mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Aktivitas Seru di Alun-Alun Batam untuk Akhir Pekan

Konten [Tampil]

Akhir pekan bersama keluarga menjadi hal yang selalu ditunggu. Para orang dewasa bisa menjadi waktu rehat dari aktivitas kerja, sedangkan anak-anak menjadi waktu liburan untuk melepas penat dari belajar. Tentunya akhir pekan bersama keluarga dapat meningkatkan bonding antara anggota keluarga.

Alun-alun kota batam
Waktu akhir pekan tiba kebanyakan orang mengisi dengan berpergian ke tempat liburan, seperti mall, wisata pantai, wisata alam, hingga ke alun-alun. 

Saat ini di berbagai kota-kota besar sudah mulai memberikan fasilitas ruang publik yang baik. Ruang publik ini berupa alun-alun yang berada di pusat kota. Batam juga memiliki alun-alun yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas bersama keluarga. Sebelum mengenal lebih jauh tentang alun - alun kota batam, yuk kenal lebih jauh tentang kota batam.

Sekilas Kota Batam

Kota Batam menjadi kota besar yang terletak di Kepulauan Riau, Indonesia. Kota batam tepat berada di antara selat singapura dan malaysia. Kota Batam merupakan kawasan khusus perdagangan bebas (wikipedia). Selain itu, Batam menjadi kota wisata karena keindahan alam berupa wisata pantai. Batam menjadi salah satu tanah melayu yang masih kental akan budayanya maka menjadi daya tarik sendiri untuk para wisatawan.

Sudah mulai sedikit mengenal tentang kota Batam, yuk sekarang kenal lebih jauh salah satu tempat wisata berupa ruang publik yang bisa dikunjungi.

Alun-alun Kota Batam

Alun-alun kota Batam berlokasi di jalan engku putri, batam center. Oleh karena itu, terkenal dengan nama alun-alun engku putri. Terletak di pusat kota batam menjadi daya tarik sendiri. Alun-alun engku putri tempatnya sangat strategis karena di dikelilingi dengan kantor pemerintahan, pusat belanja, pelabuhan, hingga masjid agung batam. Alun-alun kota batam menjadi pilihan tepat untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Aktivitas Seru di Alun-alun Batam

Pengalaman saya selama tinggal di kota batam, alun-alun bisa menjadi tempat berakhir pekan dengan santai dan murah meriah. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama. Fasilitas yang disediakan di alun-alun batam cukup banyak, jadi bisa disesuaikan dengan keinginan.

Saya pribadi lebih senang datang ke alun-alun untuk bersantai ataupun bermain bersama anak-anak. Anak saya paling senang datang ke alun-alun batam karena bisa berlarian sepuasnya. Udara yang sejuk banyak pohon membuat semakin nyaman berada disini.

Setiap akhir pekan, alun-alun kota batam ramai dikunjungi. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga sekelompok komunitas yang berkegiatan di sini. Ketika saya mendatangi alun-alun pasti ada saja kelompok komunitas yang sedang berkumpul. Salah satunya kami bersamaan dengan komunitas pecinta burung dan grup marching band. Saya mencoba mendekati untuk melihat penampilan kelompok marching band saat latihan, saya sangat takjub karena kekompakannya memainkan alat musik sambil membuat formasi sangat keren.

Pengunjung yang datang di Alun-alun kota batam sangat banyak dari berbagai kalangan, nah berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan menurut pengalaman saya saat datang ke Alun-alun kota batam.

#1. Bersantai di Taman

Saat memasuki pintu selatan Alun-alun engku putri kita langsung disambut dengan taman yang adem di sebelah kanan dan kiri jalan utama. Di dalam taman disediakan banyak tempat duduk untuk bersantai. 

Bersantai di Taman

Saya selalu memanfaatkan tempat duduk untuk sekedar menikmati keramaian aktivitas di alun-alun batam. Hal yang paling disenangi oleh anak saya bisa bebas berlarian di sekitar taman. Sambil menikmati suasana taman yang nyaman dan sejuk, saya menikmati jajan. Kebetulan di depan Alun-alun batam tidak banyak yang menjual makanan. Saya sempatkan datang ke Monumen welcome to batam terlebih dahulu, karena disana banyak penjual makanan dengan berbagai jenis. Ada yang menjual camilan hingga makanan berat. Biasanya saya membeli cemilan ringan saja, seperti kerak telor, siomay, dan beberapa minuman.

#2. Berolahraga

Di Alun-alun kota batam menyediakan banyak fasilitas untuk berolahraga. Hal itu yang membuat selalu ramai pengunjung. Fasilitas olahraga yang ada di alun-alun kota batam yaitu trek untuk lari, lapangan basket, lapangan futsal, skatepark untuk yang senang bermain skateboard, wall climbing, dan ada beberapa spot kosong yang biasa digunakan bermain bulu tangkis. Fasilitas olahraga ini menjadi tempat favorit yang hobi olahraga, apalagi untuk menggunakan fasilitas disini gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali. 

Beberapa pengunjung yang membawa anak kecil terlihat ada yang membawa sepeda. Ada spot yang cukup luas dan kosong biasa digunakan bermain sepeda ataupun sepatu roda. Mungkin, kalau anak saya sudah lebih besar pasti ingin bermain sepeda disini. Terlebih suasana yang sangat nyaman untuk bermain.

#3. Hunting Foto

Bagi yang senang hunting foto, alun- alun kota Batam bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Lantaran terdapat beberapa spot bagus untuk berswafoto. Saya pribadi senang berfoto di tengah lapangan yang berlatar belakang museum batam raja ali haji. Pemandangan yang ditawarkan sangat indah ditambah dengan langit sore batam yang begitu menawan. Saya mengunjungi alun-alun batam ketika cuaca cerah dan pemandangan awan sangat bagus.

Alun-alun kota batam

Penutup

Itulah aktivitas seru di Alun-alun kota Batam untuk akhir pekan bersama keluarga. Berakhir pekan bisa menjadi salah satu cara me time untuk para ibu rumah tangga. Selain itu, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan disini untuk dieksplore bersama keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat berakhir pekan ya. 


Salam hangat, 

anadzilah :) 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

1 komentar

  1. Duuuh Batam udh berubah banget ya Mbaa. Aku trakhir kesana pas SD 🤣🤣🤣. Yg aku inget cuma kotanya dulu masih banyak gersang, blm banyak pembangunan.

    Pasti beda banget lah Ama yg skr 😄👍. Blm sempet mau kesana lagi. Padahal kampungku sendiri di Medan, ga jauh2 kalo mau mampir Batam 😄

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.