mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Posyandu Menjadi Kegiatan Rutin Bersama Anak

Konten [Tampil]
Kegiatan di posyandu

Moms, memiliki bayi dan balita di rumah? Apakah sering mengajak anak ke Posyandu? Apa yang dipikirkan moms, jika ingin pergi ke Posyandu?

Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu merupakan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah dalam upaya menjaga kesehatan. Memiliki tujuan untuk kemudahan masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan secara layak, terutama kesehatan ibu dan anak.

Ada yang memiliki pengalaman pergi ke posyandu moms? Bagaimana fasilitas yang diberikan di Posyandu sekitar rumah?

Semenjak tinggal di Batam, saya menjadi rajin datang ke Posyandu membawa anak-anak. Selain itu, saya mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan ibu-ibu di lingkungan komplek tempat tinggal. Maklum, saya baru menjadi warga batam.

Pengalaman saya waktu kecil, ketika mendengar kata Posyandu. Hal yang paling saya ingat adalah di timbang berat badannya untuk mendapatkan bubur kacang hijau dan sekotak susu. Dulu rasanya senang sekali mendapatkan makanan itu.

Lalu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di Posyandu? Yuk kita bahas lebih banyak lagi.

Kegiatan di Posyandu

Posyandu biasanya identik dengan bayi dan balita. Semua kegiatan lebih banyak peruntukan untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, kenyataanya kegiatan di Posyandu yang dirancang untuk segala usia. Hal itu saya dapatkan dari pengalaman selama datang di Posyandu dekat tempat tinggal.

Pelayanan kesehatan di Posyandu

Kegiatan yang biasa dilakukan untuk ibu hamil, ibu menyusui, lansia hingga konsultasi kebutuhan gizi. Nah, berikut kegiatan di Posyandu yang bisa saya jelaskan, antara lain :

1. Program Kesehatan Anak

Posyandu paling melekat dengan program kesehatan anak. Biasanya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Saat mendatangi Posyandu, bayi dan balita akan dilakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan. Kemudian, akan dicatat pada buku KIA (kesehatan ibu dan anak). Agar terpantau dengan baik setiap bulannya. 

Selain itu, Posyandu juga memberikan pelayanan imunisasi gratis yang diberikan oleh pemerintah. Imunisasi dasar penting dilengkapi oleh bayi dan balita agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Awalnya saya ragu, pergi ke Posyandu pertama kali untuk anak pertama saya. Ternyata setelah datang langsung dan mengetahuinya, kegiatan di Posyandu gratis alias benar-benar tidak dipungut biaya. Ini bisa sangat membantu untuk keluarga yang belum ada kesempatan dan biaya memberikan imunisasi ke rumah sakit pada anak-anaknya.

2. Pemantaun Gizi

Saat ini pemerintah sedang mengadakan banyak program untuk mengurangi angka stunting di Indonesia. Oleh karena itu, mendatangi Posyandu di lingkungan rumah bisa menjadi upaya mengurangi stunting. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh sesuai dengan usianya. Apabila terpantau ada pertumbuhannya tidak sesuai dengan usia. Maka, tenaga kesehatan akan memberikan penyuluhan, beberapa solusi agar anak tetap bisa tumbuh dan kembang sesuai dengan usia.

3. Program Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Program pelayanan di Posyandu tidak hanya untuk anak-anak. Namun, kesehatan untuk ibu turut menjadi perhatian. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain, pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil, monitor status gizi pada ibu, hingga pemeriksa kesehatan berupa cek tekanan darah.

Beberapa kali, saya ikut kegiatan di Posyandu yang mengadakan penyuluhan terkait kesehatan, gizi dan konsultasi gratis langsung ke tenaga kesehatannya. 

4. Program Keluarga Berencana

Posyandu juga memberikan pelayanan program keluarga berencana. Agar dapat mengendalikan jumlah kelahiran yang tinggi dan jarak dekat. Beberapa kali, Posyandu di daerah tempat tinggal saya memberikan kondom dan pil KB. 

5. Program Kesehatan Lansia

Kegiatan Posyandu yang menarik menurut saya adalah program kesehatan lansia. Kenapa? Awalnya saya hanya berpikir, program kesehatan ini hanyalah fokus pada anak. Namun, ada juga program pemeriksaan kesehatan untuk Lansia. Di tempat saya banyak lansia yang ikut serta dengan antusias. Karena pelayanan yang diberikan cukup lengkap, seperti pengecekan tekanan darah, pengecekan gula darah dan konsultasi kesehatan gratis langsung pada tenaga kesehatan.

Itulah beberapa kegiatan Posyandu yang biasa dilakukan di daerah tempat tinggal saya. Yuk, moms cari tahu jadwal rutin kapan saja Posyandu dilakukan di daerah rumah masing-masing. Agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik dan gratis.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar