mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

5 Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Anak

Konten [Tampil]
5 cara mengatasi bibir kering pada anak

Beberapa hari ini, aku memperhatikan anak yang pertama suka mengelupasi kulit bibirnya. Aku cek ternyata benar saja, bibirnya kering dan pecah-pecah. Langsung, aku meminta si kakak untuk tidak mengelupas kulit bibirnya lagi. Karena, kelamaan bisa berdarah bahkan memperparah bibirnya yang kering. 

Aku kira yang mengalami bibir kering hanya orang dewasa, ternyata anak-anak juga bisa mengalaminya. Apalagi anak-anak terkadang diam atau tidak memahami apa yang dialami pada bibirnya. Jadi, ada rasa tidak nyaman di bibir, secara tidak sadar langsung di kupas kulit keringnya. Sedih melihatnya kalau sudah sampai berdarah. 

Aku langsung mencari tahu bagaimana cara mengatasi bibir kering pada anak. Namun, sebelumnya kita cari tahu penyebab dari bibir kering. Yuk simak penjelasannya lebih lengkap. 

Penyebab Bibir Kering Pada Anak

Bibir kering bisa menjadi tanda masalah kesehatan pada anak. Namun, hal umum disebabkan karena kurang kelembaban dan dehidrasi. Karena pada bibir tidak terdapat kelenjar minyak. Sehingga, rentan mengalami kering dan pecah-pecah. Berikut penyebab bibir kering pada anak yang kerap terjadi. 

  • Dehidrasi, anak kurang cairan atau asupan air putih dalam satu hari kurang
  • Udara kering dan cuaca panas
  • Anak berada di ruangan kering yang ber AC
  • Pola makan anak yang mengandung banyak garam
  • Kekurangan vitamin, dan masih banyak lagi
  • Memiliki kebiasaan menjilat dan menghisap bibir
Penyebab bibir kering

Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Anak

Setelah mengetahui penyebab bibir kering pada anak, yuk simak cara mengatasi bibir kering pada anak dengan nyaman dan aman. 

1. Pastikan Kebutuhan Cairan Anak Tercukupi

Anak yang senang bermain dan aktif banyak melakukan hal, kadang lupa untuk minum air putih. Sebagai ibu pastikan anak untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup. Ingatkan pada anak supaya banyak minum air putih. 

Jika cuaca sedang panas, beri minum air putih dengan suhu yang sejuk. Jangan terlalu dingin ataupun air suhu ruangan, agar anak mau minum air putih. 

2. Konsumsi Buah Setiap Hari

Konsumsi buah setiap hari sangat baik untuk tubuh termasuk anak-anak. Buah memiliki kaya akan vitamin untuk kebutuhan tubuh. Berikan buah yang memiliki banyak kandungan airnya. Misalnya  semangka, jeruk,  melon,  nanas dan lainnya. Konsumsi buah bisa dijadikan sebagai camilan yang menyegarkan dan sehat untuk anak. 

3. Jaga Lingkungan Anak

Cuaca yang tidak menentu, kadang membuat kondisi lingkungan mengalami perubahan secara ekstrim. Seharusnya, sudah memasuki akhir tahun musim penghujan. Namun, banyak daerah yang masih mengalami cuaca panas lalu tiba-tiba hujan lebat. Oleh karena itu, penting menjaga kondisi lingkungan sekitar anak yang nyaman. Tidak terlalu kering atau terlalu lembab. Apabila di rumahnya menggunakan AC, cobalah untuk tidak terlalu lama diruangan berAC. Sesekali ajak anak bermain di luar ruangan. 

4. Berikan Makanan Bergizi

Asupan makanan bergizi penting untuk tubuh, tidak terkecuali untuk anak-anak. Menjaga dan merawat bibir anak agar tetap lembut dan lembab, salah satu kuncinya dengan menjaga asupan makanan dengan yang bergizi. Setiap hari pastikan mendapatkan asupan karbohidrat, protein, sayur dan buah agar tubuh selalu sehat. 

5. Gunakan Pelembab Alami

Ketika anak bibir kering boleh kita berikan pelembab alami sebagai alternatif. Seperti minyak VCO, zaitun ataupun madu. Agar aman jika tertelan oleh anak-anak. 

Rekomendasi Pelembab Bibir Aman Untuk Anak

Setelah mengetahui cara mengatasi bibir kering pada anak, aku sempat terpikirkan bagaimana kalau membeli produk untuk melembabkan bibir anak. Pelembab bibir atau lip balm ternyata terdapat produk khusus anak-anak. Tidak bisa disamakan dengan produk dewasa, karena anak-anak masih memiliki kulit yang sensitif. 

Jadi, aku akan merekomendasikan beberapa produk lip balm untuk anak yang aman. Antara lain :

1. Buds Organics Pukka Pucker Lip Balm

Buds Organics Pukka Pucker Lip Balm
Sumber :foto produk Buds Organics Official Store

Produk dari Buds Organics memiliki kandungan bahan yang alami dan 95% organics. Dapat digunakan untuk kulit yang sensitif. Diklaim bebas dari bahan kimia dan aman digunakan untuk bayi.

Pukka pucker lip balm dari buds organics tidak menggunakan perasa dan pewangi, sehingga aman jika tertelan. Terdapat kandungan lavandula stoechas yang berperan untuk memperkuat kulit bibir bayi dan menutrisi agar lebih sehat dan lembab. Jika ingin memberikan bahan alami dan organik bisa memilih produk ini.


2. Sebamed Baby Lip Balm

Sebamed Lip Balm
Sumber : foto produk Sebamed Official Shop

Bibir bayi perlu tambahan perlindungan yang dapat menyebabkan kulit bibir bayi kering. Sebamed baby lip balm membantu mencegah iritasi dari air liur atau dot. Selain itu, perlindungan kulit bibir bayi yang kering karena berada ruang ber AC. 

Sebamed baby lip balm mengandung kompleks lipid yang tinggi untuk menjaga kelembapan bibir. Kandungan di dalamnya merupakan bahan alami dan aman untuk bayi dan anak-anak. Antara lain, shea butter, candelilla, beeswax, vitamin E dan kandungan aktif dari jojoba oil. Sebames baby lip balm bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan si kecil.


3. Lucas Papaw Ointment Original

Lucas Papaw Ointment Original
Sumber : foto produk di shopee

Lucas Papaw Ointment berbahan alami sehingga aman untuk anak. Berbahan dari buah pepaya (Carica Papaya) yang ditanam di Queensland. Berfungsi untuk melembabkan bibir dan kulit. Produk dari australia dan banyak direkomendasikan oleh artis Hollywood.


4. Beeme Nourishing Balm

Beeme Nourishing Balm
Sumber : foto produk beeme official shop

Beeme Nourishing balm menggunakan bahan organik dan food grade. Jadi aman untuk bayi 0 bulan atau newborn. Komposisinya terdiri dari beeswax (lilin lebah), minyak zaitun, almond oil dan bahan alami lainnya. Balm ini dapat digunakan untuk pelembab kulit, seperti wajah, bibir (sebagai lip balm) dan kulit kering.

Apabila membutuhkan pelembab yang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh, produk ini bisa menjadi pilihan. Karena akan lebih menghemat pengeluaran.


5. Beauty Barn Lip Balm

Beauty Barn Lip Balm
Sumber : foto produk di Shopee

Beauty Barn Lip Balm menggunakan bahan alami, kandungan yang memiliki nutrisi tinggi untuk membantu menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Memiliki kandungan aktif sehingga memaksimalkan hasil bibir yang sehat. Antara lain, avocado oil, shea butter, lavender, dan sweet almond oil. Karena mengandung bahan yang alami,jadi aman digunakan untuk bayi.


Penutup

Itu tadi 5 cara mengatasi bibir kering pada anak beserta dengan rekomendasi produk yang bisa digunakan. Tentunya aman untuk anak karena memiliki kandungan yang alami dan organik. Pastinya sebagai orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Bagaimana apakah ada yang mengalami hal yang sama? Sharing ya di kolom komentar bagaimana cara mengatasinya yang pernah dilakukan.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar