mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Optimalkan Perkembangan Otak Anak dengan Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Konten [Tampil]
Optimalkan Perkembangan Otak Anak dengan Belajar Bahasa Asing Sejak Dini
Sumber : dokumentasi pribadi

Suatu hari saya sedang bersantai sambil menonton video Short YouTube. Saya pun terkesima dengan sebuah video yang muncul. Seorang anak kecil dengan lancarnya berbicara bahasa inggris. Anak itu bernama Emma Adeline, memiliki banyak konten yang menunjukan dia sedang berbicara bahasa inggris.

Salah satu video yang membuat saya semakin penasaran. Emma dengan berani membuat konten yang sedang berkeliling di Mall dan mencari orang dewasa untuk diajak ngobrol dengan bahasa inggris. Seperti, hanya sekedar berkenalan dan pertanyaan ringan lainnya. Namun, tidak jarang beberapa orang dewasa menolak menjawab pertanyaan Emma karena kebingungan tidak lancar berbahasa inggris. Dari video itu, saya jadi tersadar bahwa bisa berbahasa asing menjadi pintu komunikasi secara global.

Jujur, secara pribadi saya juga tidak lancar dan kurang percaya diri untuk berbicara bahasa inggris. Karena sewaktu kecil saya terbawa dengan pemikiran orang tua. Tidak perlu susah-susah belajar bahasa asing saat kecil, karena belum butuh dan cukup sulit dipelajari. Nanti saja belajarnya, saat sudah besar dan fokus pelajari bahasa asing.

Namun, kenyataannya semakin saya bertambah usia merasa kesulitan memahami bahasa asing. Dipikiran saya sudah berlabel bahwa belajar bahasa asing itu sulit. Pada akhirnya, saya hanya bisa bahasa inggris dasar saja. 

Perkenalkan Bahasa Asing Pada Anak di Usia Terbaik

Orang tua dulu memiliki pendapat apabila seorang anak usia dini diajarkan bahasa asing akan berdampak kurang baik. Bisa muncul kebingungan pemahaman untuk berkomunikasi dengan bahasa ibu atau bahasa indonesia. Apalagi di Indonesia memiliki bahasa daerah, biasanya orang tua lebih dulu memperkenalkan bahasa daerah pada anak.

Namun, saat ini sudah banyak penelitian baru membahas tentang hubungan belajar bahasa asing dengan usia. Menurut Dr Erika Levy PhD, seorang asisten profesor di Universitas Columbia Mengatakan memperkenalkan bahasa asing lebih awal akan semakin baik. Karena pada usia dini, 3 - 5 tahun anak-anak akan lebih mudah memahami kata baru di bahasa yang berbeda dengan lebih cepat. 

Otak anak pada usia dini bisa diibaratkan seperti sebuah spons. Dapat dengan mudah menyerap banyak informasi di lingkungannya tentang hal baru. Termasuk dengan bahasa yang didengarnya. Semakin muda usia saat mengenal bahasa asing, maka semakin mudah untuk belajar dan mempraktekan ucapan bahasa asing dengan tepat.

Bahasa Asing Sebagai Pintu Komunikasi Global

Bahasa Asing Sebagai Pintu Komunikasi Global
Sumber : dokumentasi pribadi

Sebagai orang tua modern yang memiliki anak di Era Globalisasi, perlu memiliki bekal bagaimana mempersiapkan pendidikan untuk anak. Tentu orang tua cerdas akan banyak belajar tentang ilmu parenting saat ini. 

Harapan saya bisa memberikan upaya pendidikan terbaik untuk anak, agar anak bisa beradaptasi sesuai dengan zamannya. 

Tidak bisa dihindari bahwa saat ini banyak sekali disekitar kita menggunakan bahasa asing. Terutama bahasa inggris. Tidak perlu jauh-jauh bahkan sebuah kemasan makanan memiliki keterangan dalam dua bahasa atau bilingual. 

Bahasa asing bukan hanya untuk diperkenalkan saja. Namun, sudah menjadi keharusan dan kebutuhan yang sangat penting untuk dimiliki. Dengan menguasai salah satu bahasa asing dapat menjadi gerbang peluang besar di masa depan. 

bahasa asing bisa menjadi salah satu alat komunikasi yang mendatangkan banyak manfaat. Perlu diketahui kebutuhan memiliki kemampuan berbahasa asing membuka lebar peluang di berbagai bidang antara lain : 

  • Peluang dalam pendidikan, bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan belajar di luar negeri
  • Peluang dalam karir, jika sudah bekerja dengan memiliki kemampuan bahasa asing yang lancar dapat menunjang karir yang tinggi. Bisa juga mempercepat naik jabatan misalnya.
  • Peluang dalam memahami dunia secara global. Dengan memiliki kemampuan bahasa asing bisa lebih paham dengan perkembangan teknologi dan lainnya di luar dengan lebih baik.

Agar bisa memiliki kesempatan besar mendapatkan peluang tersebut. Saya sangat berharap bisa memberikan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk anak. Sebelumnya, saya perlu mengenal aspek perkembangan anak sesuai dengan usia.

Bahasa Asing Bantu Optimalkan Perkembangan Otak Anak

Pada beberapa aspek perkembangan anak terdapat tahapan mengenai kemampuan berbahasa dan perkembangan kognitif anak. Dimana kemampuan berbahasa akan mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak.

Pengertian dari perkembangan kognitif adalah kemampuan pada seorang anak dalam berfikir, melakukan sebuah aktivitas, hingga memecahkan sebuah masalah. Artinya perkembangan kognitif mempengaruhi bagaimana kecerdasan seorang anak. 

Pertumbuhan dan perkembangan otak anak berkembang sangat pesat di usia 0-5 tahun. Saraf-saraf dalam otak akan berkembang dengan baik apabila mendapatkan stimulasi yang tepat. Sehingga kinerja otak dapat bekerja secara maksimal. 

Pada kemampuan bahasa akan melibatkan fungsi otak sebelah kiri. Otak kiri memiliki fungsi sebagai analisa logika dan memecahkan permasalahan. Bisa dilihat agar dapat memaksimalkan kinerja otak dengan memberikan berbagai bahasa yang di dengarkan. Berarti perkembangan otak anak bisa dioptimalkan dengan membiasakan anak mendengarkan bahasa lebih dari satu. Semakin banyak bahasa yang didengarkan berarti semakin sering juga otak bekerja dengan maksimal. 

Bahasa Asing Bantu Optimalkan Perkembangan Otak Anak
Sumber : dokumentasi pribadi


Kini saya dapat pahami, bahasa asing bantu perkembangan otak dengan optimal dengan memberikan stimulasi, latihan dan diasah secara berkala. Sehingga saraf dalam otak semakin banyak yang berkembang, saling terhubung dengan hasil anak menjadi lebih cerdas.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Berdasarkan penjelasan yang sudah saya jabarkan, dapat disimpulkan memperkenalkan bahasa asing pada anak di usia dini mendatangkan manfaat. Seperti membantu optimalkan perkembangan otak anak pada aspek kognitif. Sehingga mendukung kecerdasan otak anak.

Bahasa asing sudah menjadi pembelajaran yang penting untuk disiapkan. Tidak hanya sebagai pelajaran tambahan di sekolah tapi pelajaran wajib untuk menambah skill bahasa. Kursus Bahasa Asing Anak bisa menjadi bekal orang tua yang diberikan. Dengan begitu anak mendapatkan banyak manfaat dari belajar bahasa asing sejak dini.

Jadi, apa saja manfaat yang didapatkan apabila anak usia dini sudah belajar bahasa asing? Berikut penjelasannya ya.

1. Sebagai Pintu Komunikasi Global

Bahasa menjadi kunci untuk berkomunikasi antar sesama. Dengan menguasai berbagai bahasa artinya bisa dengan mudah memahami dan menghargai kebudayaan di dunia. Ketika anak bisa menggunakan bahasa asing. Anak memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain berbagai budaya di dunia. 

2. Melatih Anak Berpikir Kritis

Sebelumnya saya sudah membahas, anak yang belajar bahasa asing di usia dini membantu perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif yang optimal akan menghasilkan anak yang berpikir kritis. Anak yang belajar bahasa asing berarti belajar belajar memahami struktur bahasa, mengenal kosakata baru sehingga pemikirannya semakin terasah. Hal ini dibutuhkan anak nanti di bangku sekolah dan masa depannya.

3. Melatih Komunikasi Secara Interaktif

Belajar bahasa asing dapat melatih anak komunikasi secara interaktif. Keterampilan berbicara, mendengar, menulis dan membaca bahasa asing juga terlatih dengan baik. Ini artinya anak akan terbuka kesempatan untuk bisa berkomunikasi dengan siapa saja di masa depannya.

4. Meningkatkan Percaya Diri Anak

Percaya diri bisa menjadi modal awal anak untuk berlatih bahasa asing. Karena anak belajar tentang hal baru, masalah baru dan memerlukan kepercayaan diri untuk menyelesaikannya. Ketika anak berhasil menguasai hal baru dalam berbahasa akan menimbulkan rasa bangga dan percaya diri anak karena sudah bisa. Tentu meningkatnya percaya diri anak bantu kesuksesan anak saat belajar di sekolah. 

Kunci Sukses Belajar Bahasa Asing Pada Anak

Demi kesuksesan anak dimasa depan menghadapi era globalisasi saat ini. Saya sebagai orang tua perlu memberikan dukungan penuh untuk masa depan anak. Setelah menyadari banyaknya manfaat untuk anak belajar bahasa asing sejak dini. Saya tidak ragu lagi untuk memperkenalkan anak bahasa asing.

Cukup saya saja yang mengalami ketidakpercayaan diri karena belajar bahasa asing belum perlu saat kecil. Namun, anak saya akan mendapatkan manfaat luar biasa dari belajar bahasa asing.

Nah, agar mendapatkan manfaat yang optimal perlu langkah dan kunci sukses belajar bahasa asing pada anak yang diterapkan, antara lain :

1. Dukungan Orangtua

Sebelum menginginkan anak menguasai suatu bahasa asing. Hal dasar yang perlu diingat bahwa dukungan orangtua penting. Jika anak saya sudah memasuki usia 4 tahun, saya berniat mulai mengenalkan bahasa inggris pada anak. Bisa dimulai dengan mengenal kosakata yang bisa digunakan sehari-hari. Ataupun nama benda disekitar rumah diperkenalkan dalam bahasa inggris.

Menurut saya, kegiatan tersebut akan semakin optimal karena selalu ada dukungan dari orangtua. Anak menjadi termotivasi dan semangat untuk mempelajari bahasa asing.

2. Latih dan Rutin Praktek Setiap Hari

Semua yang dilakukan setiap hari akan terbiasa dilakukan dan tidak akan merasa terbebani. Itulah yang bisa menjadi prinsip apapun. Latih dan rutin praktek setiap hari menggunakan bahasa asing bisa bantu kesuksesan anak menguasainya. 

3. Menggunakan Metode Menyenangkan

Pada anak usia dini akan lebih mudah bosan untuk belajar. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan metode menyenangkan untuk belajar bahasa asing pada anak. Jadi anak lebih tertarik dan senang saat belajar bahasa asing. Misalnya, membuat jadwal hari khusus untuk belajar bahasa asing, memberikan beberapa permainan dengan gambar yang menarik dalam bahasa asing, dan metode lainnya. Saat belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, maka anak akan mudah memahaminya.

4. Manfaatkan Teknologi

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, tidak dapat dihindari dalam penggunaan gawai pada anak. Saya pribadi tidak mau anak menjadi ketinggalan karena tidak belajar sesuai dengan zamannya. Tapi perlu sangat pengawasan yang lebih ketika anak menggunakan gawai ataupun teknologi saat ini. 

Memanfaatkan teknologi untuk belajar bahasa asing bisa dimulai dengan memberikan film atau video dalam bahasa asing yang dikhususkan anak-anak. Cukup film sederhana yang bisa dipahami oleh anak. Tentunya disesuaikan dengan usia agar lebih mudah dipelajari.

5. Ikut Kursus Bahasa Asing Anak

Belajar bahasa asing sekarang tidak cukup hanya belajar dari sekolah. Kalau menginginkan anak lebih lancar dan menguasai bahasa asing. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengikutsertakan anak kursus bahasa asing. Dengan begitu, anak bisa belajar bahasa asing sesuai dengan tingkatan yang sesuai dengan kemampuan anak. 

Teringat dengan Emma Adeline, saya jadi mengharapkan anak bisa lancar berbahasa asing. Minimal bisa bahasa inggris. Maka, saya pun tertarik dengan aplikasi Cakap. Disana tersedia kursus khusus untuk anak yaitu Kursus bahasa inggris anak online dan Kursus bahasa mandarin anak online.

Cakap Kids Academy, Membuka Potensi Bahasa Anak Sejak Dini

Cakap kids Academy
Sumber : cakap.com

Cakap Kids Academy merupakan salah satu program yang ada di Cakap. Cakap sebagai pelopor aplikasi belajar bahasa asing dan bahasa mandarin secara online. Si kecil yang ingin jago bahasa asing tidak perlu lagi, karena siap bersaing di masa depan. Cakap Kids Academy menjadi solusi untuk ajak anak belajar interaktif secara online dan offline.

Saya sangat tertarik sekali dengan belajar bahasa inggris secara online. Karena kondisi masih memiliki bayi, rasanya agak kesulitan jika harus mengantar anak nomor satu untuk kursus bolak balik. Kursus bahasa inggris anak online bisa menjadi solusi terbaik.

Lalu, bagaimana jika lebih senang belajar offline? Tidak perlu khawatir karena ada juga programnya

Cakap kids Academy memberikan peluang potensi bahasa anak sejak dini yang diperlukan saat ini. Program yang tersedia adalah kursus bahasa inggris dan bahasa mandarin untuk anak pada rentang usia 4 sampai 12 tahun. Bisa belajar secara online dan blended menjadi solusi yang tepat. Di Cakap anak tidak hanya belajar bahasa saja, Namun dapat melatih kemampuan kognitif, motorif, dan sensoriknya. 

Keunggulan Cakap Kids Academy

Tidak perlu khawatir lagi untuk mencari kursus bahasa asing untuk anak. Karena cakap kids academy memiliki banyak keunggulan, antara lain :

1. Metode Pembelajaran Sesuai dengan Usia

Agar mendapatkan hasil belajar yang optimal, Cakap memiliki rancangan metode belajar EXPERT (Explore - Practice - Certify). Metode yang menggabungkan eksplorasi perkembangan kognitif dan motorik anak

2. Mengadaptasi Fun Learning

Cara pembelajaran untuk anak mengadaptasi fun learning, artinya memberikan metode yang menarik, menyenangkan, fasilitas terbaik, dan aktivitas belajar membuat anak senang.

3. Terdapat Bimbingan Akademik

Tidak hanya belajar materi yang disediakan oleh Cakap. Anak yang belajar di Cakap Kids Academy dapat melakulan sesi konsultasi apabila memiliki kesulitan dalam mengerjakan PR sekolah yang berkaitan dengan bahasa inggris dan bahasa mandarin.

4. Terdapat Laporan Setiap Progres Pembelajaran

Setiap hasil pembelajaran yang dilakukan anak, akan memiliki laporan raport setiap akhir sesi kelas.

5. Memiliki Guru Berkualitas Baik dan Berpengalaman

Orangtua tidak perlu khawatir dengan tenaga pengajar yang ada. Karena Cakap memiliki guru profesional, berkualitas baik, memiliki sertifikat pengajaran baik, dan memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.

Learning Format Cakap Kids Academy 

Kursus bahasa inggris anak online

Belajar bahasa asing di Cakap Kids Academy terdapat kelas online dan kelas offline. Para orangtua bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Jika tertarik belajar kelas offline, terdapat dua lokasi yaitu Daan mogot, Jakarta Barat dan Gading Serpong, Tangerang.

Pasa kelas offline menggunakan metode pembelajaran blended. Kombinasi antara kelas bahasa untuk mengasah kemampuan bahasa inggris dan kelas tematik untuk mengasah kreativitas anak melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan.

Namun, jika lokasi rumah berjauhan dengan tempat kursus Cakap tidak perlu khawatir. Kelas online yang disediakan tetap bantu anak makin cerdas dalam berbahasa. Karena belajar bahasa asing secara online interaktif dengan guru profesional menggunakan platform pembelajaran bahasa online terbaik. 

Kelas online di Cakap terdapat dua jenis yaitu kelas online private dan kelas online Semi- Private. Kelas online private yaitu pembelajaran secara private (1on1) dengan guru pengajar. Sedangkan, kelas semi-private yaitu belajar secara berkelompok dengan jumlah murid 3 sampai 5 orang.

Buat para orangtua yang tertarik mendaftarkan anak untuk kursus bahasa asing secara online di Cakap, Saya memiliki kabar gembira! 

Buat yang mau langsung daftar kelas private online sehingga mendapatkan potonngan 15%. Caranya mudah banget, saat pendaftaran masukan kode referral AMICKPSJN2SKS.

Informasi lengkap mengenai layanan dan fasilitas pembelajaran Cakap Kids Academy dapat diakses sangat mudah melalui :

Website         : https://cakap.com/

Instagram     : https://www.instagram.com/cakapkidsacademy/

X / Twitter     : twitter.com/cakapcom

Tiktok             : https://www.tiktok.com/@cakapcom

Phone             : 0812 1833 8653

Semangat bantu mengoptimalkan perkembangan otak anak dengan lebih baik, melalui belajar bahasa asing sejak dini. Karena dengan Jago Bahasa Asing, Si Kecil Semakin Bersaing.

Referensi :

  • https://ielc.co.id/umur-berapakah-sebaiknya-anak-mulai-belajar-bahasa-inggris/#:~:text=Dr.%20Erika%20Levy%20PhD%2C%20asisten,bentuk%20pengujaran%20di%20sekitar%20mereka.
  • https://blog.cakap.com/usia-terbaik-anak-belajar-bahasa-asing/
  • https://www.researchgate.net/publication/335612828_PENGARUH_MEMPELAJARI_BAHASA_ASING_TERHADAP_PERKEMBANGAN_OTAK_ANAK

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar