mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Kulit Wajah Susah Cerah dan Glowing, 5 Kesalahan ini Mungkin Penyebabnya!

Konten [Tampil]
Kulit wajah susah cerah dan glowing

Memiliki kulit wajah cerah dan glowing merupakan impian semua perempuan. Saya pribadi juga memiliki impian kulit wajah yang cerah dan glowing. Namun, memasuki usia menuju kepala 3, baru saya sadari banyak sekali permasalahan kulit wajah yang dialami. Sebagian perempuan pasti pernah mengalaminya.

Saat ini sudah banyak sekali berbagai jenis skincare yang bisa digunakan. Konon katanya jika menggunakan skincare dapat mencerahkan dan membuat kulit wajah glowing. Namun, ada beberapa perempuan yang tidak mendapatkan hasilnya dengan baik. Sebelum mengetahui alasan apa yang membuat kulit wajah tidak susah cerah dan glowing. Yuk kita cari tahu masalah apa saja yang sering terjadi pada kulit wajah para perempuan.

Masalah Kulit yang Sering Terjadi

Permasalahan kulit wajah yang sering dialami pada perempuan sebagian besar tidak berbahaya. Tapi, jika dibiarkan terus menerus akan memengaruhi penampilan. Berikut beberapa macam permasalahan kulit yang sering terjadi.

1. Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum dan sering terjadi pada semua orang. Pada dasarnya jerawat pertama muncul saat seseorang memasuki masa pubertas. Namun, kenyataanya jerawat bisa muncul kapan saja. Adanya perubahan hormon bisa jadi penyebabnya. Di tambah kulit wajah yang tidak bersih, tertumpuk dengan kotoran pada pori-pori menjadi menimbulkan jerawat.

2. Komedo

Komedo memiliki dua jenis yang sering terjadi yaitu blackhead dan whitehead. Blackhead yang artinya komedo hitam, sedangkan whithead artinya komedo putih. Biasanya berupa bintik-bintik yang muncul pada wajah. Bagian yang biasa muncul komedo berada di T-Zone, yaitu hidung, dahi, dan dagu. Komedo terjadi karena pori-pori wajah yang berminyak, tertumpuk kotoran dan kulit mati.

3. Kulit Kusam

Kulit kusam sering dialami oleh seseorang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari, debu dan polusi membuat perubahan pada kulit. Kulit kusam ditadai dengan wajah tampak tidak sehat, lebih gelap, dan tidak bercahaya. 

4. Kulit Berminyak

Permasalahan kulit wajah yang berminyak lebih banyak karena faktor genetik dan hormon. Hormon yang mengatur produksi minyak pada kulit menghasilkan secara berlebih Karena adanya ketidakseimbangan. Bisa juga terjadi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, seperti terlalu banyak makan gorengan bisa membuat kulit berminyak.

5. Kulit Kering

Kulit kering kebalikan dengan kulit berminyak. Kulit wajah yang kering biasanya kurangnya produksi minyak pada wajah. Terjadi karena lapisan kulit wajah yang tidak terhidrasi dengan baik. Ditandai dengan kulit wajah yang mengelupas dan bersisik.

Kesalahan Dalam Merawat Kulit Wajah

Setelah mengetahui masalah kulit wajah yang sering terjadi dialami seorang perempuan. Pasti langsung mencari tahu bagaimana mengatasinya. Namun, perlu diingat untuk melakukan perawatan kulit wajah sesuai kondisi yang terjadi. Setelah melakukan berbagai cara, tetap tidak bisa membuat kulit wajah cerah dan glowing. Mungkin ini kesalahan dalam perawatannya yang menjadi penyebabnya.

Kesalahan dalam perawatan wajah

1. Pemakaian Skincare yang Kurang Tepat

Banyak jenis dan produk dari skincare tidak jarang membuat seseorang bingung. Manakah langkah pemakaian skincare yang tepat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, urutan dari pemakaian skincare itu penting. 

Perlu diketahui dalam penggunaan skincare bisa dilakukan dari kandungan yang paling cair hingga padat. Jika menggunakan sesuai dengan urutan dan secara konsisten, bisa memberikan hasil yang maksimal pada kulit wajah. 

2. Jarang Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar UV matahari setiap hari pada kulit bisa membuat kulit wajah kusam bahkan terlihat hitam. Tidak hanya yang beraktifitas di luar ruangan saja, namun di dalam ruangan sebagai blogger pemula seperti saya juga membutuhkan sunscreen. Jangan sampai jarang bahkan malas menggunakan suncreen walaupun hanya di rumah saja. Kandungan yang ada pada suncreen membantu melindungi kulit wajah dari sinar UV

3. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau proses pengangkatan sel kulit mati perlu dilakukan secara berkala. Bisa menggunakan sabun cuci muka yang memiliki scrub atau menggunakan produk khusus untuk eksfoliasi. Meskipun sudah menggunakan produk skincare sedemikian rupa, namun tidak kunjung medapatkan hasil kulit wajah yang cerah dan glowing. Bisa jadi karena tidak melakukan pembersihan sel kulit mati pada wajah. Perlu dicoba untuk melakukan ini, cukup 2-3 kali saja dalam satu minggu.

4. Pola Tidur Tidak Teratur

Tahukah walaupun sudah melakukan sedemikian rangkain skincare yang banyak dan panjang. Namun, masih sering begadang bisa mempengaruhi pada kesehatan kulit. Pastikan mengatur pola tidur dengan baik, cukupi waktu tidur 6-8 jam dalam sehari. Tidur cukup dapat membantu kulit tampak lebih sehat dan segar.

5. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Sudah memberikan nutrisi pada kulit wajah melalui luar, namun masih suka makan gorengan dan makanan manis secara berlebih. Sebaiknya hal ini perlu di perbaiki. Kurangnya nutrisi dari buah dan sayur bisa menyebabkan kulit wajah terlihat tidak sehat dan kusam. Apa yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Pastikan juga mencukupi asupan air putih setiap hari agar kulit terhidrasi dengan baik. Dengan begitu dapat membantu kulit lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Penutup

Nah, itulah lima kesalahan yang sering terjadi menyebabkan kulit wajah susah cerah dan glowing. Perlu diingat bahwa perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun dari dalam tubuh juga perlu dijaga. Yuk segera perbaiki kesalahan yang kerap dilakukan, agar mendapatkan hasil maksimal sehingga kulit wajah cerah dan glowing.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

1 komentar

  1. Bener mba. Trutama ya kulitku itu sensitif luar biasa. Jadi aku agak susah mau ginta ganti produk. Skr inj aja sedang breakout nih, hara2 kecentilan coba retinol baru 😂😂 dan ternyata ga cocok. Mana kalo breakout bisa lamaaaa balik normal 😔

    Jadi memang bagi yg sensi, jangan deh pake skincare yg ga tepat dan Gonta ganti. Susah sendiri ntr ..

    Skr mau ga mau balik ke skincare yg udh cocok, dan hindari serum atau yg ada kandungan kuat. Sampe kulitku soothing dulu. Jadi cuma facial cleanser, toner dan moisturizer Ama sunscreen.

    Ntr kalo udh normal baru deh pake serum dkk. Tapi nutrisi, tidur cukup itu ttp penting kok.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.