mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Semakin Mudah Belanja dengan QRIS dan SooltanPay

Konten [Tampil]

                              Sumber gambar : Canva

Berbelanja merupakan aktifitas yang pasti saya lakukan setiap hari. Mulai dari belanja kebutuhan bulanan sampai belanja harian yang sekedar jajan. Sewaktu ketika saya sedang belanja bulanan di sebuah supermarket. Supermarket tersebut cukup ramai dengan berbagai pembeli, dari yang belanjanya sedikit sampai banyak sekali. Hal tersebut menyebabkan antrian yang cukup panjang di kasir. Ketika itu, banyak pembeli yang membayar langsung dengan uang cash, membuat pelayanan dari kasir menjadi lama karena perlu menghitung uang. 

Saat giliran saya tiba di kasir, petugas di kasir menghitung semua belanjaan saya. Sembari melihat belanjaan yang saya ambil, untuk menunggu total belanjaan saya pun menyiapkan uang cash untuk membayarnya. Total belanjaan saya saat itu 185,700, kemudian saya langsung memberikan uang 200,000 dengan pecahan 2 lembar Seratus ribu. Tapi saat itu petugas berkata bahwa tidak ada kembalian untuk 300 peraknya, dia menanyakan ke saya apakah ada uang recehnya? Atau uang pas. Saya saat itu tidak membawa uang receh. Akhirnya petugas kasir mencari tukeran uang untuk kembalian, hal itu membuat saya menunggu lama dan menambah antrian yang panjang di belakang saya. 

Pengalaman itu membuat saya lelah menunggu, karena petugas tidak ada untuk uang kembalian. Hal itu membuat saya mencoba pembayaran secara non tunai atau digital payment. 

Sekarang pembayaran non tunai sudah berjamur di Indonesia, apa lagi semenjak Pandemic Covid 19 pembayaran non tunai lebih di utamakan karena menjaga kontak fisik antara orang lain. Pembayaran digital bisa di lakukan dimana saja, mulai dari toko kecil yang berada di warung, ruko, kafe, pusat berbelanja, restoran sampai pertokoan di Mall. Pembayaran secara digital atau digital payment saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari penggunaan debit / kredit, e-money, sampai sekarang berjamur pembayaran penggunaan e-wallet. 

Menurut laman di katadata.com, Pembayaran dengan kartu debit merupakan pembayaran non tunai yang di terbitkan oleh suatu bank dan mengacu kepada saldo rekening tersebut, dimiliki oleh perorangan. Penggunaan kartu debit dilakukan untuk pembayaran sebuah transaksi yang mengacu pada penarikan dana dari saldo rekening dengan menggunakan PIN. Kartu kredit merupakan pembayaran non tunai yang mudah digunakan oleh pengguna memanfaatkan rekening dari sebuah Bank dengan limit dan jangka waktu tertentu. 

Saat ini, untuk pembayaran non tunai mulai trend dikalangan masyarakat dengan e-money sekitar tahun 2021, dan berkembang munculnya e-wallet. 

            Sumber gambar : paxels.com dan telah di edit


Apa Perbedaan E-Money dan E- Wallet? 

E-Money (Electronic money atau uang digital) adalah mata uang yang disimpan secara digital dalam media elektronik yang digunakan untuk pembayaran secara non tunai, penjelasan dari wikipedia. Pembayaran dengan menggunakan e-money memiliki banyak keuntungan yaitu mudah dibawa kemana saja, karena tidak perlu membawa banyak uang cash ketika ingin berbelanja. E-money tidak membutuhkan sebuah PIN, ketika melakukan transaksi pembayaran hanya perlu tap atau menempelkan kartu ke mesin pembaca yang terhubung dengan internet. Kelemahannya apabila kita kehilangan kartu tersebut, maka kita juga akan kehilangan saldo uang yang tersimpan. Karena kartu tersebut bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu tahu siapa pemiliknya. 

E-wallet atau dompet digital adalah sebuah aplikasi elektronik yang digunakan untuk melakukan pembayaran digital dengan menggunakan sebuah smartphone. Di era digital saat ini, banyak sebagian orang lebih memilih tidak membawa dompet dibandingkan tidak membawa smartphone. Sekarang, semua bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone, semua akses yang dilakukan hanya memerlukan klik di smartphone masing-masing. 

                         Sumber gambar: Paxels.com

Penggunaan e-wallet semakin menjamur saat ini, banyak sekali jenis e-wallet yang ada di Indonesia. Kelebihan penggunaan e-wallet yaitu mudah dibawa karena tidak perlu repot membawa uang secara cash, aman digunakan karena saat transaksi tetap membutuhkan PIN, terdapat riwayat transaksi yang dilakukan sehingga bisa melacak history yang pernah dilakukan dan banyak promo yang di tawarkan oleh sejumlah perusahaan e-wallet di Indonesia. 

Konsep pembayaran digital pada e-wallet yaitu mengirim dana digital ke nomor e-wallet milik penjual atau dengan menscan kode QRIS (barcode) yang dimiliki oleh penjual.

QRIS itu Apa? 

                             sumber gambar : canva

QRIS merupakan singkan dari Quick Response Code Indonesia Standard. Secara pengertian dari laman wikipedia, QRIS adalah standard kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem pembayaran indonesia yang bertujuan untuk mengintergasikan seluruh metode pembayaran non tunai di Indonesia. 

QRIS terdiri dari berbagai kode atau barcode yang di buat untuk melakukan sistem pembayaran secara digital. Saat ini sudah banyak sekali setiap transaksi jual beli dengan menggunakan QRIS. Mulai dari toko kecil sampai di restauran sudah menggunakan QRIS untuk pembayarannya. Karena itu, QRIS dapat menerima pembayaran dimana saja. 

SooltanPay

SooltanPay merupakan aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  Indonesia yang memiliki fitur utama pembayaran QRIS.  SooltanPay merupakan perusahaan yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia tbk (Persero). SooltanPay berusaha memberikan pelayanan yang maksimal untuk UMKM Indonesia, maka sooltanPay hadir dengan berbagai fitur yang membantu pengelolaan bisnis jadi lebih mudah. Fitur yang dimiliki yaitu Pembayaran QRIS gratis yang sudah terintergrasi dengan Bank Indonesia, TopUp & tagihan untuk tambahan penghasilan dan fitur untuk pencatatan keuangan. 

Pembayaran QRIS dengan SooltanPay

Di era digitalisasi saat ini, hampir semua pembayaran ataupun traksaksi jual beli menggunakan secara non tunai atau pembayaran digital. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, pesat, dan memudahkan untuk para penggunanya. Keuntungan transaksi sangat dirasakan selaku penjual ataupun pembeli. Apa aja keuntungan daei pembayaran digital, berikut penjelasannya. 

1. Lebih Mudah dan Cepat

Pembayaran digital dengan menggunakan QRIS sangatlah mudah, hanya memerlukan sebuah smartphone untuk menscan kode dari QRIS kemudian klik maka pembayaran pun sudah di proses. Cepat proses pembayaran non tunai yang dilakukan, tidak perlu lama mengantri juga. 

2. Aman

Pembayaran dengan QRIS terjamin keamanannya dan dapat terhindar dari kejahatan kriminal. Saat proses pembayaran digital dilakukan tetap memerlukan PIN untuk keamanan saldo yang dimiliki. Terjamin terhindar dari kejahatan karena tidak perlu repot membawa uang cash. QRIS merupakan pembayaran non tunai yang resmi di keluarkan oleh BI. 

3. Digunakan dimana saja

Pembayaran non tunai yang digunakan dengan QRIS tidak perlu khawatir, karena dapat melakukan transaksi walaupun tidak tersambung dengan internet. Selama memiliki saldo pada e-wallet. Pilihan penggunaanya pun bisa disesuaikan dengan yang kita miliki. Karena QRIS dapat menerima pembayaran dimana saja dan dari mana saja. 

Cara Buat QRIS di SooltanPay

Untuk memulai menggunakan QRIS di sooltanPay, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mendownload aplikasi sooltanpay. Aplikasi sooltanpay dapat di download melalui Google Play bagi pengguna android dan IOS/Apple untuk pengguna Iphone

Apabila sudah berhasil download aplikasi SooltanPay, kemudian lakukan registrasi data diri untuk pembuatan akun. 

Langkah pertama, 

Masukan data diri berupa nama lengkap, nomor hp, dan nomor referral (jika ada). Lalu klik selanjutnya. 

