mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Lama Tidak Update Blog? Bisa Jadi Ini Penyebabnya !

Konten [Tampil]
Alasan tidak update blog

Saat memutuskan terjun di dunia blog, memang tidak mudah. Banyak sekali pertimbangan yang perlu diperhatikan. Dimana kondisi saat ini, masih memiliki dua anak yang berumur dibawah lima tahun. Masih membutuhkan bantuan dalam kesehariannya. 

Awalnya memiliki harapan sangat tinggi ketika memutuskan menjadi blogger. Selalu bisa menulis setiap waktu, bisa mengikuti semua event yang ada, ikut lomba yang sedang berlangsung, bahkan membuat artikel secara terus menerus yang bisa memberikan manfaat banyak orang. 

Tapi, kenyataannya bisa update blog satu minggu sekali saja sudah sangat bahagia. Satu artikel saja, saya perlu mempromosikan melalui sosial media berhari-hari. Setelah itu, mulai kesulitan lagi untuk memulai menulis artikel baru. 

Bagi saya, blog sudah menjadi rumah untuk berbagi dan bercerita. Semua pengalaman dan berbagai pendapat yang saya alami, saya bagikan di blog ini. Jadi, kalau jarang di- update seperti rumah kosong tanpa penghuninya.

Banyak alasan yang menyebabkan jarang update dan menulis blog. Semua lebih sering berasal dari diri sendiri. Memang menulis blog sangat membutuhkan niat, waktu dan semangat sendiri. Perlu mengingat awal alasan menulis blog itu apa. Nah, berikut beberapa hal yang mungkin penyebab lama kita tidak update blog.

1. Sibuk

Sebagai Ibu rumah tangga rasanya waktu dalam sehari tidak cukup. Mulai mengurus anak, mempersiapkan semua kebutuhan suami, memasak, mencuci hingga membereskan rumah. Karena kelelahan banyak yang dikerjakan, saat waktu kosong di pakai untuk tidur. Akibatnya menulis artikel untuk blog bisa hanya satu dalam sebulan. 

Terkadang saya heran melihat blogger lain, bisa banyak menulis artikel di tengah aktivitas kesehariannya. Mungkin yang full time menjadi blogger bisa saja. Lebih terkesan dengan yang bekerja kantoran, tetap berkarya membuat tulisan yang sangat keren. 

Maka, jika memang sudah berkomitmen ingin terus menjadi blogger. Mau sibuk bagaimanapun, perlu meluangkan waktu khusus untuk menulis blog. Terkadang di sela kesibukan ada beberapa menit, bisa saya gunakan untuk menulis draft artikel. Kemudian malam hari, saya meluangkan waktu khusus untuk mengedit hingga posting artikel baru. 

2. Malas

Malas menjadi alasan sering yang menyebabkan lama tidak update blog. Malas tidak hanya menyerang pada para blogger, namun sering juga pada semua orang. Malah juga menjadi salah satu sifat yang membuat seseorang tidak mau melakukan sesuatu. Perlu niat dan motivasi agar terhindar dari malas. 

Perlu menanyakan pada diri sendiri, apa akibatnya kalau malas update blog. Blog kita akan bagaikan sarang laba-laba, karena seperti tidak ada penghuninya. Bisa menyebabkan juga sepi job. Kalau mau mendapatkan job perlu menghasilkan karya yang lebih agar klien tertarik dengan kita. Kan sayang banget kalau bermalas-malasan tidak update blog. 

3. Sedang Sakit

Kondisi sakit memang tidak bisa ditebak kapan terjadi. Setiap orang selalu mengharapkan untuk selalu sehat lahir dan batin setiap hari. Namun, kondisi lingkungan, cuaca, pola makan, hingga pola tidur bisa menyebabkan jatuh sakit. Kalau sudah sakit, kadang ingin melakukan aktivitas sehari-hari saja tidak sanggup. Baik sakit ringan ataupun sakit cukup parah, bisa menyebabkan seorang blogger tidak melakukan update blog. 

Nah, kita penting sekali menjaga kesehatan agar tetap sehat, apalagi beberapa waktu lalu terjadi cuaca panas ekstrem. Bisa menyebabkan imunitas menurun. Menjaga pola makan, pola tidur penting sekali, apalagi jangan sampai begadang. Keadaan tubuh sehat sangatlah mahal dan perlu dijaga. Terlebih sebagai seorang emak-emak kan wajib banget selalu kuat dan sehat. Agar anggota keluarga tetap bisa diurus. 

4. Kehabisan Ide Menulis

Sering kali sebagai blogger pemula kebingungan ingin menulis artikel tentang apa. Saat meluangkan waktu di depan laptop untuk menulis malah bingung ingin mengetik apa. Tapi saat lagi beraktivitas tiba-tiba suka ingat, ngin menulis tentang. Duh dasar emak-emak ya kalau sudah sibuk, semuanya ingat. Sebenarnya kurang baik ketika pikiran kemana-mana, kalau kata jaman sekarang harus mindfull. Jadi setiap melakukan aktivitas, misalnya lagi mencuci piring. Kita perlu fokus pada cucian piring, jangan sampai keingat kalau belum jemur baju, menyapu atau mengepel tumpahan air. 

Agar tidak kehabisan ide saat menulis, pastikan saat meluangkan waktu menulis dalam keadaan rileks dan fresh. Terkadang saya lebih merasa senang menulis di waktu sebelum subuh, tapi lebih sering malam hari juga. Pastinya pas anak-anak dalam kondisi tidur, agar tidak terganggu. Selain itu, agar memiliki ide menulis bisa dengan berjalan-jalan, meluangkan waktu untuk me time, hingga hanya sekedar duduk bersantai. 

5.Tidak Ada Perangkat Pendukung

Modal menulis blog tidak hanya punya ide untuk menulis, tapi membutuhkan perangkat pendukung. Cukup sederhana saja perangkat yang bisa digunakan. Sekarang menggunakan handphone dan memiliki koneksi internet yang baik, sudah langsung bisa menulis blog. Pasti saat ini hampir semua orang memiliki handphone. Awalnya, saya mengira untuk menjadi blogger harus menggunakan laptop. Nyatanya, hp smartphone pun sudah bisa membantu menulis blog. 

Sering kali yang menjadi kendala untuk update blog adalah koneksi internet. Walaupun kita sudah memastikan membeli paket internet yang kuotanya banyak dan kecepatan tinggi. Tapi, ada kalanya hal yang tidak bisa diprediksi, koneksi internetnya lambat bahkan mati total. 

Tips Agar Semangat Menulis Blog

Tips semangat menulis blog

Setelah mengetahui nih, alasan yang menyebabkan seorang blogger tidak update blog. Coba sekarang tanya pada diri sendiri, mana yang ada pada diri temen-temen saat ini. Atau bisa jadi semua kondisi lagi dialami teman-teman. Semoga teman blogger disini selalu bisa update blog dengan konsisten. 

Salah satu tips yang bisa saya sharing, agar selalu semangat bisa menulis blog. Teman-teman perlu ingat alasan menulis blog bermula karena apa. Apakah karena hanya coba-coba, ingin menulis blog karena sebagai tempat curhat, atau bisa menghasilkan karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain. 

Sebagian blogger yang sudah memiliki jam terbang tinggi, menjadikan blog sebagai mata pencahariannya. Karena menulis blog kalau ditekuni, dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Tentu, perlu ilmu agar tulisan yang kita buat bisa bernilai. Saya pribadi, awalnya membuat blog karena ingin cerita pengalaman pertama kali merantau di kota batam. Kelamaan, mengenal dunia blog, gabung di komunitas blogger, sampai mendapatkan job pertama di blog membuat saya jatuh cinta menulis. 

Memang masih banyak yang perlu saya pelajari agar memiliki blog yang memiliki nilai, sesuai dengan kaidah SEO yang baik. Insya Allah, seiring berjalannya waktu, selama berniat berbagi dan bercerita dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Oleh karena itu, teman-teman bisa kembali lagi ke blog ini, untuk bisa merasakan manfaatnya. 

"Tetap semangat menebar kebaikan dan manfaat untuk para pembaca"

Sekarang, tidak hanya bercerita pengalaman merantau di batam. Namun, menjadi blog yang bertema lifestyle. Semoga kita bisa terus semangat menulis blog, agar rumah ini selalu terisi dengan baik. 

Penutup

Nah, itulah beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab tidak update blog. Bagian mana yang ada pada diri teman-teman? Tapi apapun itu alasannya, kita harus tetap semangat untuk menulis blog. 

Dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional, jatuh pada tanggal 27 Oktober. Kelompok Emak Blogger mengadakan challenge menulis blog. Challenge blog berlangsung dari tanggal 19 Oktober - 25 oktober 2023, satu hari satu post blog dengan 1000 kata. Pas mengetahui ada challenge seperti ini, membuat saya semangat ingin mengikutinya. Karena perlu dicoba, sebagai blogger pemula seperti saya, menjadi pelajaran penting juga. 

Challenge blog ini setiap harinya akan ditentukan temanya. Jadi, yuk ikutan challenge menulis blog post artikel dalam 1000 kata yang diadakan oleh KEB. 

Ngeblog Asyik Bareng KEB


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

1 komentar

  1. Supaya ga keabisan ide, itulah kenapa aku selalu tulis apapun di notes hp mba. Poin2nya aja, yg penting udah tertulis rapi 😁. Jadi kalo udh mood mau pindahin ke blog, setidaknya ga lupa.

    Aku sendiri paling sering Krn masalah mood. Itu doang sih. Banyakan ke laut moodnya 🤣🤣

    Tapi kalo udh waktunya semangat, duuh bisa lancaaaaar tulisan kayak air 🤭😄.

    Makanya buatku menjaga mood itu penting. Ntah dengan me time sesekali, ntr baru deh ide2 mulai banyak muncul. Ngopi sejenak juga ampuh buatku. Yg paling penting memang, ikutan komunitas biar makin semangat nulis 😁

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.