mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Tips Naik Pesawat Bersama Batita dan Bayi (umur 4 bulan)

Konten [Tampil]

 


Akhir bulan februari 2023 kemarin, saya mendapatkan izin untuk pulang kota (kota tangerang rumah mertua) duluan bersama anak-anak. Karena di waktu lebaran 2023 suami belum mendapatkan cuti lebih banyak, hanya libur cuti bersama saja. Kebetulan saat itu sedang ada mertua di rumah, jadi ikut pulang kota bareng mertua. 

Perasaan pertama akan membawa anak-anak naik pesawat campur aduk. Senang karena sudah banyak list ingin pergi kemana saja untuk silaturahmi dengan sanak saudara dan beberapa teman. Sebelum mengahadapi perjalanan bersama anak-anak, hal yang perlu dilakukan yaitu mempersiapkan semuanya. Agar dalam perjalanan anak-anak tetap nyaman dan tenang. 

Berikut tips yang bisa aku sharing, beberapa hal yang aku lakukan untuk mempersiapkan perjalanan membawa anak batita (bayi dibawah tiga tahun) dan bayi. 

#1. Pesan Tiket Pesawat Sesuai Jadwal Tidur Anak

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh terutama menggunakan pesawat, perlu merencanakan jadwal keberangkatan yang akan di pilih. Tentunya perlu pesan tiket pesawat jauh hari sebelumnya. Pengalaman saya karena akan membawa dua anak, yaitu satu batita dan satu bayi. Saya memilih penerbangan siang hari ketika jadwal tidur siang anak. Agar selama perjalanan di pesawat anak mengantuk dan bisa tidur. Terlebih perjalanan yang akan di tempuh kurang lebih selama 2 jam. Apabila bukan saat jadwal tidur anak kemungkinan kita perlu memberikan aktivitas selama perjalanan di pesawat agar tidak bosan. 

Saat ini untuk pemesanan tiket pesawat bisa sangat mudah untuk di pesan. Karena dengan internet bisa memesan tiket pesawat dengan mudah dan cepat. Pemesanan tiket pesawat bisa disesuaikan dengan jadwal yang diinginkan untuk di pilih dalam perjalanan. Internet provider yang saya gunakan yaitu IndiHome. IndiHome menjadi pilihan terbaik. Jangkauan yang luas membantu menjelajahi internet cepat dan mudah. 

#2. Memilih Maskapai Penerbangan yang Nyaman dan Sesuai Budget

Melakukan perjalanan menggunakan pesawat hal lain yang penting yaitu menentukan makapai penerbangan yang akan digunakan. Kenapa jenis maskapai penerbangan penting untuk di pilih juga? Karena perlu memilih layanan yang di sediakan. Setiap. Maskapai memiliki layanan yang fasilitasnya berbeda. Ada maskapai yang menyediakan makanan atau camilan dalam perjalanan. Hal itu bisa menjadi pilihan karena bisa untuk anak-anak. Selain itu, karena layanan fasilitas yang ditawarkan berbeda pasti ada perbedaan harga tiket. Maka, bisa kita pilih di sesuaikan dengan budget yang kita miliki. 

#3. Barang Bawaan Selama di Pesawat

Menyiapkan barang bawaan saat di pesawat tidak kalah penting. Apa lagi membawa anak batita dan bayi di pesawat. Persiapan untuk anak batita, bisa menyiapkan beberapa barang seperti : pakaian ganti, camilan untuk anak, beberapa mainan kesukaan anak, permen atau susu yang akan diberikan saat landing atau takeoff nanti di pesawat. 

Barang yang perlu di persiapkan untuk keperluan bayi (umur 4 bulan) cukup lebih banyak dibandingkan anak batita, terlebih untuk anak bayi yang masih menyusu ASI. Barang yang perlu di persiapkan yaitu popok sekali pakai, tisu kering, tisu basah, pakaian ganti, apron / kain untuk menutup ketika menyusu, mainan untuk anak dan selimut atau alas untuk tidur. 

Sebenarnya barang-barang yang di perlukan selama di pesawat bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan anak-anak. Terlebih untuk bayi yang umurnya masih di bawah 6 bulan masih mudah untuk dibawa dalam perjalanan, karena jam tidur untuk para bayi masih panjang. Sehingga kemungkinan rewel selama perjalanan lebih sedikit. 

#4. Datang Lebih Awal dari Jadwal Penerbangan

Perjalanan menggunakan pesawat yang akan memakan waktu lama perlu persiapan yang panjang terlebih membawa anak batita dan bayi. Karena sebelum keberangkatan perlu melakukan check in dan laporan kepada petugas apabula membawa anak di bawah 2 tahun. Akan memelukan waktu yang lama untuk mengantri dan laporan kepada petugas sehingga lebih baik tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan jadwal pesawat. 

Saat ini sebenarnya sudah bisa melakukan check in secara online. Namun, beberapa maskapai tidak menyediakan check in online apabila membawa bayi di bawah 2 tahun. Sebelumnya, suami sering bercerita kalau melakukan penerbangan dengan pesawat sudah sangat mudah. Karena tidak perlu merasa terburu-buru dan repot untuk check in. Dari rumah suami bisa melakukan check in online menggunakan internet. Terlebih internet provider yang kami gunakan yaitu IndiHome. IndiHome merukapan salah satu layanan yang diberikan oleh PT Telkom Indonesia. IndiHome merupakan solusi internet cepat, berkelas dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas. Telkom Indonesia memberikan layanan internet hingga pelosok negeri. 

#5. Persiapan Anak untuk Selama Takeoff dan Landing

Waktu krusial ketika penerbangan yaitu takeoff dan landing. Mengapa? Karena saat itu pesawat dalam kecepatan tinggi untuk terbang dan untuk mendarat. Selain itu tekanan di kabin pesawat sedang dalam adabtasi karena adanya perubahan ketinggian pesawat. Hal tersebut sangat penting untuk anak-anak. Ketika perubahan ketinggian biasanya telinga terasa berdenging, agar mudah normal kembali pendengarannya kita hanya perlu menelan ludah di tenggorokan. Namun, untuk anak-anak dan bayi mereka belum paham apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, kita bisa memberikan anak minum/ makanan ketika landing dan takeoff. Terutama untuk bayi yang masih umur 4 bulan kita perlu menyusuinya. 

Penutup

Sekian beberapa sharing pengalaman untuk tips naik pesawat membawa anak. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi dengan anak-anak dan kebiasaan anak. Namun secara garis besar bisa dilakukan. Semoga bermanfaat ya. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar