mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Tips Mengelola THR Anti Boros

Konten [Tampil]


Mendekati Hari Raya Idul Fitri ada satu momen yang tidak kalah ditunggu-tunggu untuk sebagian orang terutama untuk yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Turunnya uang tunjangan hari raya atau biasa disebut THR. Secara umum jumlah THR yang diberikan satu kali gaji pokok, jumlah ini sangat berarti dan bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Terkadang karena banyak kebutuhan yang diperlukan menuju hari raya, seperti membeli baju baru, membeli makanan untuk persiapan hari raya, hingga membeli kado untuk orang-orang terdekat. THR jadi terasa hanya numpang lewat saja. Agar bisa mendapatkan manfaat yang berarti dari THR, perlu pengelolaan yang baik. Apakah sudah punya rencana mau digunakan untuk apa THR nanti? Yuk simak penjelasan berikut tentang THR. 

Manfaatkan THR untuk Jangka Panjang

Mendapatkan uang THR jangan sampai kita boros memenuhi keinginan saja tanpa ada rencana penggunaan uang THR. Hal yang perlu dipersiapkan bahwa kita bisa gunakan THR untuk tabungan dan dana darurat. Lebih baik mengalokasikan lebih awal untuk tabungan. Dengan menabung menjadi bermanfaat yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Menabung bisa dengan cara membuat buku rekening khusus yang terpisah. Selain itu kita bisa meminta pada pihak bank untuk membuat mobile banking agar dengan mudah cek dan transaksi rekening tabungan. Adanya internet cepat membantu akses aplikasi mobile banking dengan cepat. 

Selain memanfaatkan THR dengan baik untuk tabungan, kita juga perlu mempersiapkan agar tidak boros menggunakan uang THR, berikut tips anti boros mengelola uang THR. 


1. Rancang Alokasi Dana dengan Baik

Pengelolaan uang itu lebih baik dengan rencana sebelumnya karena kalau tidak kita akan banyak tergoda untuk berbelanja. Rancang alokasi dana THR dengan baik berguna disesuaikan dengan dana yang ada. Pastikan juga kita bisa membuat rancangan yang realistis dan sesuai dengan kemampuan. 

Ketika merancang alokasi dana pengeluaran selama bulan ramadhan perlu menggunakan skala prioritas. Mulai dari pengeluaran yang penting dan urgent hingga hanya keinginan saja. Karena kita perlu mengutamakan kebutuhan dan kepentingan dibandingkan hanya ingin memenuhi keinginan semata. 

2. Pastikan Membayar Hutang

Hal yang perlu dipertimbangkan jika mendapatkan THR bisa lebih diutamakan untuk menyelesaikan hutang terlebih dahulu. Apabila memiliki hutang lebih baik kita catat jumlah yang perlu dilunasi dulu atau kita perlu membuat skala prioritas untuk membayarnya. Skala prioritas dapat dibuat berdasarkan tenggang waktu pembayaran dan jumlah hutang yang dimiliki. 

3. Membayar Zakat

Zakat adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim jika telah sampai pada syarat yang sudah ditentukan. Zakat menjadi hal yang wajib dikerjakan oleh umat muslim saat menjelang hari raya idul fitri. Untuk membayar zakat bisa menggunakan dari THR yang didapat juga. Sehingga kita tinggal menyisihkan jumlah zakat yang wajib dikeluarkan. 

4. Melakukan Sedekah

Bulan ramadhan ini banyak orang berlomba-lomba melakukan kebaikan agar mendapatkan pahala lebih banyak. Salah satunya berbagi antara sesama bisa dengan bersedekah. Saat ini kita bisa bersedekah menggunakan internet cepat sehingga bisa langsung akses dengan mudah. Melalui internet banyak lembaga yang menawarkan untuk bersedekah secara online. Jadi tidak perlu ragu untuk bersedekah bisa dilakukan dimana saja. Dengan kita bersedekah akan mendapatkan keberkahan dari bulan ramadhan. 

5. Tahan diri untuk belanja

Selama bulan ramadhan apalagi menjelang hari raya idul fitri banyak sekali bermunculan diskon dari toko offline ataupun online seperti marketplace. Akan banyak godaan diskon besar pastinya. Apalagi jika kita menggunakan IndiHome dari PT Telkom Indonesia yang memberikan layanan internet cepat membantu kita untuk berselancar menggunakan internet dengan cepat. IndiHome menjadi internet provider yang terbaik untuk digunakan dalam aktivitas digital. Selain itu kita mudah mendapatkan informasi dan terlebih diskon promo dari marketplace

Sebenarnya tidak ada salahnya kita membelanjakan uang THR yang memenuhi kebutuhan kita. Tapi jangan sampai kita keasyikan dan berlarut digunakan belanja hingga uang nya habis. Jangan sampai kita boros membeli hal yang sebenarnya tidak urgent dan penting digunakan saat ini, tapi karena tergiur diskon besar kita sampai membelinya. Menjadi hal yang penting untuk kita belajar menahan hawa nafsu belanja. Maka pentingnya kita membagi skala prioritas saat berbelanja. 

6. Pentingnya Realita

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen penting untuk bertemu dengan keluarga besar. Terlebih yang memiliki keterbatasan karena jarak jauh sehingga hanya memiliki kesempatan satu kali dalam setahun untuk bertemu. Terkadang karena sudah lama tidak ketemu kita ingin membawa oleh-oleh atau sekedar hadiah pada orangtua dan saudara. Tidak ada salahnya memang membuat senang dan bahagia keluarga besar dengan memberikan hadiah. Tapi tidak kalah penting juga kita perlu mempertimbangkan sesuai dengan realita kondisi keuangan. Jangan sampai kita memaksa kan diri ingin membahagiakan keluarga namun tidak memikirkan kondisi keuangan yang ada hingga berlebihan dan sampai menghabiskan THR. 

Penutup

Mendekati Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang sangat spesial untuk ditunggu. Menjelang hari raya untuk para pekerja di sebuah perusahaan pasti telah menunggu turunnya uang THR. Karena THR sangat membantu untuk menambah kebutuhan selama bulan Ramadhan dan hari raya. Internet cepat membantu akses mencari hal yang dibutuhkan untuk memenuhi bulan ramadhan dan hari raya. 

Hal penting untuk diingatkan diri sendiri bahwa tetap membuat skala prioritas dan realita sesuai dengan kemampuan keuangan sendiri. Tanpa perlu memaksakan diri dan tergiur dengan godaan diskon yang hadir untuk menyambut hari raya. Tentu dengan internet cepat kita bisa menggunakan uang THR untuk digunakan yang bermanfaat, yaitu salah satunya membayarkan zakat dan sedekah bisa menggunakan secara online. Zakat dan sedekah bisa kita memanfaatkan lembaga yang menyediakan pembayaran secara online sehingga dengan mudah aksesnya. Semoga kita bisa mendapatkan keberkahan dan pahala menjalani ibadah di bulan ramadhan hingga menyambut hari raya idul fitri yang menjadi hari kemenangan. Semoga artikel memberikan manfaat dan saling mengingatkan dalam kebaikan. 



Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

11 komentar

  1. Kalau gak diatur memang berasa cepat banget abisnya, ya. Tau-tau THR udah gak ada sisanya hehehe. Sebisa mungkin juga saya tetap menahan diri untuk gak konsumtif. Syukur-syukur bisa nabung dari THR

    BalasHapus
  2. Semakin mendekati Lebaran, suka banyak banget keperluan ya, kak..
    Diluar dari keperluan mendasar, apalagi pas mudik. Jadi kudu kelola keuangan secara cerdas, gak konsumtif.
    Tapi dengan adanya THR, setidaknya jadi bisa bernapas lebih lega.

    BalasHapus
  3. Setuju banget, THR kalau nggak dikelola dengan baik malah kepake untuk hal-hal yang kurang penting. Biasanya kalau aku sih begitu dapat THR langsung sisihkan untuk sedekah dan bayar hutang (kalau ada) dan sisanya ditabung. Kadang ada sebagian yang aku pakai untuk beli barang wishlist.

    BalasHapus
  4. Aku udah ga dapat THR, hehe tapi ingat dulu waktu kerja selalu alokasikan untuk bayar pengeluaran tahunan seperti pajak kendaraan dan zakat. Pokoknya harus disisihkan, jangan langsung dihabiskan buat lebaran.

    BalasHapus
  5. I totally agree with you! It can be tempting to blow all your cash on random stuff, but it's much smarter to hold onto it and use it for something that you really value.

    - Miss Tya

    BalasHapus
  6. No 6 itu penting banget. Walau mau menyenangkan keluarga, tapi tetap harus realistis juga dan ada prioritasnya. Misalnya utamakan untuk orangtua dan keluarga inti (anak/suami/istri), yang lain-lain ya tergantung budget/kemampuan. Apalagi kalau untuk orang selain keluarga. Karena musim lagi kirim2an hampers, kadang ada yang memaksakan diri ngasi sana sini.

    BalasHapus
  7. Dapat THr nya dari ngeblog diriku mbaaa gak dapet THR dari suami wkwkwkw tapi tetep bersyukur bismillah

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah THR masih nyisa. Banyak pengeluaran yang bisa direm, karena nggak liburan ke tempat wisata wkwk. Beli baju juga nggak banyak.

    BalasHapus
  9. Jadi inget zaman hampers meraja lela jadi ksh hadiah2 juga ke saudara dan kenalan. Enggak kerasa krn banyak jd habis jutaan. Wkkkka. Kalau skrg sdh lebih realistis. Sesekali sih boleh aja ya

    BalasHapus
  10. Thanks mbak sudah mengingatkan, emang bener banget harus membuat skala prioritas supaya gak besar pasak daripada tiang..

    BalasHapus
  11. Menahan belanja ini salah satu hal paling sulit untuk dilakukan. Apalagi belanja makanan, sangaaat tidak bisa terhindarkan untuk diriku yg hobi jajan. Huhu.

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.