mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Cilok Anti Gagal

Konten [Tampil]

 

Resep Cilok Anti Gagal

Jajan cilok yuk, udah lama nggak makan cilok

Tiba-tiba suami mengajak saya untuk mencari penjual cilok. Sebenarnya saya agar kurang sreg dengan penjual cilok disini. Karena cilok dan pentol bakso disini memiliki adonan yang sama. Jarang saya menemui cilok bandung. Benar-benar yang adonannya aci dan menggunakan bumbu kacang.

Kami pun JJS (Jalan-jalan Sore) bersama untuk mencari penjual cilok. Alhamdulillah ketemu.

Kami pun membeli cilok 3 bungkus dengan harga Rp 5,000 setiap bungkusnya. Kami bersantai memakan cilok dan sambil mengobrol. Suami pun nyeletuk.

kurang puas juga ya, ternyata isinya dikit, gimana kalau mamih bikin di rumah

Ah saya jadi tertantang dan benar juga bagaimana saya bikin saja di rumah? Apalagi anak-anak juga senang dengan cemilan satu ini. Walaupun berbahan dasar asi, bisa dimodifikasi tambahan topping didalamnya agar lebih nikmat.

Akhirnya saat akhir pekan saya memutuskan membuat cilok sendiri di rumah. Yuk simak cerita saya dalam membuat cilok.

Resep Cilok Anti Gagal

Dari sekian resep yang saya pernah coba buat di rumah. Menurut saya, resep cilok anti gagal ini merupakan versi terbaik. Karena apa? Karena cilok yang dihasilkan kenyalnya pas, tidak terlalu lengket atau keras, bisa awet seharian juga. Jadi uang jajan moms bisa lebih hemat.

Bahan Cilok Anti Gagal

  • 500 ml air matang
  • 250 gram tepung terigu 
  • 250 gram tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang, potong iris tipis. Bisa skip jika tidak suka
  • 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan atau bisa menggunakan bawang putih bubuk
  • Garam
  • Kaldu jamur
  • Sedikit lada

Bahan Pelengkap (Optional)

  • Parutan Keju
  • Tahu goreng

Bahan pelengkap ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing atau bahan yang ada di rumah ya.

Cara Membuat Cilok Anti Gagal

Pertama, siapkan anti lengket untuk membuat adonan basah cilok terlebih dahulu. Perhatikan stepnya agar berhasil dalam pembuatan cilok kali ini ya.

Tuangkan 500 ml air matang pada pan ataupun panci. Kemudian masukan bawang putih halus / bawang putih bubuk, garam, daun bawang, dan perbumbuan (garam, lada, kaldu). Aduk semua hingga tercampur rata. Baru tuangkan 250 gram tepung terigu kedalam panci. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata, pastikan tidak ada yang menggumpal. Sekiranya sudah tercampur rata, baru nyalakan api kompor dengan sedang cenderung kecil. Masak adonan hingga mengental dan menggumpal secara rata semuanya. Pastikan tidak ada yang masih cair.

Matikan api kompor. Siapkan wadah atau mangkuk besar untuk tahap selanjutnya. Tuang adonan terigu yang tadi yang sudah dimasak, ke dalam wadah besar. Kemudian tambahkan 250 gram tepung tapioka. Aduk semua adonan dalam keadaan hangat. Bisa menggunakan spatula atau bisa menggunakan tangan secara langsung. Saya langsung menggunakan tangan, agar cepat saat mengaduknya. Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya.

Aduk adonan hingga kalis dan tidak lengket. Kalau sudah tidak lengket di tangan artinya adonan sudah siap. 

Sediakan topping yang sudah disiapkan sebelumnya. Kalau saya menggunakan keju untuk isian cilok, dan tahu goreng untuk dipotong-potong kecil yang kemudian ditambahkan adonan cilok. Bisa juga menggunakan isian sosis, keju mozarella, ataupun ayam suwir. Bisa disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah ya. Atau tidak menggunakan isian pun tidak masalah, karena akan tetap enak rasanya.

Oke lanjut ya, setelah adonan dan bahan toping sudah siap. Langsung melakukan tahap yang paling lama tapi nanti pas makannya cepet hehe. Yaitu membulatkan adonan cilok dan isi sesuai toping yang sudah disiapkan. Bentuk bulat dengan ukuran sedang cenderung kecil. Pokoknya ukurannya pas sekali makan masuk mulut ya. 

Jika semua adonan sudah siap bentuk semua, siapkan panci untuk merebus. Air rebusan tambahkan sedikit minyak agar tidak lengket. Rebus adonan cilok semua sampai adonan mengapung. Kalau sudah mengapung artinya sudah matang ya.

Apabila adonan cilok yang dibuat hasilnya banyak, tidak untuk sekali makan ya. Agar tetap tahan lama, siapkan panci kukusan. Taruh di dalam panci kukusan agar saat mau di konsumsi bisa dihangatkan dengan cara di kukus.

Sajikan cilok selagi hangat. Untuk anak-anak cukup diberikan kecap manis pasti sudah suka. Kalo buat orang dewasa bisa dengan ditambahkan dengan bumbu kacang atau saus sambal.

Penutup

Itulah resep cilok anti gagal yang saya buat dan modifikasi sesuai dengan bahan yang ada di rumah. Membuat camilan cilok di rumah selain dapat menghemat uang jajan tapi bisa menjamin kebersihan untuk menjaga kesehatan keluarga. Selamat mencoba ya.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

5 komentar

  1. wah enak kak makasih resepnya bisa jadi ide recook di rumah. saran saya bisa ditambahkan gambar cilok yang sudah jadi biar lebih menarik.

    BalasHapus
  2. yang isi keju sih kayaknya bakal jadi favorit. enak ditambah saus kacang dan saus sambal. jadi lapar nih

    BalasHapus
  3. Wahhh ternyata cilok gak 100% dari tepung tapioka tapi dicampur terigu ya? Kalo mau coba 1/2 resep dulu gpp ya? Kalo di sini ciloknya ada yg pake bumbu kacang, enak deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mbak, bikin 150gram dulu aja tepungnya.. yg penting perbandingan airnya tepat

      Hapus
Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak meninggalkan link hidup ya.