mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Cara Belajar Mengaji Pada Anak Dengan Menyenangkan Bersama Albata

Konten [Tampil]

 

Mengaji private online

Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban untuk bisa membaca Al-Quran. Dengan cara belajar mengaji karena mendatangkan banyak manfaat, tidak hanya untuk melangsungkan kehidupan di dunia, tapi penting untuk bekal di akhirat.

Pada anak usia 7 -13 tahun belajar mengaji membutuhkan cara belajar yang menyenangkan. 

Sebagai orang tua perlu memberikan dukungan yang terbaik. Salah satunya fasilitas mengaji private online pada anak. Nah, apa saja cara agar belajar mengaji menjadi menyenangkan? Simak sampai selesai ya.

1. Secara Bertahap

Belajar mengaji dilakukan dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu agar anak tertarik. Orang tua mengajarkan secara bertahap, Misalnya Memperkenalkan dengan huruf hijaiyah, Sambil mengenalkan perhurufnya bahkan bisa dengan melantunkan lagu hijaiyah secara berulang. Tahap berikutnya belajar membaca iqro, memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dan lainnya.

2. Berikan Contoh

Sebagai orang tua, kita bisa memberikan contoh yang baik untuk mengaji. Misalnya, setiap selesai sholat Maghrib membaca Al-Quran. Karena sejatinya anak sebagai peniru yang baik, ia akan mudah melakukan sesuatu karena melihat secara langsung. 

3. Secara Konsisten

Belajar mengaji perlu dilakukan secara konsisten. Hal ini untuk membantu anak mudah memahami dan bisa mengamalkan yang sudah dipelajari. Jika belajar mengaji tidak rutin bisa membuat anak tidak semangat dan tidak tertarik. Oleh karena itu, perlu jadwal rutin agar anak semangat belajar mengaji. Kunci dari keberhasilan dalam belajar mengaji yaitu konsisten dilakukan.

4. Metode yang Menyenangkan

Satu cara belajar mengaji pada anak agar lebih menyenangkan yaitu metode yang digunakan, seperti metode Montessori.

Apa itu metode Montessori? metode Montessori diperkenalkan oleh dokter wanita dari Italia Dr Maria Montessori. Metode Montessori adalah metode pembelajaran pada anak yang didasari dengan aktivitas mandiri anak, pengalaman sensori pada anak, pembelajaran secara langsung serta lingkungan yang mendukung.

Nah, untuk belajar mengaji pada anak, orang tua dapat mencari lembaga untuk belajar mengaji yang menggunakan metode Montessori Islam. Dengan begitu, anak belajar mengaji menjadi lebih menyenangkan.

5. Menggunakan Media Online

Teknologi saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencari informasi ataupun hiburan saja. Namun, sekarang digunakan untuk media pembelajaran, seperti belajar mengaji. Belajar mengaji melalui media online mendatangkan beberapa manfaat, antara lain anak tidak perlu pergi jauh untuk mendatangi TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) cukup di rumah saja, bisa memilih jam belajar sesuai kebutuhan dan lebih fokus belajar.

Cara belajar mengaji dengan menyenangkan

Tempat Belajar Mengaji Anak

Setelah mengetahui cara belajar mengaji dengan menyenangkan, selanjutnya perlu memilih tempat belajar ngaji. Orang tua pasti ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Perlu dipastikan tempat belajar mengaji anak sesuai dengan kriteria yang orang tua inginkan, termasuk mengajarkan mengaji dengan metode yang baik dan menyenangkan. Albata adalah lembaga pendidikan islam yang berfokus pada Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin & Tahfidz dengan pengajaran 'fun learning' serta mengadopsi metode Montessori.

Program kelas Albata banyak pilihan disesuaikan dengan usia anak, antara lain :

  • Toddler Class, berupa PopUp Class Montessori Islam untuk usia 1-3 tahun
  • TPQ, Kelas Mengaji untuk usia 3-13 Tahun
  • Kindergarten, Tk Montessori Islam secara online & offline.

Semua program kelas di Albata memiliki pilihan untuk belajar secara online maupun offline, selain itu dilakukan secara private dan berkelompok. Pilihan kelas yang diinginkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Para orang tua yang sedang membutuhkan belajar mengaji secara online dan private, bisa ikut kelas TPQ Teens Online Private.

TPQ Teens Online Private

TPQ Teens Online Private merupakan program kelas mengaji private online yang dimiliki oleh Albata. TPQ Teens Online Private ini tempat pendidikan Quran diperuntukan anak usia 7-13 tahun. Dengan pembelajaran sebanyak 8x pertemuan dalam 1 bulan, tiap pertemuan berdurasi 50 menit.

Program kelas ini memiliki keunggulan, antara lain : 

  • Sesuai Quran dan Sunnah
  • Pembelajaran Fun Learning
  • Pengajaran eksklusif, 1 murid dengan 1 pengajar
  • Pengajar (ustadzah) terbaik, di seleksi dari universitas ternama
  • Menggunakan aplikasi Talk Cloud+ (aplikasi khusus untuk edukasi/pembelajaran anak, kids friendly) bukan Zoom.
  • Bisa diikuti dari mana saja

Para orang tua tidak perlu khawatir untuk masalah biaya, karena biaya perbulannya cukup Rp 750,000. Terjangkau dan sesuai dengan keuntungan yang ditawarkan jika belajar mengaji di Albata.

ALBATA

Penutup

Semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak terutama dalam pendidikan islam, mengajarkan anak mengenai Al-Quran. Kelak agar anak bisa tumbuh dewasa dengan pribadi baik dan memiliki bekal di akhirat. Tidak ada salahnya memberikan pendidikan islam di Albata. Tertarik dengan manfaat yang didapatkan? Bisa bergabung kelas belajar mengaji online private di albata ya. 


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

4 komentar

  1. Memang udah ngga zamannya lagi ngaji dibayangin pake penggaris, ya..
    Sekarang emang harus dibuat senyaman dan semenyenangkan mungkin agar lebih cepat nangkepnya. Dan solusi banget buat anak-anak yang kadang susah banget diajakin belajar ngaji. Dengan cara yang lebih menyenangkan, biasanya jadi pada rajin ya..

    BalasHapus
  2. Albata memang tempat belajar mengaji yang komplit dengan metode yang menyenangkan untuk anak. Belajar jadi mudah dan membuat anak happy, orang tua juga jadi tenang dong kalau sudah begini

    BalasHapus
  3. ilmu penting nih, menjadi pelajaran bagi saya dan pak Joko Yugiyanto untuk lebih peka sama anak dan jangan terlalu mudah menghakimi tentang apa yang benar dan apa yang salah

    BalasHapus
  4. Karena anakku pulang sekolahnya sore banget jadi kayanya lebih cocok ngaji privat online. Biar waktunya lebih fleksibel juga. Meski kadang susah kalau onlone tapi harus dicariin solusi ngaji dengan metode yang fun. Albata salah satu pilihan tepat karena pake metode Montessori yang menyenangkan.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.