mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

5 Manfaat Mewarnai Bagi Perkembangan Anak

Konten [Tampil]

Manfaat mewarnai bagi perkembangan anak

"Mih ini apa? Kok banyak warna-warnanya? " Ucap anak pertama saat berada di toko peralatan alat tulis. 

Anak saya tertarik dengan cat air, wajar saja karena warna yang menarik membuat dia penasaran. Saya pun menjelaskan yang ditunjuk olehnya berupa cat air untuk mewarnai. Dia pun meminta untuk dibelikan, saya berpikir tidak ada salahnya membelinya. Untuk umur 3 tahun memang sudah bisa diajarkan mewarnai. Saya memutuskan membeli cat air beserta buku gambar dan buku mewarnai yang sudah memiliki banyak gambar. 

Mewarnai merupakan aktivitas yang melibatkan banyak warna dalam kreativitas untuk membentuk suatu pola gambar. Mewarnai menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Belajar sambil bermain bisa dilakukan dengan mewarnai sebuah gambar. Hal itu memberikan manfaat baik bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, yuk simak sampai tuntas manfaat mewarnai bagi perkembangan anak. 

1#. Membantu Perkembangan Imajinasi dan Kreativitas

Orangtua yang memberikan kegiatan mewarnai pada anak, sama halnya memberikan kesempatan anak untuk berimajinasi. Dalam mewarnai membutuhkan kemampuan keterampilan visual agar dapat menghasilkan suatu bentuk. Bisa saja mewarnai sebuah gambar polos, lalu memberikan warna agar terlihat gambar terasa hidup. 

Dengan mewarnai sebuah gambar membantu perkembangan imajinasi dan kreatifitas anak lebih luas. Mereka akan mencoba membayangkan hal yang menyenangkan dengan warna-warna. 

Ketika di akhir pekan, saya mengajak anak saya untuk melukis di sebuah tempat permainan. Saat mewarnai anak saya berbagi cerita alasan memilih warna yang digunakan. Dia mewarnai tokoh kartun hello kitty yang sedang memasak, menjelaskan secara detail warna dan jalan cerita yang dipilihnya. 

Hal itu menunjukan imajinasinya sedang berkembang, sehingga dapat menghasilkan seni dan kreatifitas anak sesuai dengan usianya. 

Manfaat mewarnai

2#. Mengajarkan Konsep Warna

Kegiatan mewarnai secara tidak langsung mengajarkan anak tentang warna. Mulai dari warna primer (merah, kuning, biru) dan warna campurannya. Anak mengenal warna, bisa membedakan warna satu sama lain, hingga mengingat berbagai jenis warna.  Saat mewarnai juga anak bisa belajar mencampurkan berbagai warna sehingga mengetahui turunan warna lainnya. 

3#. Melatih Perkembangan Motorik

Ketika melakukan aktivitas mewarnai, anak memegang media warna untuk digoreskan pada sebuah kertas bisa membantu perkembangan motorik. Bagaimana anak melakukan koordinasi tangan dengan kekuatan ototnya untuk menghasilkan warna pada kertas. Dengan melatih perkembangan motorik anak sejak dini dapat bermanfaat untuk kemampuan kinerja anggota gerak. Sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan fisik pada anak guna beraktifitas yang membutuhkan kinerja otot tangan dalam prosesnya.

4#. Melatih Fokus dan konsentrasi

Anak mewarnai dapat melatih fokus dan konsentrasinya. Karena saat mewarnai mengajarkan anak untuk belajar berkonsentrasi dan fokus pada gambar yang akan diwarnai hingga selesai. Sehingga, anak dapat belajar bagaimana proses agar mendapatkan hasil yang baik dari fokus dan konsentrasi. Anak akan senang dengan hasil yang sudah dilakukan. 

Sama halnya dengan anak saya, dia sangat senang setelah menyelesaikan satu warna pada gambarnya. Dia merasa berhasil dari usaha dia untuk fokus dan konsentrasi dalam mewarnai satu bagian gambar. Dengan melatih fokus dan konsentrasi menjadi bekal kelak dalam menyelesaikan sebuah masalah ataupun saat belajar nanti di sekolah. 

5#. Melatih Kesabaran

Kesabaran menjadi nilai penting dari semua pelajaran. Setiap hal yang dilakukan butuh kesabaran agar mendapatkan hasil yang terbaik. Karena proses mewarnai bukanlah hal yang mudah bagi anak. Untuk mendapatkan hasil warna yang indah dan bagus perlu proses yang cukup panjang.

Penutup

Anak yang melakukan aktivitas mewarnai akan mendapatkan banyak manfaat, terutama untuk perkembangannya. Menjadi alternatif murah meriah belajar sambil bermain. Mewarnai bisa dilakukan dengan media apa saja dengan mudah. Sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak lebih baik. Dengan mewarnai bisa menjadi bekal anak untuk meningkatkan kemampuan saat di sekolah nanti. 

Itulah beberapa manfaat dari mewarnai bagi perkembangan anak. Masih ada banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak untuk menstimulasi perkembangan anak sesuai dengan usia.



Terima kasih, 

Ami

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar