mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Berenang di Pantai Nongsa, Kota Batam

Konten [Tampil]
Mengajak anak berenang

Sudah lama sekali tidak mengajak anak-anak bermain di pantai. Maklum, ayah anak-anak sedang banyak pekerjaan sampai hari sabtu pun sering masuk kerja. Selama saya tinggal di Batam, hal yang saya syukuri adalah bisa berwisata ke pantai kapan saja karena jaraknya sangat dekat. Hanya membutuhkan 10 menit dari rumah sudah bisa menikmati keindahan pantai.

Pantai Nongsa, salah satu pantai pasir putih yang terkenal di Batam. Dari sini kita bisa langsung melihat negara singapura secara jelas. Karena pantai nongsa terletak di sebelah utara pulau Batam.

24 Februari 2024 kemarin, saya memutuskan mengajak berenang di pantai nongsa. Benar saja, zaara sangat bersemangat mendengar hal ini. Saking tidak sabarnya, dia sudah mempersiapkan pelampung dan tas sendiri. Walaupun setelah itu saya bantu rapikan kembali, apa saja yang perlu dibawa.

Kami berangkat sore hari, selain menghindari teriknya panas pagi menuju siang. Sore menjadi waktu paling nyaman kalau mau berenang di pantai nongsa.

Setiba di Pantai Nongsa cukup kaget ternyata laut sedang surut jauh. Seketika terlihat raut wajah zaara kecewa karena dia ingin berenang di pantai. Sebelumnya ayah anak-anak menginfokan pas sore hari akan pasang, waktu yang pas untuk berenang. Sayang sekali ternyata ayahnya kurang teliti melihat aplikasi, benar saja memang sore waktunya sedang surut.

Agar tidak merasa sia-sia sudah datang ke sini, saya pun tetap mengajak untuk jalan menyisir sekitar pantai nongsa yang sedang surut. 

Sekilas Tentang Pantai Nongsa

Pantai nongsa, kota batam

Pantai Nongsa menjadi salah satu wisata pantai di Batam yang perlu dikunjungi. Keindahan alam yang ditawarkan sangat indah dan suasana tenang. Karena ombak disini terbilang tenang dan cukup aman untuk berenang. 

Dari sini dapat melihat pemandangan langsung negara tetangga singapura dengan cukup jelas apabila cuaca sedang cerah. Sering juga terlihat lalu lalang kapal batu bara ataupun kapal ferry yang akan menuju singapura.

Selain itu, lokasi ini menjadi tempat favorit untuk melihat momen matahari terbenam atau sunset. Pasalnya akan sangat terlihat jelas keindahan yang ditawarkan saat sore hari. 

Lokasi Pantai Nongsa

Lokasi pantai nongsa tepat di kelurahan sambau, kecamatan nongsa. Lokasi pantai nongsa merupakan tempat yang strategis. Karena dekat dengan Pelabuhan Nongsa Pura dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Sehingga banyak pengunjung dari mancanegara dan luar negeri.

Tiket Masuk

Biaya tiket masuk untuk mengunju pantai nongsa sangat terjangkau. Hanya dikenakan Rp 3.000 per orang. Tiket hanya untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak gratis. 

Apabila membawa kendaraan motor ada biaya parkir sebesar Rp 5.000 dan Rp. 10.000 untuk yang membawa kendaraan mobil. Biaya parkir sepuasnya, selama berada di pantai nongsa. 

Pengalaman Berenang di Pantai Nongsa

Berenang di pantai nongsa sebenarnya bukanlah hal pertama kali. Kami sudah sering berenang disini. Karena lokasinya paling cocok untuk membawa anak berenang. 

Saya biasanya saat tiba, langsung bersiap mengajak anak berenang. Barang bawaan masih kami simpan di motor. Kami biasanya membawa tikar sendiri dan bekal makanan. Namun, kami akan bersantai setelah berenang. Karena saat ini saffana sudah bisa diajak berenang, jadi kami langsung saja ke pantai.

Ketika air surut, lebih banyak orang mencari kerang, kepiting dan lainnya di sekitar pantai. Kalau kami agak berbeda, mencari genangan air laut yang tersisa bisa untuk bermain air. Beruntungnya ada lokasi di antara bagian yang surut, bisa untuk bermain air. Disana juga banyak anak kecil bersama orang tuanya sedang bermain air. 

Saya langsung mengajak zaara dan saffana untuk main air dan berenang. Lokasinya cukup aman, tentu masih dalam pengawasan. Anak-anak senang sekali merasakan air laut yang dingin. Walaupun angin sedang kencang, mereka kuat menahan dingin. 

Buat yang ingin datang ke pantai nongsa tidak perlu khawatir, karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Seperti kamar mandi umum, wc umum, penjual makanan minuman dan terdapat penyewaan saung untuk bersantai.

Jika anda memiliki rencana datang ke pantai nongsa bersama keluarga besar tidak perlu khawatir juga. Tidak perlu membawa banyak alas atau tikar untuk bersantai. Saung yang disediakan ada banyak ukurannya. Tentu harga yang ditawarkan juga berbeda, mulai dari Rp 50.000 sudah dapat menyewa saung. Atau ingin bersantai di atas pasir pantai juga bisa, ada penyewaan tikar Rp 20.000

Tips Anak Aman Berenang di Pantai

Tips anak aman berenang di pantai

Berenang menjadi aktivitas dan salah satu olahraga yang dapat dilakukan bersama keluarga. Berenang juga memiliki banyak manfaat apalagi untuk anak-anak. Dengan berenang dapat melatih perkembangan motorik dan sensorik pada anak. Seperti berjalan diatas pasir pantai yang memiliki tekstur, mengenal batu-batu karang, merasakan gerakan ombak laut dan lainnya. 

Mengajak anak pergi ke pantai membantu anak belajar banyak hal baru. Anak bisa mengenal banyak jenis biota laut secara langsung dan berinteraksi langsung dengan lingkungan pantai. 

Bermain dan berenang di pantai bisa menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Namun, saat berenang di pantai bersama anak wajib memperhatikan keamanan. Masalahnya berenang di pantai memiliki resiko cukup besar. Agar anak tetap aman selama berenang di pantai, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Periksa Keamanan Lokasi Berenang

Sebelum membiarkan anak berenang langsung di pantai. Orang tua perlu memastikan keamanan lokasi berenang. Kita perlu duluan merasakan keadaannya. Apakah ombaknya besar atau tidak, cuacanya bagaimana, karena cuaca juga dapat mempengaruhi suhu air laut. 

Keamanan yang tidak kalah penting yang perlu diperiksa adalah kedalaman air untuk tempat berenang. Penting memastikan anak aman saat berenang di pantai. Kita harus selalu waspada dan sigap apabila terjadi sesuatu.

2. Gunakan Pakaian Nyaman dan Khusus Berenang

Selama berenang pastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang tidak terlalu tebal maupun tipis. Lebih baik menggunakan pakaian khusus berenang. Perhatikan juga warna pakaian yang digunakan. 

Pernah mendengar tidak kalau berenang di laut selatan Indonesia tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau. Hal itu ada benarnya, namun bukan untuk berkaitan gaib atau mistis. Lebih baik menghindari warna hijau, karena warna hijau akan menyatu dengan warna air laut. Jika terjadi sesuatu akan sulit untuk pencariannya. Maka, lebih baik memilih warna yang kontras dan terang.

3. Gunakan Sunscreen

Bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak juga membutuhkan sunscreen. Teriknya matahari dan sinar UV dapat merusak kulit. Lebih baik melindungi dan mencegah agar kulit tidak menjadi gelap, hingga mengalami masalah kulit. Berikan sunscreen khusus anak, saat ini sudah banyak produk khusus untuk anak dan aman digunakan.

4. Cukupi Cairan Anak

Berenang merupakan aktivitas yang membutuhkan energi banyak. Karena berenang menggerakan seluruh anggota badan. Maka, penting untuk memastikan tubuh tetap dalam keadaan terhidrasi baik. Cukupi cairan tubuh, jangan sampai kehausan. Lebih baik sebelum berenang minum air putih.

5. Selalu Awasi dan Dampingi 

Anak berenang di pantai pasti akan merasa sangat senang dan menikmati keseruannya. Namun, jangan sampai lupa memperhatikan hal kecil. Seperti di dalam air laut apakah ada karang atau batu tajam, ataupun hewan yang berbahaya lainnya. Maka, selalu awasi dan dampingi anak selama berenang di pantai.

Penutup

Saat libur akhir pekan atau liburan panjang wisata ke pantai masih menjadi pilihan paling favorit. Apalagi liburannya bersama keluarga. Sekedar menikmati keindahan pantai, bersantai, makan bersama dan berenang di pantai.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan dalam islam. Maka tidak ada salahnya sebagai orang tua memberikan kegiatan bersama anak yang di ajarkan dalam quran dan sunnah. Agar anak terbiasa menjalankan gaya hidup berdasarkan sunnah.

Jangan lupa untuk tetap menjaga keamanan anak selama di pantai. Yuk sharing pengalaman yang pernah dirasakan saat mengajak anak berenang di pantai.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar