mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Mie Ayam Yamin Homemade

Konten [Tampil]

Siang hari, saat sudah terdengar suara lantunan Al-Qur'an di Masjid Al Azhar Indonesia, menandakan sebentar lagi waktu adzan. 

"Gaes, ini kan hari jumat waktunya kita makan siang mie ayam yamin yuk" Ucapku pada teman-teman untuk mengajak makan siang. 

Langsung saja, aku dan teman-teman menuju belakang kampus Universitas Al-Azhar Indonesia yang ramai dengan penjual makanan. Kami langsung menuju ujung jalan ke penjual mie ayam yamin langganan. 

Menikmati mie ayam yamin di hari jumat menjadi rutinitas, karena kalau hari jumat tempat penjual makanan semua ramai. Dipenuhi oleh beberapa mahasiswa maupun pekerja kantoran makan siang sambil menunggu waktu shalat jumat. 

Yap, itu sedikit kenangan saya ketika masih menjadi mahasiswa di UAI. Salah satu yang dikangenin yaitu waktu makan siang. Selalu saya bersama teman makan dengan menu samaan. Yap dulu sekitar tahun 2012 hingga 2016 mengenyam pendidikan teknik di UAI banyak kenangan yang tersimpan. 

Resep Mie Ayam Yamin

Selama saya tinggal di Batam sekarang belum pernah menemukan penjual  Mie ayam yamin seperti di jakarta. 

Hidup merantau jauh dari keluarga dan meninggalkan kebiasaan yang dilakukan dulu, kadang membuat saya merasakan rasa rindu. Rasa rindu selalu datang entah rindu dengan anggota keluarga, suasana, hingga cita rasa makanan disana. 

Untuk melepas rasa rindu dengan kenangan mie ayam yamin. Saya mencoba membuat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, tentu rasanya bisa disesuaikan dengan ingatan yang pernah saya rasakan.

Rasa gurih dari ayam, dipadukan dengan manis bumbu yamin dimakan dengan mie yang kenyal. Nikmat rasanya sudah terbayangkan. 

Tidak perlu berlama-lama, yuk simak resep mie ayam yamin homemade. Buat di rumah lebih hemat dan praktis. 

Mie Ayam Yamin

Hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan mie ayam yaitu menyiapkan jenis mie yang akan digunakan. Saya membeli mie yang sudah jadi. Jenis mie yang digunakan memiliki tekstur kenyal, ukuran kecil, keriting dan tipis. 

Mie jenis itu sangat cocok dipadukan dengan kuah ayam yang manis khas mie ayam yamin. Saya pribadi paling senang dengan jenis seperti itu. Untuk sayur yang digunakan bisa menggunakan tauge atau sawi. Saya kebetulan hanya memiliki sawi untuk pelengkap sayurnya. 

Menyiapkan sayur sebagai pelengkap di mie ayam yamin itu paling mudah. Cuci bersih sawi yang akan digunakan dalam satu kali porsi makan. Potong kecil-kecil sesuai dengan selera. Panaskan panci yang berisi air untuk merebus. Pastikan air sudah mendidih sempurna, masukan sawi dalam hitungan detik lalu angkat. Agar lebih mudah, sawi disimpan pada saringan. Kemudian celupkan sebentar pada air mendidih. 

Cara menyiapkan sawi sebenarnya sesuai selera masing-masing. Karena saya paling senang kalau makan sayur masih ada sensasi 'krenyes' dari sayurannya. Jadi cukup hanya direndam sebentar pada air mendidih. Buat teman-teman ingin lebih matang, bisa merebus sawi sekitar 2-3 menit. 

Kunci Pembuatan Mie Ayam Yamin

Salah satu kunci rahasia dalam pembuatan mie ayam yamin adalah minyak yang digunakan saat menyajikan mie. Teman-teman ada yang sadar tidak kalau membeli mie ayam? Abang penjual setiap membuatkan mie ayam, hal pertama menaruh di mangkuk adalah minyak dari botol bening. 

Dulu saya berpikir itu minyak goreng biasa kah Atau minyak yang sudah diolah? Akhirnya saya tahu jawabannya. Ternyata itu adalah minyak bawang. Minyak bawang itu menjadi kunci apakah mie yamin yang akan dimasak terasa gurih dan enak. 

Dari banyak referensi pembuatan minyak bawang yang aku cari di youtube. Saya mendapatkan cara pembuatan minyak bawang yang pas cocok di lidah, dan mudah pembuatan. 

Yuk lanjut menyiapkan bahan dan cara pembuatan Mie Ayam Yamin Homemade. Dijamin rasanya enak yang bisa melepas rindu cita rasa. 

Resep Mie Ayam Yamin Homemade

Bahan Minyak Bawang

  • Minyak goreng
  • Kulit ayam, untuk jumlahnya sesuai selera. Saya pakai sekitar 100 gram
  • 5 siung Bawang Putih, geprek dan potong kecil
  • Air secukupnya

Bahan Kuah Ayam

  • Ayam fillet yang sudah dipotong kecil
  • 5 Bawang merah
  • 3 Bawang putih
  • 2 butir Kemiri
  • Sedikit Kunyit
  • Kalau mau praktis bisa pakai Bumbu instan untuk ungkep ikan, ayam, tempe
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh, potong menjadi 2-3 bagian, lalu geprek
  • 2 batang daun bawang, potong kecil-kecil
  • Kecap manis
  • Saus tiram
  • Garam, lada dan kaldu ayam/ jamur
  • Air secukupnya

Bahan Lainnya

  • Mie kuning yang direbus hingga matang. Disini saya menyiapkan 3 porsi mie
  • Sayur sawi yang sudah direbus
  • Daun bawang potong kecil, akan digunakan sebagai topping
  • Bawang goreng (optional

Bumbu Lainnya

  • Kecap manis
  • Saos sambal
  • Cara membuat

Membuat Minyak Bawang

Siapkan kulit ayam yang sudah dicuci bersih,  potong dengan ukuran kecil. Kalau mau langsung sesuai dengan ukuran kulit ayam juga tidak masalah. Saya lebih senang di potong kecil. 

Siapkan pan untuk membuat minyak bawang. Masak kulit ayam dengan air, air yang digunakan tidak perlu banyak. Sekitar 60-80 ml air saja atau bisa disesuaikan dengan jumlah kulit ayam yang digunakan. 

Masak kulit ayam hingga airnya surut dan habis. Ketika airnya sudah habis, segera tambahkan minyak sayur. Minyak sayur yang digunakan sekitar 100-150 ml atau bisa lebih. Nanti minyaknya akan semakin bertambah dari minyak yang dikeluarkan dari kulit ayam. Ketika kulit ayam sudah mulai setengah kering, masukan bawang putih. Masak bawang putih dan kulit ayam hingga kering. Kalau sudah kering, minyak bawang sudah siap bisa digunakan. 

Membuat Kuah Ayam

Buat bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus dengan api kecil cenderung sedang kemudian tambahkan daun jeruk dan sereh, masak hingga berwarna kecoklatan dan wangi dari bumbunya keluar. 

Tips dari saya kalau misalkan agak repot atau bingung dengan takaran kunyit. Bisa menggunakan bumbu instan bubuk. Jadi, bumbu halus yang digunakan bisa bawang merah dan bawang putih saja kemudian tambahkan bumbu instan ungkep untuk ayam, ikan atau tempe. Menggunakan itupun tidak masalah dan rasanya tidak akan beda jauh. Teman-teman bisa pilih yang mana cocok bisa digunakan untuk masak. 

Lanjut ya, ketika bumbu halus yang dimasak sudah berubah warna dan wangi, masukan daun bawang dan ayam. Masak hingga wangi daun bawangnya keluar. Tambahkan air, Kalau senang yang ada kuah banyak bisa menggunakan air lebih banyak ya. Masukan bumbu lainnya, seperti garam, gula, lada, kaldu dan kecap manis. Masak hingga mendidih. Cek rasanya jika ada yang kurang bisa ditambahkan

Membuat Kuah (optional) 

Sebenarnya ini optional, saya pribadi karena senang dengan mie yang kering tanpa kuah. Bukan berarti tidak menyediakan kuah beningnya. Cara membuatnya sangat mudah dan bahannya juga sederhana. Pertama, siapkan panci berisi air untuk di didihkan. Kedua, saat sudah mendidih tambahkan garam, kaldu jamur, lada dan sedikit minyak bawang yang tadi sudah dibuat. Didihkan air lebih lama dan selesai. Cek rasa untuk rasa kuahnya. 

Menyajikan Mie ayam yamin homemade

Semua bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya menyajikan mie ayam yamin. 

Siapkan mangkuk yang akan digunakan, tuang minyak bawang sekitar 1 sendok makan. Kalau mau lebih gurih bisa disertakan dengan bawang putihnya yang sudah garing. Taruh mie, sayuran lalu kuah ayam di atasnya. Bisa ditambahkan juga kuah dari ayamnya. Bisa gunakan toping tambahan seperti bakso. Kasih topping daun bawang, bawang goreng dan sedikit kuah. 

Sudah selesai mie ayam yamin siap disantap. Resep mie ayam yamin ini bisa dibuat kapan saja karena mudah pembuatannya. Terlihat sulit karena banyak yang perlu disiapkan. Namun, sebenarnya mudah saja setiap step pembuatannya. 

Mie Ayam Yamin Homemade

Penutup

Inilah resep pembuatan mie ayam yamin. Rasa mie yang kenyal dengan ukuran kecil dan tipis, sungguh nikmat dipadukan dengan kuah manis ayam. Apalagi tambahan gurih dari kuah untuk menyeimbangkan dari rasa manis. Makan mie ayam yamin bisa saat santai sendirian, ataupun bersama keluarga di akhir pekan

Semoga teman-teman bisa recook dan membuat resep ini untuk keluarga tercinta. Resep ini hasil modifikasi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Salam hangat, 

Ami

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

1 komentar

  1. Sebagai orang sumatera yg merantau ke JKT, aku juga hrs akuin, mie ayam atau Yamin jakarta lebih sesuai buat lidahku mba 😄👍. Apalagi kalo idh pake jamur juga, beuugh sedeeep.

    Di sumatera apalagi Jawa, aku blm Nemu mie yg pas. Kebanyakan pake kuah banjir gitu. Aku ga doyan. Topping ayamnya pun terlalu berbumbu. Aku LBH suka yg simple. Cendrung lebih mirip ke Chinese noodle. Lebih cocok ke aku juga.

    Thank you resepnya mba, coba deh ntr aku mau recook kalo sedang senggang. Dah lama juga ga makan Yamin 😁

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.