Langkah kedua

akan dikirimkan kode OTP melalui sms ke nomor yang di daftarkan. 

Langkah ketiga

membuat password untuk akun di sooltanpay. 

Langkah keempat, 

diminta untuk membuat pin untuk keamanan dalam transaksi


Langkah terakhir

akan ada syarat dan kententuan dari aplikasi sooltanpay. 

Jika semua sudah berhasil dilakukan, maka sudah memiliki akun di sooltanpay. Hal yang dilakukan berikutnya yaitu login dengan akun yang sudah dibuat. 

Berikut adalah tampilan utama pada aplikasi sooltanpay. 


Untuk membuat QRIS di sooltanpay untuk pelaku usaha, hal yang perlu dilakukan adalah upgrade akun terlebih dahulu. Upgrade akun tidak dipungut biaya alias gratis dan prosesnya hanya perlu 1x24 jam hari kerja. Setelah melakukan upgrade akun maka bagi pelaku usaha sudah mendapatkan QRIS. 

Dengan aplikasi sooltanpay juga bisa melakukan request untuk cetak QRIS yang sudah resmi dan terintergasi oleh Bank Indonesia. 

Fitur SooltanPay

1. Pembayaran QRIS

Bagi pelaku usaha / bisnis bisa melakukan pembayaran dengan scan QR. Dengan menyediakan QRIS di toko, maka dapat menyediakan berbagai jenis metode pembayaran untuk pembeli. Metode pembayaran yang akan di pilih oleh pembeli dapat disesuaikan dengan kenyamanan dan kepemilikan masing-masing. 

Cara daftar QRIS untuk pelaku usaha sangatlah mudah, seperti hal yang sudah dijelaskan. Adanya QRIS di toko memiliki manfaat yaitu praktis dan aman, pembayaran dilakukan non tunai karena dapat memudahkan pembeli yang sedang tidak membawa uang cash, lebih up to date sesuai dengan kebutuhan pembeli. 

QRIS yang berasal dari SooltanPay memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan yang lain yaitu pembayaran lebih cepat karena memiliki banyak pilihan metode pembayaran, biaya QRIS gratis, dan mudah mendapatkan QRIS dalam bentuk fisik

2. TopUp dan Tagihan

Pada aplikasi sooltanpay bagi pelaku usaha bisa menambah penghasilan lebih dengan menjual pulsa, paket data, token listrik,  dan pembayaran tagihan di sooltanpay. Sehingga mendapatkan keuntungan bertambah dan harga termurah

3. Kasir

Sooltanpay tidak hanya memberikan kemudahan untuk bertransaksi, tetapi juga memberikan fitur kelebihan dengan adanya kasir. Fitur kasir merupakan bagian untuk mencatatkan semua riwayat transaksi penjualan dengan rapih. Selain itu, fitur kasir dilengkapi dengan struk digital atau struk yang dapat di cetak secara fisik. Sehingga laporan penjualan bisa tercatat dengan baik dan bisa kita lihat secara harian, mingguan ataupun bulanan. 

Cara Menggunakan QRIS

Sebagai konsumen untuk menggunakan QRIS sangatlah mudah. Kita hanya cukup scan kode QR dengan aplikasi e-wallet yang ada di smartphone. Karena kode QR sooltanpay sudah terintergrasi dengan QRIS dari Bank Indonesia. Maka proses transaksi yang dilakukan sangat cepat dan tidak repot. 

Selain menggunakan e-wallet, kita juga bisa scan menggunakan m-banking yang kita miliki. Karena sudah hampir semua m-banking memiliki fitur scan & barcode QR. Dengan begitu kita bisa membayar dengan saldo e-money dari rekening pribadi. 

Fitur untuk konsumen

Kita sebagai konsumen tidak hanya bisa mendapatkan manfaat dari sooltanpay untuk bertransaksi dengan scan kode QR, melainkan kita juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplilasi. 

Kita bisa menggunakan aplikasi sooltanpay untuk melakukan topup dan pembayaran tagihan dengan harga termurah. Transaksi yang bisa dilakukan yaitu pembelian pulsa & paket data prabayar ataupun pascabayar, listrik PLN, pembayaran bpjs, sampai topup e-wallet. 

