mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Kegiatan Puasa Selama Bulan Ramadhan yang Bermanfaat

Konten [Tampil]


Selama bulan Ramadhan untuk seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Kebanyakan orang kangen dengan momen yang dilakukan di bulan puasa. Beberapa aktivitas lebih menyenangkan dilakukan hanya di bulan puasa. Banyak kegiatan yang bisa di lakukan bersama anak selama bulan puasa. Kegiatan yang dilakukan bisa bermanfaat, bisa mendapatkan pahala dan pastinya menyenangkan untuk anak. 

Kegiatan selama bulan puasa bisa dilakukan dengan offline ataupun online. Untuk kegiatan secara online dapat mudah dilakukan karena hadirnya internet provider. Sehingga segala kebutuhan yang diinginkan bisa terpenuhi dengan baik. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

1. Tadarus Online

Tadarus merupakan kegiatan mengkaji dan mempelajari Al Quran secara bersamaan. Kegiatan tadarus bisa diartikan kegiatan ada yang membaca Al Quran dan ada yang menyimak secara bergantian. Saat ini sudah banyak komunitas yang mengajak dan mengadakan tadarus bersama secara online. Biasa dilakukan dengan video call secara bersama-sama. 

Kegiatan tadarus online yang dilakukan selama bulan Ramadhan biasanya memiliki target tertentu untuk menyelesaikan membaca Al Quran, seperti satu hari satu juz. Membaca Al Quran dilakukan secara bergantian agar dapat diselesaikan lebih cepat. Agar kegiatan tadarus online bisa lancar dan mudah maka hadirnya internet provider sangat penting. Salah satu internet provider yang terbaik yaitu IndiHome. IndiHome hadir dan menyediakan layanan internet berasal dari Telkom Indonesia. 

Semua kegiatan yang dilakukan selama bulan puasa akan mendapatkan pahala dan berlipat ganda. Melakukan tadarus online mendatangkan manfaat lebih ketika menjalankannya yaitu dapat memperbaiki cara membaca Al Quran menjadi lebih baik, mendapatkan pemahaman dan ilmu lebih dari sebelumnya dan mendapatkan ketenangan ketika membaca Al Quran. 

2. Kajian Online

Saat ini sudah banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Bisa kegiatan secara live ataupun rekaman. Salah satunya kita bisa menonton kajian dakwah islam secara online. Banyak sekali saat ini kajian yang dilakukan secara online oleh banyak ulama. Dengan bantuan internet provider yang tersedia dari IndiHome memudahkan untuk mengaksesnya. 

Kegiatan mendengarkan dan menonton kajian online tetap diperbolehkan selama mendatangkan manfaat yang baik dan menambah wawasan islami yang baik untuk kita. Selain itu menonton kajian online tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan kajian offline. Jadi tidak perlu khawatir apabila belum ada kesempatan untuk datang ke kajian secara langsung, bisa menjadi alternatif untuk tetap mendapatkan wawasan dengan menonton kajian secara online

3. Silaturahmi Sahabat dan Keluarga

Ketika bulan puasa tiba bisa menjadi waktu yang tepat untuk mendatangi ke rumah sahabat ataupun keluarga agar mempererat silaturahmi. Menjalankan silaturahmi dapat mendatangkan kebahagiaan dan rezeki lebih untuk diri sendiri. Namun di era teknologi saat ini, bersilaturahmi bisa dilakukan dengan mudah. Ketika terdapat keterbatasan waktu dan jarak yang berjauhan bisa melakukan silaturahmi secara online. Kita bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia saat ini, seperti panggilan telepon, pesan singkat, hingga menggunakan video call


4. Ngabuburit Bersama Keluarga

Kegiatan spesial dan hanya bisa dilakukan di bulan puasa yaitu Ngabuburit. Ngabuburit adalah melakukan beberapa kegiatan untuk menunggu waktu adzan maghrib untuk berbuka puasa. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang indonesia. Beragam kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit. 

Salah satu pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga bisa dengan menonton film pilihan seperti si unyil. Internet provider yang menyediakan juga TV langganan seperti IndiHome akan menghadirkan film pilihan terbaik selama bulan puasa. Si unyil salah satu serial TV yang memiliki konten edukasi dan pengalaman untuk anak-anak. Karena serial TV si unyil dapat ditonton oleh segala usia sehingga dapat dinikmati bersama keluarga. Di dalam film si unyil terdapat karakter yang mengekspresikan wajah orang indonesia yang berbentuk boneka wayang. Setiap episode film si unyil dihadirkan secara sederhana dan dapat dipahami oleh masyarakat luas. Serial TV si unyil bisa menjadi pilihan terbaik yang memberikan manfaat untuk melakukan ngabuburit selama bulan puasa. 

5. Buka Puasa Bersama

Puasa di bulan Ramadhan kurang lengkap apabila kita belum melakukan buka puasa secara bersama-sama. Untuk buka puasa bersama bisa dilakukan dengan orang terkasih, sahabat, keluarga hingga teman yang sudah lama tidak bertemu. Buka puasa bersama menjadi agenda yang tidak boleh tertinggal ketika di bulan Ramadhan. Lokasi untuk melakukan buka puasa bisa dilakukan dimana saja, seperti restoran, mall ataupun di rumah salah satu kerabat. Akan terasa lebih menyenangkan dan memberikan manfaat untuk mempererat persaudaraan antara sesama. 

Penutup

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu karena menjalankan ibadah yang hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun. Untuk mengisi waktu selama bulan puasa bisa dilakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat. Ngabuburit menjadi salah satu kegiatan spesial yang hanya bisa dilakukan di bulan puasa. Semua kegiatan yang dilakukan akan mudah dan cepat dengan dukungan internet provider yang terpercaya. IndiHome menjadi salah satu internet provider yang dapat membantu memenuhi kebutuhan terbaik. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

12 komentar

  1. Indihome penting banget nih terutama saat ngabuburit. Buat saya, bisa streaming online berbagai macam film dan drakor untuk mempercepat waktu.

    BalasHapus
  2. Selalu bersyukur masih bisa bertemu bulan Ramadan, tapi dari tahun ke tahun merasa ibadah masih kurang maksimal, banyak interupsinya terutama jelang hari-hari terakhir sibuk urusan persiapan mau mudik. Insya Allah selalu berusaha lebih baik.

    BalasHapus
  3. Satu lagi kalau saya yaitu ditambah melakukan hobi, yang juga sangat bermanfaat dan bernilai ibadah karena niatnya emang untuk kebaikan juga
    Memang hobi ini relatif ya. Tapi bagi saya daripada buka puasa bersama kayanya mending pilih melakukan aktivitas yang disukai saja, hehehe

    BalasHapus
  4. Memang saat Ramadan, kita harus berusaha menyibukkan diri dg aktivitas apa pun, agar pikiran tidak selalu fokus pada rasa lapar yang dirasakan. Hehehe..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya kalau kita bisa mengisi puasa dengan kegiatan positif dan bermanfaatm

    BalasHapus
  6. MashaAllah ya..
    Kemajuan teknologi menggunakan internet cepat dan stabil bisa membuat kegiatan selama bulan Ramadan terasa lebih nikmat, bermakna dan in syaa Allah mendapat pahala.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  7. Saya belum nyobain nih tadarus online. Baru tadarus biasa aja. Yang lainnya memang sudah saya lakukan sih. Anakku paling sukanya ngabuburit, beli takjil buat buka puasa

    BalasHapus
  8. Ceramah online sekarang lancar ya berkat bantuan IndiHome, masyaallahu. Begitu pula dengan tadarus online, lantunan ayatpun bisa jelas terdengar.

    BalasHapus
  9. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan ini ya mbak
    Semakin semangat mengisi Ramadan dengan kegiatan bermanfaat sambil berburu pahala

    BalasHapus
  10. Saat ini sudah banyak dimudahkan dengan adanya internet, ikut kajian pun bisa melalui internet, perlu banget nih internet yang andal, untung ada IndiHome ya

    BalasHapus
  11. Canggihnya teknologi bisa membuat tadarus online ya mba. Ngga usah keluar rumah juga

    BalasHapus
  12. Wah seru juga ya ternyata banyak yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu selama bulan puasa dan pastinya semuanya bermanfaat

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.