mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Belajar Coding Dengan Scratch Itu Mudah dan Menyenangkan

Konten [Tampil]
Belajar Coding Dengan Scratch Itu Mudah dan Menyenangkan

Halo Mom,

Sebagai seorang ibu bukan berarti berhenti belajar. Justru semakin dewasa lebih baik banyak belajar. Belajar bukan hanyalah pendidikan saat di bangku sekolah, seperti ilmu sains, sosial dan matematika. Kenyataanya banyak sekali bidang keilmuan yang bisa dipelajari.

Salah satunya belajar bahasa coding. Seiring berkembangnya teknologi, perlu juga loh ibu-ibu belajar tentang coding. Siapa tau nanti dibutuhkan ataupun bisa diajarkan kepada anak. Daripada anak menggunakan hp atau laptop untuk bermain dan menonton youtube, lebih baik diajarkan untuk belajar coding. Bisa menjadi tambahan skill untuk di masa depan.

Saya mengenal bahasa coding dimulai dari kuliah. Karena saya kuliah di jurusan teknik elektro, saat itu banyak sekali matakuliah yang memerlukan bahasa coding. Selain itu, bahasa coding banyak sekali jenisnya tergantung dengan kebutuhan, aplikasi apa yang digunakan dan hasil apa yang diinginkan.

Saat ini, saya memiliki kesempatan belajar bahasa coding yang cukup sederhana. Jadi siapa saja bisa belajar dengan mudah. Belajar bahasa coding dengan scratch bisa dari nol buat Mom yang ingin belajar untuk diri sendiri atau nanti bisa diajarkan pada anak-anak. Yuk kita berkenalan lebih jauh mengenai bahasa coding.

Belajar Bahasa Coding Online

Alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk bisa belajar bahasa coding secara online. Melalui Instagram ibupembelajarindonesia mengadakan sebuah program 'Bulan Bahasa Ibu'. Program tersebut untuk ibu-ibu yang ingin mempelajari bahasa baru maupun meningkatkan kemampuan berbahasanya. 

Kelas bahasa gratis untuk ibu terbuka untuk umum, siapa saja yang ingin belajar bahasa bisa mengikutinya. Program diadakan terdiri dari 5 pilihan kelas bahasa, antara lain :

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Coding

Program kelas bahasa ini akan diadakan selama 2 bulan atau 8 kali pertemuan secara online dengan aplikasi Zoom Meeting. Ibu Pembelajar Indonesia bekerja sama dengan Educourse.ID untuk melaksanakan program ini.

Kemarin, pembukaan pendaftarannya dari tanggal 30 April 2024 hingga 4 Mei 2024. Prosesnya sangat cepat karena tidak ada persyaratan untuk mengikuti program kelas ini. Pada 6 Mei 2024 sudah langsung terdapat kegiatan Opening Ceremony sebagai awal memulai petualangan belajar bahasa secara bersama-sama.

Saya memilih kelas bahasa coding, karena saya sangat penasaran bahasa coding seperti apa yang bisa dipelajari oleh semua kalangan dengan mudah. 

Oleh karena itu, saya ingin sedikit berbagi dari rangkuman beberapa pertemuan yang sudah saya ikuti. Seperti apa, belajar bahasa coding online dengan mudah dan menyenangkan. Siapa saja pasti bisa mempelajarinya.

Belajar bahasa coding online

Scratch, Bahasa Pemrograman Mudah dan Menyenangkan

Selama belajar bahasa coding di kelas bahasa, kami akan menggunakan website bernama Scratch. Pengajar menyarankan untuk menggunakan laptop saat belajar agar mempermudah selama pembelajaran.

Scratch merupakan platform untuk bahasa pemrograman (coding) yang berbasis visual. Hal ini untuk memudahkan dipelajari oleh siapa saja, seperti guru, pembelajar, orang tua dan anak-anak. 

Dengan Scratch, para penggunanya dapat membuat animasi, permainan, musik hingga karya kreatif lainnya. Bahasa pemrograman ini dirancang dalam bentuk balok-balok penyusun (blocks) secara visual, sehingga menarik untuk dipelajari. Selain itu, belajar bahasa pemrograman (coding) ini dapat membantu memberikan pemikiran dan pemahaman komputasional, kemampuan menyelesaikan sebuah masalah, serta belajar kreatif.

Scratch dapat digunakan tanpa perlu memikirkan pemasangan kode, kesalahan-kesalahan dalam coding. Pengguna Scratch hanya perlu drag atau menggerakkan balok-balok ke Code Area.

Cara Memulai Menggunakan Scratch

Program scratch dapat diakses secara gratis melalui https://scratch.mit.edu/ dan sudah tersedia dalam lebih dari 70 bahasa. Jadi, tidak perlu khawatir sudah ada bahasa indonesianya.

Berikut cara memulai menggunakan Scratch yang saya ikuti kelas pertama, yaitu :

  • Pertama, perlu memiliki akun Scratch terlebih dahulu sebelum memulai membuat suatu proyek
  • Membuat akun baru di Scratch sangatlah mudah, cukup klik 'bergabung dengan Scratch' pada bagian atas kanan website. Kemudian, ikuti langkah pembuatan akun. Jangan lupa untuk mencatat username dan passwordnya.
  • Setelah memiliki akun, kita sudah bisa mengakses Scratch dan memulai membuat sebuah karya sendiri

Hal yang dipelajari di Scratch Bersama Ibu Pembelajar Indonesia

Selama 8 pekan pertemuan, kelas bahasa yang diadakan Ibu Pembelajar Indonesia ini sudah memiliki silabus pembelajar yang akan dipelajari. Kelas bahasa coding dibagi menjadi 2 level yaitu Starter dan Intermediate. 

Saya mengikuti kelas Stater agar memahami dari awal. Proyek yang akan dibuat menggunakan Scratch selama pembelajaran yaitu :

  • Piano Tiles 
  • Mari Berkeliling Dunia
  • Human Senses
  • Plant Classification
  • Maze Game
  • Organic and Non Organic Food
  • Indonesian Food
  • Robot Lines Followers

Selama kelas berlangsung, diajarkan secara selangkah demi selangkah dalam pembuatan proyek oleh Coach. Selama pembelajaran cukup mudah mengerti untuk diikuti. Mungkin, artikel selanjutnya saya akan menunjukan tahapan membuat salah satu proyek yang sudah dihasilkan.

Kesan Belajar Coding Online di Ibu Pembelajar Indonesia

Kesempatan belajar bahasa coding ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. Karena bisa belajar bahasa coding secara online dan tanpa dipungut biaya sama sekali. Bisa bergabung di kelas ini sangat menyenangkan. Saya jadi memiliki semangat kembali untuk bisa terus bertumbuh dan berkembang walaupun sudah menjadi ibu.

Sama halnya seperti tagline dari komunitas Ibu Pembelajar Indonesia dimana sebagai komunitas untuk ibu di seluruh Indonesia untuk bisa bertumbuh dan berkembang bersama. Jadi, tidak perlu lagi merasa insecure menjadi seorang ibu yang sibuk mengurus suami dan anak di rumah saja. Kita juga tetap bisa terus belajar banyak hal baru terutama meningkatkan kemampuan bahasa melalui online.

Semoga saja tahun berikutnya akan terus ada program kelas bahasa seperti ini lagi. Jadi, ibu di seluruh Indonesia bisa merasakan belajar bahasa secara online dan gratis diakses oleh kalangan mana saja.

Nah, sekian dulu cerita perjalanan dan pengalaman selama belajar bahasa coding online dengan Scratch di Kelas Bahasa Ibu Pembelajar Indonesia. Menulis menjadi pengalaman abadi sebagai catatan hidup. Tidak ada salahnya selalu menceritakan pengalaman yang habis dilalui agar menjadi kenangan indah. Semoga bermanfaat artikel kali ini,  insya allah selanjutnya akan membahas salah satu proyek yang dapat dihasilkan dari Scratch.

Sumber : 

https://m.kumparan.com/how-to-tekno/apa-itu-program-aplikasi-scratch-ini-penjelasan-dan-elemennya-20ZAMGfm0EQ/full

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar