mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

5 Manfaat Pemberian Vitamin A Pada Bayi dan Balita

Konten [Tampil]
Manfaat Vitamin A

Pemberian vitamin A pada bayi dan balita menjadi sebuah agenda rutin yang dijalankan Kementerian Kesehatan RI pada masyarakat. Setiap bulan februari dan agustus menjadi bulan vitamin A. Namun, tahun ini ada penundaan pemberian vitamin A di bulan agustus menjadi bulan oktober. 

Momen pemberian vitamin A menjadi hal yang saya tunggu. Karena bisa mendapatkan vitamin A untuk menambah kebutuhan vitamin pada anak. Untuk mendapatkan vitamin A bisa mendatangi tempat pelayanan kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas, klinik atau praktek dokter swasta. Tidak perlu mengeluarkan biaya mendapatkan vitamin A, karena gratis.

Kebetulan pelayanan posyandu di tempat saya tinggal memiliki jadwal rutin. Minggu lalu, tepat di awal oktober saya mengajak anak-anak untuk datang ke Posyandu. Menjadi hal yang sangat ditunggu, terlebih anak-anak paling senang datang ke Posyandu menjadi kesempatan untuk bermain bersama teman.

Di Posyandu sebelum diberikan vitamin A oleh tenaga kesehatan yang sedang bertugas. Mereka memberikan sedikit penjelasan mengenai manfaat pemberian vitamin A pada bayi dan balita Oleh karena itu, saya merangkum informasi yang diberikan oleh petugas. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Sumber Vitamin A

"Ibu-ibu adakah yang tahu sumber vitamin A ada di makanan apa saja?" Ujar petugas saat sosialisasi di Posyandu.

Saat di Posyandu kemarin, petugas menanyakan pada orang tua apakah sudah pada mengetahui sumber vitamin A itu apa saja. Ternyata sumber vitamin A bukan hanya pada wortel saja loh.

Sumber vitamin A bisa didapatkan dari sumber makanan hewani dan makanan nabati. Salah satu sumber vitamin A terdapat pada makanan hewani yaitu ada di daging sapi, ikan dan hati ayam. Sedangkan, sumber vitamin A pada makanan nabati terdapat pada wortel, ubi jalar, labu, dan lainnya. Selain itu, vitamin A juga terkandung pada buah-buahan. Seperti buah mangga, semangka, pepaya, jambu biji, markisa, dan lainnya.

Wah, ternyata sumber vitamin A banyak sekali terkandung di makanan yang mudah ditemukan untuk dikonsumsi. Tapi kenapa ya, pemerintah memiliki program untuk pemberian vitamin A dua kali dalam setahun. Ternyata berdasarkan penelitian kementrian kesehatan RI lakukan bahwa masih banyak bayi yang terlahir dalam keadaan kekurangan vitamin A. Sehingga perlu mengkonsumsi suplemen tambahan pada bayi dan balita

Manfaat Vitamin A

Vitamin A menjadi zat gizi mikro yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya berfungsi membantu pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan balita. Karena apabila mengalami kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan penglihatan, hingga infeksi lainnya. Maka, memenuhi kebutuhan vitamin A untuk tubuh perlu diberikan sedini mungkin penting dilakukan. 

Nah, berikut pemaparan manfaat vitamin A untuk tubuh, simak yaa.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin A memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi dari infeksi virus. Dengan memenuhi asupan vitamin A yang cukup, dapat membantu anak tidak mudah terserang penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat utama yang banyak diketahuhi oleh kebanyakan orang tua yaitu vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata. Apalagi saat ini, pemaparan gadget pada anak sudah banyak terjadi. Maka, penting untuk memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin A. 

Karena vitamin A memiliki fungsi untuk retina mata beradaptasi dengan perubahan cahaya, membantu menjaga kelembatan mata agar tidak cepat kering, dan lainnya. Kurangnya kebutuhan vitamin A bisa menyebabkani rabun jauh. Maka, perlu diperhatikan asupan gizi zat mikro vitamin A pada anak. 

3. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang

Vitamin A memiliki jenis kandungan retinol yang memiliki fungsi dalam pembentukan organ pada tubuh. Apalagi pada bayi dan balita masih dalam masa pertumbuhan. Maka dengan terpenuhi kandungan vitamin A dapat membantu mengoptimalkan masa pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan balita. 

4. Mencegah Gizi Buruk

Vitamin A merupakan nutrisi esensial untuk bayi

dan balita. Kurangnya vitamin A akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangannya. 

5. Mendukung Kesehatan Tulang

Pertumbuhan tulang bukan hanya karena kalsium dan vitamin D, Namun vitamin A juga memiliki peran dalam pertumbuhan tulang. Dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin A yang cukup, akan memiliki tulang yang sehat.

Dosis Pemberian Vitamin A

Program yang dibuat oleh pemerintah memberikan kapsul suplemen vitamin A dua kali dalam setahun. Target diberikan pada anak usia 6- 59 bulan. Dosis vitamin yang diberikan memiliki dosis tinggi. Ada 2 jenis kapsul yang diberikan sesuai usia. Pertama, kapsul berwarna biru diperuntukan bayi usia 6 bulan sampai 11 bulan. Kapsul biru memiliki kandungan retinol sebesar 100.000 IU. Kedua, kapsul berwarna merah untuk anak usia 12 bulan hingga 59 bulan. Kandungan retinol pada kapsul merah lebih besar yaitu 200.000 IU. 

Pemberian vitamin a di posyandu

Pentingnya Vitamin A

Mungkin masih banyak yang bertanya kenapa sih perlu mengkonsumsi suplemen tambahan vitamin A pada bayi dan balita. Sedangkan, sumber vitamin A dapat ditemukan pada makanan yang dikonsumsi. Karena vitamin A merupakan zat gizi mikro yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Selain itu, vitamin A menjadi zat yang mudah larut pada lemak dan dapat disimpan pada hati. Namun, vitamin A tidak dapat diproduksi pada tubuh. Sehingga, penting sekali untuk terpenuhi dari luar tubuh. 

Penutup

Menjaga kesehatan bayi dan balita sangat penting dilakukan oleh para orang tua. Salah satunya bisa dengan rutin mendatangi fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah seperti posyandu. Dengan memberikan vitamin A secara rutin dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anak lebih baik.

Membicarakan kesehatan anak memang sangat banyak hal yang perlu dilakukan oleh orang tua. Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan dengan memberikan hak anak berupa imunisasi. Untuk mengetahui pentingnya hak anak dalam imunisasi, bisa membaca rangkuman di blogger parenting, shafira adlina. Terdapat penjelasan mengenai hak anak dengan mengikuti program pemerintah pada pekan imunisasi dunia.

Semoga anak - anak kita selalu dalam keadaan yang sehat ya. Serta selama masa pertumbuhan dan perkembanganya dapat berjalan secara optimal dan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar