mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Cireng Simpel Anti Gagal

Konten [Tampil]
Resep cireng simpel anti gagal

Cireng atau aci di goreng. Siapa yang belum pernah coba jajanan satu ini? 

Cireng menjadi makanan khas orang sunda, adonan dari tepung tapioka yang kemudian goreng garing. Makanan ringan ini sangat populer dan menjadi primadona di jajanan sekolah SD atau di penjual gorengan. 

Namun, saya suka khawatir dengan minyak goreng dipakai para penjual. Sudah dipakai berkali-kali dan terlihat tidak sehat. Apalagi anak-anak juga senang dengan jajanan ini. 

Sebagai ibu di rumah yang suka bereksperimen, tidak salahnya mencoba membuat cireng simpel anti gagal di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan jadi gak perlu bingung. 

Resep cireng simpel anti gagal ini, saya pakai dengan tekstur adonan untuk cireng isi. Adonan agak lebih kaku, namun setelah di goreng tetap garing dan ada kenyalnya. Tidak terlalu lembek jadi cocok untuk yang lebih senang tekstur garing. Saya juga lebih senang resep ini karena tidak terlalu menyerap minyak. Bisa dibilang, lebih sehat. Tapi tetap tidak berlebihan makan cireng ini ya, karena hanya mengandung tepung. 

Kalau begitu langsung saja, saya akan menjelaskan resep cireng simpel anti gagal.

Bahan Membuat Cireng :

  • Tepung tapioka atau tepung kanji 12 sdm
  • Tepung terigu 4 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Sedikit lada
  • Kaldu ayam secukupnya
  • 3 Siung Bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Daun seledri (optional)
  • Air panas kurang lebih 120 ml
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Cireng Simpel : 

  1. Siapkan wadah, tuangkan tepung tapioka dan tepung terigu
  2. Masukan garam, lada, kaldu ayam, bawang puting yang sudah dihaluskan
  3. Aduk hingga tercampur rata
  4. Siapkan air panas, pastikan airnya mendidih
  5. Kemudian, tuang air panas sedikit demi sedikit. Aduk perlahan. Pastikan adonan tidak terlalu lembek ataupun terlalu keras.
  6. Aduk adonan hingga kalis 
  7. Kemudian, adonan ambil sedikit demi sedikit untuk digiling hingga tipis. Cetak sesuai dengan selera. Bisa menggunakan cetakan kue atau lainnya.
  8. Lakukan hingga selesai, ketika disimpan pada wadah pastinya menggunakan sedikit tepung agar tidak lengket.
  9. Panaskan minyak goreng dengan api sedang cenderung kecil. Goreng adonan cireng hingga matang. Tips agar garing jangan terlalu sering di balik, cukup satu kali balik saja. Jika satu sisi sudah agak kecoklatan baru dibalik. Kemudian goreng hingga matang dan garing pada sisi lainnya.
  10. Setelah matang, sajikan selagi hangat

Cemilan cireng simpel anti gagal ini bisa menjadi andalan di rumah. Karena cara membuatnya simpel dan menggunakan bahan yang mudah. Bahkan, saya kalau lagi malas bisa bikin cireng tanpa bawang putih. Rasanya tetap sama dan enak. Kalau lagi ada stok bawang putih bubuk lebih praktis juga.

Saat konsumsi cireng ini lebih nikmat lagi jika menambahkan bubuk tabur dengan berbagai rasa sesuai selera. Bisa rasa keju ataupun balado. Ini lebih nikmat untuk dikonsumsi untuk anak-anak.

saya lebih senang makan cireng menggunakan bumbu rujak. Perpaduan cireng yang garing 

dengan bumbu rujak pedas manis lebih nikmat. Kalau tidak mau repot bisa beli ke tukang rujak. Namun, saya terkadang punya bahannya di rumah. Jadi bisa membuatnya lebih simpel. Berikut cara simpel membuat bumbu rujak untuk teman makan cireng:

Bahan Bumbu Rujak :

  • Gula merah ukuran sedang
  • 3 cabe rawit atau bisa ditambah sesuai selera
  • Asam jawa
  • 2 sdm air hangat

Cara Membuatnya :

  1. Haluskan cabe rawit hingga halus 
  2. Tambahkan gula merah dan haluskan. Menghaluskannya menggunakan cobek ya.
  3. Larutan asam jawa dengan air hangat
  4. Kemudian, campurkan larutan asam jawab kedalam sambal yang sudah halus. 
  5. Sajikan

Makan cireng simpel simpel anti gagal ditambah dengan bumbu rujak di siang hari menjadi ide yang bagus. Apalagi makan bersama dengan orang tersayang di rumah. Sekian, resep simpel yang bisa saya bagikan hari ini. Selamat mencobanya. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar