mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Tips Semangat Menulis Blog, Anti Malas !

Konten [Tampil]
Tips semangat menulis blog

Sebenarnya aku menentukan judul artikel kali ini membuat senyum manis juga, pasalnya aku sendiri sedang dilanda malas menulis artikel di blog. Ternyata menulis artikel ada muncul rasa jenuh atau sejenisnya. Karena menjadi blogger itu tidak mudah dan enak yang dilihat di dunia maya.

Butuh perjuangan dan semangat untuk update konten blog secara konsisten. Malas menjadi hambatan utama sering kali yang dirasakan untuk para blogger. Apalagi ketika masih pemula, bisa membangun blog dengan baik agar bisa banyak yang tertarik untuk membaca blog kita.

Aku membuat artikel ini, tips menulis blog untuk blogger pemula seperti aku agar tidak kehilangan semangatnya. Tentu untuk pengingat diri sendiri, agar tetap terus rajin bikin konten blog.

Tips Semangat Menulis Artikel Blog

Nah, agar teman-teman dan aku juga tentunya bisa terus semangat menulis artikel di blog, berikut beberapa tips yang bisa aku sharing, antara lain :

1. Ingat Tujuan Memiliki Blog

Sebelum teman-teman malas dengan menulis artikel blog, perlu diingat mengenai tujuan memiliki blog sebelumnya. Ketika sudah memutuskan untuk membuat blog dan mulai membangun blog sampai saat ini untuk apa. Jangan sampai hanya karena mengikuti trend atau tergiur dengan kesenangannya saja.

Apapun pilihan yang kita lakukan untuk menjadi sukses pasti membutuhkan proses dan perjuangannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang besar tentu memerlukan usaha besar juga. Jangan sampai impian ingin menjadi blogger profesional tapi untuk membuat konten blog organik saja malas. Agak menyinggung diri sendiri sebenarnya, hehe. Soalnya karena keasikan menikmati libur panjang akhir tahun, menulis artikel jadi ikut libur panjang. Jangan kaya aku ya. Hehe.

Banyak sekali tujuan yang dimiliki oleh para blogger, seperti menjadi tepat hobi menulisnya, menjadi rumah untuk berbagi dan bercerita tentang hal yang bermanfaat, tempat curhat kegiatan sehari-hari, hingga menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan. 

Jadi, teman-teman perlu ingat kembali ya tujuan utama membuat blog untuk apa. Aku yakin ketika mengingat lagi tujuannya, pasti langsung semangat lagi untuk menulis artikel blog dan menghasilkan karya baru yang luar biasa.

2. Selesaikan Masalah 

Kita hidup di dunia memang tidak selamanya berjalan lurus dan tanpa hambatan. Kalau ada hidup yang seperti itu, aku juga mau. Hehe bercanda ya. Pasti dalam menjalankan hidup akan muncul permasalahan yang terjadi atau sebuah ujian yang perlu dihadapi.

Jika teman - teman sedang mengalami masalah, seperti masalah bersama orang lain, pekerjaan, atau masalah di rumah. Coba deh hadapi dan selesaikan masalahnya terlebih dahulu. Mungkin, hal itu menjadi hambatan teman-teman untuk menulis artikel atau jadi tidak memiliki ide menulis.

Kalau lagi ada masalah kadang menjadi stress dan kelelahan juga, benar tidak? Maka dari itu, teman-teman perlu menyelesaikan masalah yang sedang dialami, jika sudah selesai insya allah akan semangat lagi untuk menulis artikel baru di blog.

3. Beri Jeda

Sedang merasa lelah, capek dengan pekerjaan rumah, atau stress mikirin anak lagi susah makan, coba istirahat dan beri jeda terlebih dahulu. Sebelum memulai lagi untuk menulis artikel di blog, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak kok. Dengan memberi jeda waktu, pikiran dan tubuh kita bisa lebih fresh kembali. Tapi, jangan terlalu lama juga ya untuk istirahatnya,hehe. Nanti blog yang kita miliki ditumbuhi dengan sarang laba-laba saking kelamaan ditinggal pemiliknya.

4. Membuat Jadwal

Bila sudah hadir lagi semangat untuk menulis artikel dan mulai bermunculan ide-ide baru topik yang ingin dibahas. Penting untuk membuat jadwal posting artikel. 

Teman-teman bisa membuat jadwal durasi menulis satu tema, target kapan untuk posting artikel, jadwal bulanan untuk mengisi blog. Jadwal perlu dibuat agar kita bisa secara konsisten membuat konten di blog.

Dengan adanya jadwal, bisa dengan mudah kita membuat artikel baru di blog. Tentunya, jadwal yang telah dibuat perlu dilakukan dengan tepat waktu. Jangan sampai kita terlambat ataupun menunda tidak sesuai dengan jadwal yang sudah kita buat ya.

5. Gabung di Komunitas Blog

Tips paling penting menurut aku agar tetap semangat menulis artikel di blog yaitu gabung di komunitas blogger. Kenapa? Karena dengan bergabung, kita bisa berkenalan dengan sesama  teman blogger, bisa mencari inspirasi untuk menulis artikel, bisa saling menyemangati, hingga bisa mendapatkan tawaran job menulis artikel.

Salah satu kelebihan bisa gabung di komunitas blog juga banyak belajar dengan para senior di sana, sayang banget kan kalau tidak gabung di komunitas blog. Apalagi sekarang sudah banyak sekali komunitas blogger dan bisa diakses dengan mudah.

Penutup

Aku pribadi memutuskan membuat blog dan menjadi blogger karena ingin berbagi perjalanan pengalaman yang dilewati selama hidup. Sehingga bisa memberikan inspirasi dan manfaat pada banyak orang. Walaupun tidak selalu berjalan mulus, aku berusaha untuk terus menumbuhkan semangat menulis artikel baru di blog dan mengusir rasa malas.

Bukan malas karena tidak ingin melanjutkan menjadi blogger, terkadang karena sudah lelah dengan aktivitas sehari-hari, apalagi masih memiliki anak usia dini yang banyak menguras energi. Ketika ada waktu, lebih sering dipakai untuk istirahat. Tapi tidak ada salahnya kok.

Kembali lagi jalankan tips semangat menulis artikel blog, agar blog ini yang sudah dibangun bisa memberikan manfaat pada orang lain. Sekian tips yang bisa aku sharing ya, kira-kira apa lagi cara agar tetap semangat dalam menulis artikel di blog? Coba sharing di kolom komentar ya.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar