mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Pesona Keindahan Wisata Pantai Bale-bale Batam

Konten [Tampil]

Pesona pantai bale-bale

Pantai menjadi wisata terkenal di Batam. Tidak perlu diragukan mengenai pesona keindahan wisata pantai yang tersedia di Batam. Banyaknya pilihan yang tersedia menjadi daya tarik untuk berlibur di pantai batam. 

Tahun pertama tinggal di Batam, kami sekeluarga melakukan hunting wisata pantai. Kami mencoba berbagai daerah. Batam terkenal dengan pesona keindahan pantai yang sangat menakjubkan. Kali ini tidak perlu jauh mengunjungi pantai. Karena  liburan lebaran Idul Adha 2023 kemarin, kami mengunjungi pantai bale-bale batam. Ini menjadi tahun kedua kami lebaran Idul Adha di Batam, tahun lalu ketika pertama kali sampai di Batam langsung merasakan lebaran Idul Adha di perantauan. 

Lokasi Pantai Bale-bale Batam

Agar bisa menuju lokasi pantai bale-bale perlu menggunakan kendaraan pribadi, pasalnya untuk daerah batam jarang memiliki transportasi umum. Lokasi pantai bale-bale terletak berada di kecamatan nongsa, kelurahan sambau tepatnya di Jalan Hang Lekiu, Kampung Tua Bakau Serip. Dekat dengan Palm Spring golf, Nongsa. 

Tidak perlu khawatir akses menuju pantai, karena tempatnya mudah ditemukan dan jalannya cukup besar untuk dilalui. Letak lokasi Pantai Bale-bale tidak jauh dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Pasalnya lokasinya cukup dekat, menurut google maps jarang antara bandara dengan Bandara Internasional Hang Nadim Batam hanya 16 Km dan hanya perlu menempuh waktu sekitar 20 menit. Jadi cukup terjangkau daerahnya, terlebih disini jalannya lancar. 

Harga Tiket Masuk

Memasuki wilayah pantai bale-bale tidak perlu khawatir dengan harga tiketnya. Harga tiket sangatlah terjangkau dan sudah mendapatkan akses lainnya. Ketika masuk ke tempat parkir akan ada penjaga yang memberikan kertas tiket. Satu orang dewasa dikenakan biaya hanya Rp 10.000. Biaya itu sudah termasuk fasilitas toilet dan kamar mandi dengan sepuasnya. Untuk anak-anak tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Suasana Pantai Bale-bale Batam

Indahnya pemandangan pantai tidak perlu diragukan lagi bukan? Masya Allah begitu aduhai indahnya pemandangan laut, udara segar dan ciri khas bau air laut membuat perasaan lebih tenang. Pesona keindahan pantai tidak akan pernah kalah membuat tubuh tenang dan rileks bukan? Menikmati suasana pantai bale-bale menjadi salah satu daftar healing, apalagi buat ibu rumah tangga seperti aku. Hehe. Menjadi kesempatan yang berharga. 

Pesona keindahan pantai bale bale
Suasana Pantai Bale-bale Batam
Sebagai pengalaman pribadi ketika pikiran penat dan hati sudah penuh karena aktivitas sehari-hari, pantai bisa menjadi obat segalanya. Ada sebuah quotes yang pernah aku baca yaitu

" Melihat hamparan lautan dapat menyembuhkan semua suasana hati yang buruk"

Hal itu selalu aku rasakan, dengan melihat lautan yang luas bisa membuat hati tenang dan lebih fresh lagi. Jadi bisa semangat lagi besok untuk menjalankan aktivitas. Memang pantai menjadi salah satu tempat healing terbaik. 

Menikmati keindahan pantai kurang lengkap kalau tidak membawa makanan. Di Sekitar pantai banyak yang menjual makanan, seperti kantin. Tapi lebih nikmat rasanya membawa sendiri dari rumah loh. 

Aku datang ke pantai bale-bale bersama keluarga dan teman dari suami. Karena dalam rangka liburan Idul Adha yang memiliki ciri khas ada daging kambing dari hasil qurban. Maka, Kami membawa perlengkapan untuk liwetan dan membakar daging qurban secara bersama. Tidak lupa kami juga menyiapkan cemilan dan buah-buahan untuk melengkapinya. 

Kami berbagi tugas untuk menyiapkan makanan. bapak-bapak yang menyiapkan dan membakar daging. Kami para ibu-ibu menyiapkan perlengkapan lain untuk liwetan, sembari mengasuh anak-anak yang asik main di pasir. 

Waktu kunjungan kami di pantai bale bale, nongsa, batam dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Jadi pas sekali menuju makan siang kami liwetan. Disini kami menyewa satu pondok untuk tempat bersantai dan menaruh barang-barang. Jadi lebih nyaman. 

Piknik di Pantai Bale-bale
Selain kami, banyak rombongan yang datang ke pantai bale-bale, nongsa, batam bersama keluarga ataupun bersama kelompok komunitas. Kebetulan saat kami datang bersamaan dengan sebuah komunitas yang sedang mengadakan acara. Walaupun pantai bale-bale ramai dengan pengunjung, kami tidak merasakan penuh atau terganggu dengan satu sama lain. Karena di sekitar pantai sangat luas, banyak tempat yang bisa dipakai, dan fasilitas yang disediakan sangat lengkap. 

Fasilitas Pantai Bale-bale Nongsa Batam

Temen-temen yang mau datang ke pantai bale-bale akan nyaman sekali berlama lama disini, karena fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menikmati pesona keindahan pantai bale-bale. Berikut fasilitas yang ada di pantai bale-bale :

1. Pondok Sewa

Pondok yang disediakan di pantai bale-bale sangat banyak variasinya. Mulai ukuran yang besar, lebar, ataupun yang kecil. Kita juga bisa memilih posisi pondok yang diinginkan, apakah yang mau langsung melihat pantai atau sisi melihat hutan bakau. 

Kami pilih menyewa pondok ukuran sedang yang menghadap langsung dengan pantai. Biaya untuk sewa pondok sebesar Rp 50.000 bisa digunakan sepuasnya. Biaya untuk setiap pondok berbeda-beda tergantung ukurannya, perkiraan range harga di antara Rp 50.000 sampai Rp 150.000. Setiap pondok yang digunakan bebas mau sampai berapa lama, mau dari pagi sampai sore hari tidak masalah. 

2. Panggung

Salah  satu keunggulan di pantai bale-bale nongsa memiliki panggung. Jadi bagi yang mau mengunjungi pantai bale-bale secara rombongan dalam rangka sebuah acara bisa banget menggunakan fasilitas ini. 

3. Jembatan 

Salah satu ciri khas yang lainnya dimiliki pantai Bale-bale adalah memiliki jembatan panjang menuju ke tengah laut agar bisa menikmati pemandangan lebih jauh. Jembatan ini ada 2 bagian. Pertama jembatan menuju hutan bakau. Sayangnya ketika aku mengunjungi jembatan yang menuju hutan bakau sedang ditutup karena ada perbaikan. Terlihat ada bagian jembatan yang rusak sehingga tidak dapat dilewati lagi. 

Jembatan pantai bale-bale batam
Pemandangan Jembatan Pantai Bale-bale

Kedua, jembatan menuju tengah pantai. Jembatan ini menjadi tempat terbaik juga kalau ingin mencari pemandangan untuk sekedar dinikmati ataupun untuk foto. Indahnya hamparan laut dan hutan bakau disekitar pantai. 

Aku mencoba jalan menyusuri jembatan sampai ke ujung bersama suami dan anak-anak. Tips dari aku kalau ingin mencoba menyusuri jembatan membawa topi atau penutup kepala lainnya. Kondisi di tengah jembatan cukup panas dan berangin. Menyusuri jembatan ini bisa melihat hamparan laut lepas, sesekali dapat melihat beberapa nelayan yang sedang mencari ikan. Sepanjang berjalan di jembatan juga bisa melihat lebih dekat pemandangan singapura dan kota batam. 

Ujung jembatan ini akan ada dua pondok yang cukup besar. Pondok ini masih kosong, kata orang sekitar akan dibuat restoran. Wah nggak sabar aku mau coba lain kali. Bisa makan di tengah sambil melihat pemandangan lautan lepas. Masya Allah nikmat sekali rasanya ketika dibayangkan. 

Pantai bale-bale batam
Pemandangan Pantai Bale-bale

4. Hutan Bakau

Pemandangan yang unik menurut aku di pantai bale-bale adalah adanya hutan bakau. Pesona hutan bakau ini menjadi daya tarik sendiri. Pemandangan dengan pohon bakau yang lebat dan banyak dipinggir pantai. Kita bisa berkeliling masuk hutan bakau, tapi pas aku mengunjungi sedang ditutup karena jembatannya ada yang rusak. Sayang sekali rasanya tidak bisa masuk melalui jembatannya. 

5. Tempat foto

Sebagai tempat wisata favorit, pantai bale-bale dilengkapi dengan spot foto yang instagramable. Dengan latar belakang hamparan luas dari lautan. Ada ayunan yang bisa jadi tempat foto yang menjadi pilihan para pengunjung. 

Tempat paling favorit untuk foto pada plang yang tertulis "pantai bale-bale". Plang yang cukup besar dan berwarna biru menjadi ciri khas ada di laut. 

Spot foto pantai bale-bale
Spot Foto Pantai Bale-bale

6. Tempat Parkir

Fasilitas tempat parkir disini sangat luas, cukup untuk tempat parkir mobil, motor hingga bis. Pas aku datang ke pantai lagi ada rombongan yang datang dengan bus. Tetap aman tempat parkirnya karena rapih dan teratur. 

7. Toilet

Kalau main-main di pantai tidak lengkap kalau tidak ada toilet. Nah, disini lengkap dengan toilet dan kamar mandi. Tempatnya cukup nyaman dan bersih. Buat yang habis main pasir ataupun mandi air laut bisa bersih-bersih dengan aman. 

Penutup

Begitulah sekitar cerita dan pengalaman tentang pesona keindahan wisata pantai Bale-bale Batam. Ada yang sudah datang kesini? Atau lagi ada rencana mau datang ke Batam? Bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga ataupun kerabat. 

Semoga bermanfaat dan salam hangat. 

anadzilah ~

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar