mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Orang tua wajib ajak anak memancing, ini Manfaatnya!

Konten [Tampil]

‌Liburan akhir tahun, merupakan waktunya liburan bersama keluarga.

‌Bagi sebagian orang tua yang anaknya sudah masa sekolah, akhir tahun merupakan waktu liburan anak sekolah. Banyak sekali orang tua yang mengajak anaknya ke tempat wisata ataupun liburan ke rumah saudara. Kali ini saya mau membahas salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan liburan bersama anak yaitu memancing.

Memancing akan menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak. Karena anak bisa belajar mengenai jenis - jenis ikan dan ada keseruan tersendiri dari memancing. Selain itu memancing bersama anak memiliki manfaatnya. Berikut 5 manfaat memancing bersama anak :

‌1. Mengenal Jenis Ikan

‌Ketika mengajak anak memancing di pinggir pantai secara tidak langsung sudah mengajarkan jenis- jenis ikan. Mulai dari menyiapkan umpan untuk memancing terkadang bisa menggunakan jenis ikan kecil-kecil ataupun udang. Ketika berhasil memancing dapat memperkenalkan jenis ikan yang di dapat ke anak. Anak pun menjadi menambah wawasan mengenai jenis ikan.

‌Terkadang anak melihat bentuk dan jenis ikan hanya melalui buku ataupun televisi, tapi dengan memancing anak bisa melihat langsung dan berintereaksi dengan ikan. Sehingga menambah wawasan mengenai jenis ikan secara langsung.

‌2. Melatih Motorik Anak

‌Kegiatan memancing sangat memerlukan koordinasi dari anggota tubuh. Mulai dari indra penglihatan, punggung, tangan, dan kaki. Memancing dapat melatih otot-otot pada tubuh, karena memerlukan menggulung joran, menarik, memegang dan menahan pancingan. Hal tersebut dapat melatih motorik kasar pada anak.

‌Selain itu, memancing juga dapat melatih motorik halus pada anak. Seperti menyiapkan umpan untuk di pasang ke kail, memegang umpan. Hal itu memerlukan koordinasi tangan yang baik pada anak.


‌3. Melatih Kesabaran

‌Memancing mampu membantu anak untuk belajar kesabaran. Kenapa? Karena proses memancing yang panjang, dimulai dari menyiapkan pancingan, umpan, sampai saat memancing menunggu umpan dimakan oleh ikan. Hal itu mengajarkan anak bahwa ada proses untuk mendapatkan ikan. Orantua juga wajib menjadi role model saat memancing, bagaimana bersikap saat menunggu sampai mendaptkan ikan. Ataupun tak ku kunjung dapat ikan, kita dapat menunjukan bagaimana kesabaran dan tenang dalam prosesnya. Tentunya peran orangtua di saat seperti itu sangat penting.

‌4. Meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak

‌Dengan memancing bersama anak dapat meningkatkan ikatan batin antara orang tua dan anak. Ikatan batin bersama anak terjalin karena adanya aktivitas bersama-sama yang dilakukan. Orang tua dan anak akan semakin kompak dan menambah waktu bersama yang berkualitas. Ketika memancing akan ada waktu menunggu, menunggu umpan untuk di makan ikan, saat- saat seperti itu dapat digunakan untuk menambah komunikasi atau banyak cerita antara orang tua dan anak.


‌5. Melatih konsentrasi dan fokus

‌Anak yang sudah di kenalkan untuk memancing dapat melatih konsentrasi dan fokus. Karena memancing sangat membutuhkan konsentrasi dan fokus saat menunggu umpan di sambar oleh ikan, kalau tidak konsentrasi yang baik bisa-bisa tidak menyadari ikan sudah habis memakan umpan.

Pengalaman Memancing Sekeluarga

‌Tempat tinggal kami dekat dengan Pantai, karena itu kami mengenal memancing di pantai. Sebelumnya kami memancing hanya ketika pulang ke sukabumi rumah orangtua. Di rumah orangtua terdapat kolam ikan yang cukup besar, berisi ikan nila ataupun ikan mas. Sekarang saat tinggal di Batam, memancing menjadi kegiatan hampir setiap weekend. Hiburan memancing menjadi salah satu pilihan kami yang murah meriah. Selain itu, memancing di kolam dengan memancing di pinggir laut memiliki perbedaan.


‌Ketika memancing di kolam ikan tetap membutuhkan kesabaran dan konsentrasi, ikan bisa terlihat posisinya dimana, jadi kita bisa berpindah tempat untuk memancingnya. Memancing hanya dilakukan sekitar dari kolam. Sedangkan memancing di aliran pinggir laut, memiliki sensasi yang berbeda. Terdapat aliran dari laut, harus tau waktu yang tepat untuk memancing, memastikan umpan dan pancingan sesuai dengan kondisi air laut.

‌Hal tersebut bisa menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan untuk anak. Tentu juga pengalaman menyenangkan untuk anak pertama kami, yaitu zaara. Dari kecil dia selalu senang melihat ikan, terkadang kami sengaja ke toko ikan hias hanya untuk melihat-lihat ikan dan memperkenalkan ke zaara. Sampai- sampai penjaga toko ikan hias sudah terbiasa kedatangan kami, walaupun tidak membeli setiap datang.

‌Banyak sekali manfaat yang di dapatkan ketika memancing, terlebih dapat meningkatkab bounding antara orang tua dan anak. Anak-anak akan merasa senang dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Yuk ajak anak pergi memancing untuk sesekali, bisa di lakukan kolam pemancingan ataupun ke pantai seperti saya. 

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar