mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Tips Menyiapkan Menu Sahur, Anti Bosan !

Konten [Tampil]
Tips menyiapkan menu sahur, anti bosan

Tantangan terberat menjadi ibu saat bulan ramadan menurut saya adalah urusan dapur. Apalagi suami dan anak-anak memiliki selera makanan yang berbeda. Pada akhirnya menu makanan di rumah 4L alias loe lagi loe lagi.

Biasanya protein andalan di rumah wajib stok telur. Karena telur semua anggota keluarga pasti suka. Kalau dengan ayam, daging sapi, ataupun ikan, saya cukup kesulitan untuk memikirkan menu makanan. Selera di rumah berbeda-beda.

Kebetulan anak-anak masih balita jadi belum ada yang ikut berpuasa. Jadi semakin bertambah tantangannya deh, masak jadi dua kali. Pertama, menu sahur dan berbuka untuk suami. Kedua, menu makan untuk anak-anak.

Meski, rasanya repot masalah makan di rumah. Penting sebagai ibu mengatur semuanya dengan teratur. Apalagi masalah menu makanan, agar menunya tidak loe lagi lo lagi, makanya perlu ide dong agar tidak bosen.

Artikel kali ini, saya mau sharing tips menyiapkan menu sahur, anti bosan! Dengan begitu anggota keluarga tidak akan malas sahur. Karena menu sahur yang tersedia membuat semangat. Sekaligus menciptakan pengalaman menyenangkan selama bulan ramadan.

1. Membuat Meal Plan

Meal plan
Sumber :canva

Tips pertama yang penting dilakukan adalah membuat jadwal menu makanan atau meal plan. Hal ini dapat membantu menghindari kebingungan untuk masak apa. 

Sebelum saya belum mengenal dengan meal plan. Setiap hari pasti kebingungan. "Masak apa ya hari ini? Belanja apa ya hari ini?"

Dengan membuat meal plan minimal satu minggu, tidak ada lagi bingung masak apa belanja apa. Meal plan ini juga bisa membantu membuat daftar belanja lebih jelas, anti mubazir dan anti boros. Sering kali, ibu-ibu kalau sudah belanja ada aja bahan makanan yang kebeli. Padahal tidak ada di daftar belanja.

Meal plan juga bermanfaat untuk menentukan jenis makanan dan efisiensi dalam memasak. Mengingat membuat menu makan untuk sahur lebih nyaman dengan menu praktis dan simpel.

2. Menggunakan Banyak Jenis Makanan

Agar menu sahur tidak bosan biasanya saya menggunakan banyak jenis makanan. Bisa dengan mengexplore dan menciptakan jenis makanan yang menarik. 

Misalnya, untuk sumber karbohidrat biasa menggunakan nasi putih. Mungkin bisa divariasikan dengan kentang yang di panggang. Kalau di keluarga saya, bulan puasa nasi lebih awet. Karena makan nasi hanya saat sahur saja. 

Terus bisa juga, melakukan variasi pada sumber protein. Sehari-hari masak ayam, coba sesekali mencoba jenis ikan laut. Bisa dimasak dengan dibakar, diberikan bumbu gulai dan sebagainya. Agar setiap waktu sahur bisa menggugah selera.

Lebih banyak eksplore jenis makanan yang ada atau mencoba bahan makanan baru. Tidak ada salahnya untuk dicoba, bantu nafsu makan jadi meningkat.

3. Berkreasi dengan Menu Masakan

Berkreasi dengan menu masakan perlu dilakukan agar tidak bosan. Bisa dengan mencoba menu baru khas daerah lain. Apalagi Indonesia terkenal dengan kaya akan kuliner. Sayang sekali jika tidak mencoba untuk berkreasi.

Misalnya, saya kalau masak ayam hanya di ungkep untuk ayam goreng. Namun, sesekali saya mencoba masak ayam di semur ataupun di masak gulai. 

Dengan mengganti bumbu ataupun racikan dalam bahan masakan. Akan menciptakan cita rasa baru untuk menghindari kebosanan.

Kreasi menu sahur
Sumber : canva

4. Cari Ide Melalui Sosial Media

Saya kalau udah merasa kehabisan ide menu sahur apa lagi. Bisa dengan cari inspirasi melalui sosial media. Sekarang sudah banyak influencer ataupun ibu rumah tangga yang suka sharing menu masakannya. Kita bisa melihat kreasi masakan yang mereka buat.

Berikutnya kita bisa mencoba membuat menu makananya di rumah. Bisa dengan mengikuti sama persis resep yang dibagikan ataupun bisa berinovasi lagi dengan bahan masakan yang ada di rumah.

5. Sharing Resep dengan Keluarga ataupun Teman

Sebagai hidup merantau jauh dengan keluarga. Kadang hadir rasa rindu dengan masakan keluarga. Saya sering kali kalau lagi kangen atau kebingungan mau masak apa. Saya minta sharing resep masakan yang dikangenin. Walaupun rasanya tidak akan sama persis, setidaknya bisa mengobati rasa rindu. Sekaligus menambah daftar menu sahur yang bisa dibuat.

Biisa juga saling sharing dengan teman secara pribadi ataupun group teman. Saling bertukar resep masakan, bisa menjadi inspirasi. Bisa medapatkan menu makanan yang berbeda dan bisa ditiru di rumah.

Penutup

Itulah yang bisa diterapkan tips meyiapkan menu sahur anti bosan. Setiap tips yang biasa saya lakukan ini, bisa membuat eksperimen baru dalam varian menu makanan. Dalam proses ini, bisa dengan kombinasi selera dari anggota keluarga. Jadi, makan sahur tidak akan lagi kebingungan dan bosan dengan menu 4L. Udah banyak ide dong untuk menu sahur.

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar