mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

4 Cara Menikmati Me Time ala Ibu Rumah Tangga

Konten [Tampil]

Cara menikmati me time

Rutinitas para ibu rumah tangga dilakukan secara berulang membuat para ibu mudah lelah. Buat ibu-ibu yang sudah mulai mudah marah, kesal atau badmood? Langsung deh, ibu sekarang buru-buru minta waktu me time sama pasangannya. Hayo siapa yang kaya begitu juga? Hehe. 

Dulu sewaktu masih single, saya bisa melakukan me-time kapanpun dan dimana saja yang diinginkan dengan mudah. Tinggal mengatur waktu dan mengkondisikan diri sendiri. Saya bisa menikmati me time bisa dengan menonton film, pergi ke mall, membaca novel seharian, dan bahkan sampai bisa tidur seharian. 

Tapi sekarang? Setelah menikah dan memiliki dua anak, me time menjadi waktu yang sangat berharga. Terlebih ya sebagai seorang wanita perlu berbagi peran dan membagi waktu dengan baik. Hebatnya seorang wanita bisa melakukan banyak peran. Pertama, peran jadi istri untuk melayani kebutuhan suami. Kedua, peran seorang ibu untuk merawat, mendidik anak, dan menyiapkan semua kebutuhan anak. Ketiga, menjadi seorang wanita untuk dirinya sendiri. 

Saking banyaknya peran yang dilakukan wanita, penting adanya me time. Oke jadi me time diartikan menjadi kegiatan untuk meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Istilah ini sering sekali digunakan saat ini dalam sosial media. 

Manfaat Me Time

Para ibu meluangkan waktu untuk me time itu sangat penting loh, karena dapat memberikan manfaat pada kesehatan. Dengan me time bisa mengembalikan mood ibu menjadi lebih baik. Kalau mood ibu bahagia dijamin seisi rumah juga ikut bahagia. Betul tidak? 

Me time bukan berarti menunjukan sifat egois ibu yang ingin melakukan kegiatan sendiri. Tapi me time bisa menjadi waktu ibu untuk mengelola emosi lebih baik. Tentu akan menghasilkan hal positif. Karena ibu itu menjadi jantungnya keluarga. 

Masih banyak sekali manfaat me time untuk ibu rumah tangga. Nah, saya akan memberikan informasi cara menikmati me time ala ibu rumah tangga, seperti saya. Yuk simak! 

#1. Tidur

Tidur merupakan waktu paling berharga saat menjadi ibu. Apa lagi kalau masih punya anak bayi. Kadang para ibu pagi-pagi terbangun serasa seperti zombie, hehe. Karena habis begadang atau terbangun beberapa kali karena bayi minta menyusu ataupun yang lain. 

Saya pribadi semenjak punya bayi, waktu tidur menjadi hal yang paling berharga. Tidur dalam kondisi tenang tanpa mendengar tangisan dan rengekan anak itu menjadi hal yang berharga. Biasanya, saya mendapatkan waktu tidur berkualitas saat suami lagi libur. Entah perasaan saya saja tapi anak-anak lebih tenang atau asyik main dengan ayahnya. Tidur berkualitas tanpa ada gangguan dan tenang menjadi me time terbaik. 

#2. Memasak

Sewaktu masih single, suka melihat di sosial media bahwa memasak menjadi salah satu me time ibu-ibu. Duh saya berfikir, masa sih masak bisa jadi me time. Masak itu membutuhkan energi dan memakan banyak waktu. 

Eh bener saja setelah menikah apalagi sudah punya anak, 'waktu kabur' dari urusan anak-anak itu saat memasak. Serius, saya pribadi sangat senang kalau bisa memasak tanpa ada gangguan dari anak. Walaupun terkadang kehabisan ide menu untuk masak harian. Tapi saat masuk dapur tanpa diikuti anak, jadi bisa muncul mau masak apa hari ini. 

Me time dengan memasak menjadi ibu lebih senang, sehingga bisa menyajikan masakan terbaik untuk keluarga. 

#3. Belanja 

Siapa disini yang tidak senang dengan belanja? Duh mayoritas kaum hawa pasti paling senang dengan waktu belanja. Apalagi saat ini belanja tidak hanya datang ke toko atau pasar, sekarang belanja kebutuhan pokok saja sudah bisa melalui berbagai marketplace

Sebagai wanita yang senang belanja, ini menjadi waktu terbaik untuk me-time. Bisa memilih barang yang ingin dibeli dengan tenang dan cermat sudah bikin mood happy balik lagi. 

Saya sendiri senang banget kalau bisa belanja barang-barang aksesoris. Ketika sudah memiliki aksesoris baru rasanya bikin perasaan lebih senang dan semangat melakukan aktivitas harian lagi. Kalau masalah belanja kebutuhan pokok atau belanja bahan makanan menjadi hal biasa, menurut pengalaman pribadi bukan menjadi me time lagi. Memang sudah menjadi kewajiban yang perlu dilakukan. 

Kalau ibu-ibu lain bagaimana? Belanja apa yang menjadi me time versi kalian? 

#4. Menulis

Menulis blog
Setelah terjun di dunia blogger, menulis menjadi waktu me time yang berharga. Bisa menulis satu buah artikel sampai selesai tanpa ada jeda, menjadi apresiasi diri juga. Karena menulis menurut saya membutuhkan konsentrasi dan kondisi tenang. 

Salah satu waktu yang biasa digunakan untuk menulis saat anak sudah tertidur lelap di malam hari. Yap, walaupun saya perlu mengorbankan waktu tidur lebih sedikit. Saya yakin semua usaha yang dilakukan tidak akan mendapatkan hasil baik di waktu yang tepat. 

Saya berharap bisa menjadi blogger yang bisa memberikan manfaat kepada para pembaca. Terdengar klasik memang, tapi begitu adanya untuk jadi penyemangat tetap konsisten. Blog ini menjadi salah satu ruang tulis bagi saya. 

Perjalanan menulis blog ini akan masih panjang. Tentu akan terus membuat sejarah sendiri dalam seiring berjalannya waktu. 

Penutup

Itulah 4 cara menikmati ala ibu rumah tangga versi saya. Tentunya masih banyak cara menikmati me time perlu disesuaikan dengan kondisi dan keadaan ibu. Me time merupakan waktu paling penting untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis seorang ibu. 

Yuk ibu- ibu di rumah jangan lupa meluangkan waktu untuk me time ya. Selamat menikmati waktu me time versi ibu. Semoga artikel ini memberikan manfaat. 


salam hangat, 

Ami


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar