mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Wisata Gratis di Kebun Raya Batam

Konten [Tampil]

 

Wisata gratis kebun raya batam


Selama tinggal di Batam wisata paling sering dikunjungi adalah wisata pantai. Memang Kota Batam terkenal dengan keindahan wisata pantai. Wajar saja kan, batam adalah salah satu pulau kecil di Kepulauan Riau. 

Tidak perlu khawatir jika ingin menikmati wisata dengan nuansa taman yang banyak pepohonan. Menikmati pemandangan yang indah dengan bersantai. Kebun raya batam bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang bisa dikunjungi.

Dilansir dari website resmi batamnews.co.id, kebun raya batam diresmikan pada bulan desember 2018. Artinya sebelum saya tinggal di Batam. Hehe saya baru tinggal di Batam tahun 2022, bahkan 2018 saya belum ada bayangan akan merantau disini. 

Konon, Kebun Raya Batam ini mengadaptasi dengan Kebun Raya Bogor. Karena pengelola dilakukan oleh bidang pengembangan kawasan konservasi tumbuhan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya - LIPI. Sayangnya perjalanan pembangun tidak berjalan lancar. Namun, kebun raya batam tetap terbuka untuk umum dengan kondisi apa adanya.

Lokasi

Kebun raya batam atau memiliki nama sebutan Batam botanic garden. Berlokasi di Jalan Hang Lekui, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Lokasi strategis karena dengan Bandara Internasional Hang Nadim dan Pelabuhan Internasional Nongsa Pura.

Suasana Kebun Raya Batam

Kebun raya batam
Dok. Pribadi

Pengalaman saya mengunjungi Kebun Raya Batam, memiliki suasana tenang dan nyaman. Kebetulan cuaca di kota Batam cenderung panas terik. Saya mengunjungi di pagi hari sekitar jam 9 pagi saja, sudah sangat terasa panas.

Kebun raya batam ingin memiliki konsep seperti kebun raya bogor. Tapi jangan terlalu banyak berharap saat datang ke sini dan membayangkan tempat yang adem. Karena sangat jauh berbeda dengan di Bogor. Harap dimaklumi juga, karena pembangunan terbengkalai jadi kebun ini apa adanya.

Saya berkunjung bersama suami dan anak-anak di hari minggu. Pengunjung yang datang sangat sepi,hanya beberapa orang saja. Itu juga mungkin pengunjung yang kebetulan lewat. Karena lokasi Kebun Raya Batam dekat dengan pantai nongsa.

Kesan Pertama

Memasuki pintu masuk gerbang Kebun Raya Batam, langsung terlihat gerbang besar memiliki tulisan "Kebun Raya Batam - Batam Botanic Garden". Kemudian, jalan memasuki kawasan wisata sedikit menanjak.

Pertama kali masuk ke kawasan Kebun Raya Batam, terlihat lahan tempat parkir yang sangat luas. Terdapat beberapa pilihan tempat yang bisa dikunjungi. Menikmati pemandangan cukup hijau. Ada juga tempat untuk duduk-duduk santai sambil mengobrol dengan keluarga ataupun teman.

Oh iya, buat yang pertama kali datang ke Kebun Raya Batam tidak perlu bingung. Ketika masuk tidak ada penjaga maupun petugas di depan gerbang. Karena disini memang tidak ada petugas penjaganya. Jadi kalian bebas masuk keluar kapan saja. 

Terdapat satu warung kecil yang sederhana di pojokan Kebun Raya Batam. Jika kebingungan bisa bertanya pada penjaga warung.

Spesialnya, Kebun Raya Batam menjadi wisata gratis yang bisa di kunjungi saat ini. Bahkan untuk parkir kendaraan tidak dikenakan biaya. Nyatanya memang seperti ini, tidak ada petugas penjaganya.

Ada satu hal yang buat saya bingung,walaupun terlihat tidak ada penjaga ataupun petugas sama sekali. Lingkungan daerah Kebun Raya Batam ternilai bersih dan terawat. Tidak ada sampah ataupun hal yang mengganggu. Mungkin, ada petugas yang rutin membersihkan. Saya sendiri sedikit ragu, karena tidak mencoba bertanya. 

Fasilitas Kebun Raya Batam 

Wisata gratis di Kebun Raya Batam memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati, antara lain:

1. Taman Warna - Warni

Taman warna warni kebun raya batam

Taman warna - warni di Kebun Raya menjadi tempat utama dan favorit yang wajib dikunjungi. Letaknya berada di bagian bukit atas kebun. Dari sini kita bisa melihat jelas luasnya Kebun Raya Batam.

Untuk menuju taman warna-warni, perlu menaiki tangga dan tanjakan yang dihiasi dengan warna-warni. Ada juga plang tanda kawasan taman warna-warni. Di depan taman ini, bisa untuk tempat foto bagus. Karena posisi dan hiasan yang begitu Instagramable.

Lalu, apa saja yang ada disini. Saya jelaskan lebih lengkap lagi ya.

Setelah menaiki tangga, langsung disambut dengan pemandangan yang indah. Di sisi sebelah kiri terdapat satu gazebo modern. Buat duduk santai dan nyaman menikmati pemandangan. Terlihat juga pemandangan kota Batam dari kejauhan dan laut di sekitar kecamatan nongsa.

Taman warna-warni ini menjadi spot favorit saya. Menikmati pemandangan yang luas, membuat pikiran menjadi jernih. Datang ke tempat ini, menjadi waktu me time terbaik. Sebagai seorang ibu, sangat perlu meluangkan waktu sejenak untuk sendiri. Sementara, anak-anak bermain dan belajar melihat berbagai tanaman bersama ayahnya.

2. Walking Track

Di dalam taman warna-warni, terdapat jalur untuk berjalan mengelilingi area taman. Walking track ini sudah dilapisi dengan block paving, sehingga saat berjalan tetap nyaman dan tidak licin. Setiap sisi walking track ini ditumbuhi dengan tanaman hias yang cantik. Tumbuh bunga yang penuh warna - warni.

Pada sisi atas bukit, terdapat plang dengan tulisan Kebun Raya Batam. Spot ini sangat bagus untuk berfoto sebagai kenang-kenangan. Di tambah banyak tanaman bunga sebagai hiasan.

Perlu diperhatikan saat menelusuri walking track disini, siap-siap melewati jalan menanjak dan menurun. Karena berada di bukit, butuh effort lebih jika ingin menelusuri semua sisi. Tapi tidak perlu khawatir, di beberapa sisi terdapat bangku untuk istirahat. Apabila terasa lelah saat berjalan 9di walking track ini.

3. Tanaman Hias

Pada bagian depan Kebun Raya Batam terdapat banyak tanaman hias. Ditumbuhi dengan tanaman cantik secara bergerombol. Jadi spot menarik untuk berfoto. Ada juga pagar berbentuk hati yang dikelilingi dengan tanaman hias. Ini juga bisa untuk tempat berfoto.

4. I Love Batam

Salah satu ciri khas sedang berwisata di Batam, pasti ada tanda kalimat " I Love Batam". Disini juga ada tulisan tersebut. Bisa jadi tempat berfoto. Di sekitar tulisan I Love Batam juga terdapat beberapa pohon yang dilindungi. Terdapat papan penjelasan mengenai jenis-jenis flora yang ada di Kebun Raya Batam.

Tips Berkunjung Ke Kebun Raya Batam

Saat mengunjungi Kebun Raya Batam perlu memperhatikan beberapa hal. Apabila ada rencana berkunjung bersama keluarga dan anak-anak. Berikut tips berkunjung ke Kebun Raya Batam berdasarkan pengalaman saya :

  1. Kebun Raya Batam menjadi wisata yang cocok apabila datang bersama keluarga ataupun teman terdekat. Seperti acara piknik bersama menikmati tanaman yang ada.
  2. Perhatikan cuaca saat mengunjungi Kebun Raya Batam. Jangan sampai datang saat cuaca hujan, karena tidak banyak tempat berteduh. Kebun Raya Batam menjadi wisata alam terbuka.
  3. Datang saat cuaca cerah, jangan lupa membawa topi ataupun payung. Agar tidak kepanasan, perlu diingat Batam saat panas cukup terik.
  4. Jangan merusak tanaman yang ada di Kebun Raya Batam. Seperti memetik bunga.
  5. Cobalah menelusuri setiap sudut Kebun Raya Batam. Menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan dengan santai. Karen Kebun Raya Batam memiliki banyak tanaman cantik dan unik.
  6. Sebaiknya membawa bekal makanan, seperti cemilan dan minuman. Karena di sekitar Kebun Raya Batam tidak banyak yang berjualan makanan.
  7. Siapkan kamera ataupun handphone untuk mengabadikan setiap spot yang indah.

Penutup

Kebun Raya Batam menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Wisata gratis yang menawarkan keindahan alam yang asri. Tidak hanya menjadi tempat hiburan, bisa juga menjadi edukasi mengenal flora yang ada. Berkunjung ke Kebun Raya Batam menjadi seru kan?

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar