mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Mengatasi Anak Yang Suka Pilih Makanan Dengan Miyako Indonesia

Konten [Tampil]

 

Mengatasi anak yang suka pilih makan dengan miyako indonesia

Aku kira anak aku susah makan, ternyata dia memilih makanan. Apa bedanya? Kalau susah makan, artinya setiap jenis makan apa pun tidak mau, dari kelompok jenis makanan karbohidrat, protein, buah maupun sayuran. Sedangkan, memilih makanan masih ada yang dikonsumsi dari beberapa kelompok makanannya.

Awalnya saya kerepotan sendiri setiap jam makan selalu memasak dengan menu berbeda. Kebayang dong betapa capek dan banyaknya makanan terbuang karena tidak di makan anak. Tapi sebagai ibu tidak mau mubazir jadi pasti saya makan. 

Hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus, setelah memasuki usia 3 tahun. Banyak usaha yang diperlukan untuk memperkenalkan anak agar menyukai banyak jenis makanan

Cara Mengatasi Anak Suka Memilih Makanan

" Anak akan mengikuti atau meniru apa yang dia lihat setiap hari"

Sebelum mengajarkan anak untuk selalu makan dengan semua jenis makananya, sebagai orangtua perlu mengevaluasi kenapa hal itu terjadi. Apakah kita juga sebagai pemilih makanan juga? Sehingga anak melakukan hal sama.

Tapi jangan khawatir, pada artikel ini kita coba membahas beberapa cara mengatasi anak yang suka memilih makanan.

#1. Hindari Memaksa Anak Untuk Makan

Setiap jam makan cobalah untuk lebih rileks, tenang dan tidak memaksa anak untuk makan. Apabila kita mencoba memaksa anak makan saat itu juga, bisa jadi menimbulkan rasa trauma pada anak. Kalau anak sudah trauma untuk makan, kita akan lebih kesulitan.

Jangan paksakan anak, jika sedang memberi makanan jenis baru. Bisa jadi dia tidak mau bukan tidak suka, Namun belum mengenalnya. Bisa dengan cara mengenalkan secara perlahan dan bertahap. Untuk mengenalkan makanan pada anak tidak bisa dikatakan gagal, jika baru satu kali. Berikan porsi sedikit terlebih dahulu dan tidak perlu memaksa anak untuk menghabiskan makananya.

#2. Kreasikan Menu Makanan

Anak itu paling senang dengan tampilan yang menarik, mulai dari warna dan bentuk yang lucu. Dengan begitu ini bisa menjadi cara jitu agar anak mencoba memakan makananya. Kita bisa membuat makanan yang dikreasikan dari berbagai jenis makanan. 

Misalnya, membuat menu sop ayam dengan berbagai jenis sayuran dengan warna berbeda. Wortel bisa dibentuk menjadi bunga dengan cetakan khusus, buncis berwarna hijau dipotong kecil, tomat yang berwarna merah, jagung dipipil kecil yang berwarna kuning, dan biarkan anak mencoba sendiri untuk memakannya.

#3. Biarkan Anak Lapar

"Biarkan anak lapar", terdengar seperti jahat ya anak dibiarkan lapar. Tapi jangan salah, dengan kondisi anak lapar bisa membantu anak untuk makan lebih lahap dan mencoba makanan baru. Jadi ketika jam makan tiba, anak benar-benar dalam keadaan lapar.

Pastikan jam makan anak teratur, tidak memberikan banyak cemilan dan makanan manis. Karena bisa membuat anak kenyang dan malas makan. 

#4. Libatkan Anak Dalam Memasak

Biarkan anak terlibat dalam proses memasak dan menyiapkan makanannya sendiri. Kalau dibayangkan akan merepotkan memang, apalagi jika mengajak anak balita untuk memasak. Tapi tidak ada salahnya dilakukan saat momen tertentu, misalnya saat waktu libur.

Ketika anak terlibat dalam proses memasak bisa membantu anak mengetahui dan memahami makanan yang dikonsumsi seperti apa. Selain itu, bisa menjadi pelajaran, untuk bisa memakan sebuah makanan diperlukan proses yang panjang dari apa yang dikonsumsi. Anak bisa menjadi belajar menghargai makanan.

#5. Memasak Bersama Miyako Indonesia

Memasak menyiapkan makanan untuk anak kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan produk terbaik dari Miyako Indonesia. Agar bisa menghasilkan makanan yang baik, sehat, dan menarik untuk anak, salah satu hal penting yang diperhatikan yaitu menggunakan peralatan yang terbaik. Seperti Miyako Nanoal dan Blender Miyako.

Beberapa waktu lalu, saya melihat video di YouTube morning routine Nikita Willy yang dilakukan setiap hari. Di dalam video menunjukan kegiatan yang selalu dilakukan adalah menyiapkan sarapan sehat ala Nikita Willy. Sarapan yang baik tidak hanya kandungan gizi saja yang dipikirkan, Namun porsi yang tepat dan pas.

Mengenal Lebih Dekat Nanoal Pilihan Nikita Willy

Nikita willy pakai miyako

Siapa yang disini kalau belum makan nasi belum lengkap rasanya? Toss dulu yuk, samaan. Termasuk anak saya yang pemilih makanan ini, dia paling senang dengan makan nasi putih yang selalu hangat. Bisa-bisa dia hanya makan nasi saja.

Makanya saya perlu selalu menyediakan nasi dalam kondisi hangat. Lalu, saya tertarik dengan Rice Cooker Miyako yang digunakan Nikita Willy. Ternyata Nikita Willy Pakai Miyako MCM-586 BH. 

Tampilan dari Rice Cooker tipe ini paling menarik, karena memiliki warna baby pink, menjadi nilai tambah untuk mempercantik dapur loh. 

Keunggulan Miyako Nanoal

1. Panci Nanoal

Miyako Nanoal pilihan Nikita Willy ini dilengkapi dengan panci Nanoal Berlian Hitam yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama. Panci Nanoal Berlian hitam juga lebih tebal 1.4 mm dengan double coating serta Non PFOA sehingga lebih awet dan aman untuk kesehatan.

2. Memiliki fungsi 3 in 1 

Rice cooker Miyako MCM 586 BH menjadi pilihan tepat untuk digunakan dirumah. Karena memiliki fungsi 3 in 1 yang membantu masak lebih praktis. Fungsi tersebut adalah memasak, mengukus dan menghangatkan. 

Terdapat juga fitur Soft Touch Opening untuk memudahkan dalam membuka tutup Rice cooker dengan sekali sentuhan. 

3. Memiliki Thermostat System

Sebagai ibu di rumah saya paling tidak mau repot kalau urusan masak nasi. Setiap masak nasi selalu ingin masak lebih banyak agar cukup untuk seharian. Nah, Rice Cooker Miyako ini menjadi pilihan tepat. Karena memiliki thermostat system yang dapat menjaga nasi tetap hangat, tidak kering dan tidak mudah basi.

Teman Wajib Anda : Miyako Indonesia

Produk dari Miyako Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Saya pribadi sudah menggunakan produk Miyako sejak kuliah. Sehingga saya yakin miyako sudah menjadi Teman Wajib Anda di Rumah kan? Apalagi Nikita Willy Pakai Miyako, hal itu menjadi panutan banyak ibu muda saat ini. Nikita saja pakai miyako, apalagi kita ya? Hehe

Jadi, tunggu apalagi? Biisa memasak nasi untuk anak di rumah agar makan lahap dan tanpa memilih makanan. Dengan menggunakan Rice Cooker Miyako tentunya. Jika kalian ingin membeli produk ini, bisa langsung membeli di official store e-commerce kesayangan atau bisa langsung klik tombol di bawah

Penutup 

Mengatasi agar anak tidak memilih makanan merupakan gabungan dari banyak upaya dilakukan. Dari kesabaran orang tua saat memberi makanan, proses makan hingga peralatan yang digunakan untuk menyiapkan makanan perlu dilakukan secara bertahap.

Agar bisa memberikan makanan yang baik sehat pada anak, perlu peralatan masak yang terbaik. Seperti Rice Cooker Miyako dan Blender Miyako. Percaya bahwa usaha seorang ibu akan selalu membuahkan hasil yang positif pada anak.

Oh iya, dalam rangka hari ibu dari Miyako Indonessia mengadakan Blog dan IG Reels Competition. Untuk informasi lengkapnya bisa cek di Instagram Miyako @miyakoofficial.id ya. Menangkan hadiah total jutaan rupiah dan juga produk-produk dari Miyako. Periode dari tanggal 15 Desember s/d 31 Desember 2023 #NikitaWillyPakaiMiyako #NanoalPilihanNikita #RiceCookerMiyako”

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

1 komentar

  1. Loh anakku banget ini mbak. Pemilih makanan dia. Awalnya aku pikir juga susah makan. Ternyata pemilih makanan. Sukanya ayam dan nasinya harus pulen.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.