Aksesnya mudah dan dilengkapi dengan banyak pilihan jenis pembayaran. Keuntungan bertransaksi di aplikasi sooltanpay yaitu memiliki harga termurah, akan mendapatkan keuntungan yang melimpah, dan tersedia struk secara digital. 

Penutup

Sebagai konsumen yang cerdas dan mengikuti era digital saat ini, pasti akan memilih transaksi yang cepat dan mudah. Perbandingan antara pembayaran konvesional atau cash dengan pembayaran digital atau non tunai sangatlah berbeda. Apalagi dengan pengalaman saya yang pernah berbelanja di sebuah supermarket yang tidak siap memiliki kembalian membuat lama dalam transaksi jual beli. Menjadikan saya lebih memilih melakukan pembayaran secara digital. Pembayaran digital tidak perlu repot dan harus menunggu uang kembalian. Pembayaran digital yang praktis dan cepat. Salah satunya yaitu penggunaan QRIS melalui berbagai jenis digital payment. Dengan menggunakan QRIS dapat menerima pembayaran dimana saja dan dari mana saja. Kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kepemilikan saat ini, seperti e-money ataupun e-wallet. Transaksi mudah, cepat dan aman dengan digital payment QRIS. Yuk kita sebagai konsumen semakin bijak dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

14 komentar

  1. Aku udah sering pakai QRIS. Tapi kalau aplikasi SooltanPay baru tahu sekarang. Bisa nih aq share ke teman2 umkm

    BalasHapus
  2. Udah beberapa kali sih transaksi pakai Qris, dan emang sesimpel itu.
    Buat emak' yang gak mau ribet bawa dompet tebel' bisa nih recommend pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  3. Emang gampang pakai qris tgl pake hp doang, lupa bawa atm juga gak masalah ya mba. Makin memudahkan transaksi nih

    BalasHapus
  4. Baru berarti ini ya Sooltan Pay? Aku baru dengar soale. Nggak sabar nih nunggu promo-promo dan diskon yang bekerja sama dengan Sooltan Pay.

    BalasHapus
  5. Praktis yah bayar pakai QRIS. Biasanya kalau buru-buru pergi sampai lupa ga bawa dompet sementara anak minta beli jajan yaudah aku bayar pakai QRIS aja. Sekarang dari minimarket sampai warung pun udah bisa terima pembayaran non tunai seperti ini.

    BalasHapus
  6. aku belum coba pake sooltanpay. tapi kalau qris emang udah sering banget buat sehari-hari. kalau banyak promonya memang menarik banget yaa

    BalasHapus
  7. Semenjak ada QRIS saya terbiasa tidak bawa uang tunai dalam jumlah besar. Riskan juga sih ya. Mending pakai QRIS saja deh lebih aman

    BalasHapus
  8. Yes, sebagai pengguna QRIS salut ada SooltanPay merupakan aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia yang memiliki fitur utama pembayaran QRIS.

    BalasHapus
  9. paling demen kalau beli ke warung atau toko udah bisa bayar pakai qris, soalnya aku jarang bawa uang cash sekarang,

    BalasHapus
  10. Penggunaan QRIS ini sudah cukup familiar ketimbang 2 atau 3 tahun ke belakang sebelum pandemi. Rasanya agak aneh transaksi tanpa ngliat bentukan fisik dari uang.
    Kini, sejak pandemi, semua bisa dilakukan secara digitalisasi dengan mudah bersama QRIS dan semoga semakin bisa kontrol pengeluaran ya.. Hihi, sukanya kalo gak pegang uang fisik, gak sadar tuh uda belanja berapa banyak.

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu ini ada SooltanPay
    Makin banyak alat bayar non cash bikin saya makin bahagia karena udah malas punya cash sekarang

    BalasHapus
  12. Aku suka banget belanja dengan qris ini kak sangat memudahkan banget ya praktis

    BalasHapus
  13. Qris ini memudahkan karena enak ga perlu bawa duit ya kak jaman sekarang
    aku sendiri belum pake sooltanpay ini

    BalasHapus
  14. pakai qris ini memang memudahkan banget pas belanja karena nggak ribet mikirin kembalian dan juga pastinya lebih tercatat transaksi jual beli kita

    BalasHapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.