya dari mengabaikan mata kering. Jika kondisi mata kering tidak ditangani dengan baik dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Alasan itu diungkapkan karena dapat mengganggu aktivitas penderitanya, sehingga kurang produktif saat mengalami mata kering. Apabila terus dibiarkan bisa merusak permukaan mata karena infeksi.

Maka jangan abaikan mata kering jika sudah muncul tandanya. Perlu memperhatikan dan memberikan batasan diri agar tidak berlebihan dalam aktivitas. Agar tidak menimbulkan komplikasi yang memburuk kondisi kesehatan terutama pada mata. Oleh karena itu, perlu dilakukan konsultasi pada dokter spesialis mata agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Insto Dry Eye Penyelamat Mata Kering

" Tidak mau banyak menatap layar deh kalau begitu biar tetap terjaga kesehatan mata"

Banyak menatap layar yang dapat menimbulkan mata kering bukan berarti harus berhenti bekerja dan berkarya. Bukan berarti tidak produktif dan menjadi malas-malasan. 

Namun perlu memperhatikan durasi penggunaan, memperhatikan kondisi saat menatap layar serta memberikan jeda saat bekerja. 

Kita tetap perlu mengikuti berkembangnya teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Apalagi saat ini untuk mendapatkan penghasilan bisa hanya dengan menatap layar aja.

Suami pun karena melihat kasihan sama saya karena terus melakukan aktivitas dengan menatap layar. Beliau pun menyarankan untuk menggunakan Insto Dry Eye.

Insto Dry Eyes merupakan obat tetes mata yang memiliki manfaat untuk meredakan gejala mata kering ringan. Cocok banget untuk saya yang memiliki banyak aktivitas menatap layar. Obat tetes mata ini dapat digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata serta meringankan iritasi yang terjadi pada mata.

Mengandung Bahan Aktif

Insto dry eyes mengandung bahan aktif berupa Hydroxypropyl Methylcellulose dan Benzalkonium Chloride.

Hydroxypropyl Methylcellulose merupakan zat aktif yang memiliki peran sebagai pelumas mata sebagai pengganti air mata.

Sedangkan, Benzalkonium Chloride merupakan zat berupa antiseptik yang mampu membunuh kuman, virus dan lainnya. Sehingga memiliki peran meredakan iritasi ringan pada mata kering. Insto dry eyes #solusimatakering penyelamat dari drama mata kering.

Insto Dry Eyes Pilihan Tepat Solusi Mata Kering

Insto Dry Eyes

Ketika menemukan produk insto dry eyes ini memang sudah membuat jatuh hati. Dikemas dengan botol berwarna biru dan desain yang simple. 

Kandungan aktif didalamnya sudah dipercaya dapat mengatasi mata kering. Insto dry eyes memiliki tekstur cairan yang ringan, transparan, dan tidak lengket di tangan. Sangat menyerupai air mata sehingga tidak perlu khawatir.

Manfaat dari Insto Dry Eyes tidak perlu diragukan lagi. Insto Dry Eyes pilihan telat untuk solusi mata kering. Untuk mendapatkan produknya pun sangat mudah. Dapat disesuaikan dengan kondisi teman-teman. Bisa di beli melalui e-comerce kesayangan atau beli di toko offline sekitar rumah. Seperti apotek dan minimarket tersedia penjualan insto.

Masalah harga tidak perlu khawatir, karena sangat terjangkau. Kemarin saya membeli di apotek hanya Rp 15.000,00. Saya juga sempat melihat di toko online lebih murah. Jadi bisa disesuaikan keinginan teman-teman, suka belanja online atau offline.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pakai Insto Dry Eyes

#Instodryeyes merupakan obat tetes mata masuk dalam golongan bebas terbatas dalam edarannya. Sehingga dapat dibeli sendiri di apotek tanpa resep dokter. Walaupun menjadi obat bebas digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemakaian Insto Dry Eyes, antara lain :

  • Pastikan cara penggunaan dan dosis yang dipakai sesuai dengan petunjuk dalam kemasan. Teteskan  1-2 tetes insto dry eyes pada setiap mata. Bisa digunakan 1-3 kali sehari
  • Pastikan menyimpan kemasan pada suhu dibawah 30 derajat celcius
  • Jangan menggunakan insto dry eyes apabila memiliki alergi pada kandungan yang di dalamnya.
  • Jangan menggunakan insto dalam jangka waktu lama secara terus menerus. Hubungi dan konsultasi tenaga kesehatan apabila mengalami mata kering dalam waktu lama
  • Kemasan insto tidak boleh di simpan dan digunakan lebih dari 4 bulan setelah kemasan di buka. Karena memungkinkan adanya kontaminasi dari jamur atau bakteri jika disimpan terlalu lama

Sekarang sudah mengenal Insto Dry Eyes tidak akan ada lagi drama mata kering. Padatnya aktivitas harian, aktivitas belajar dan bekerja yang perlu menatap layar tidak akan khawatir lagi. Tidak akan ada lagi membayangkan mata gatal dan mata merah karena gejala mata kering. 

Penyelamat drama mata kering karena stok Insto Dry Eyes dirumah. Jadi jangan lupa beli dan stok untuk di rumah juga ya. Solusi mata kering terbaik dan bebas drama.

Referensi 

  • https://jec.co.id/id/article/mata-kering-yang-tak-tertangani-dapat-akibatkan-kerusakan-permukaan-mata
  • https://jec.co.id/id/service/dry-eye

  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/559/kenapa-mata-bisa-terasa-kering-yaa
  • https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar