mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Ramadan Tiba, Inilah Kegiatan yang Paling ditunggu

Konten [Tampil]

 

Ramadan tiba, inilah kegiatan yang paling di tunggu

Tidak terasa ramadan sudah berjalan satu pekan, dimana saat ini memasuki pekan kedua. Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti dan dirindukan oleh semua umat muslim tanpa terkecuali. 

Ramadan tiba, artinya banyak kegiatan yang paling ditunggu. Karena akan ada kegiatan baru yang hanya bisa dilakukan saat bulan ramadan. Sebagai seorang ibu yang baru merantau, untuk pertama kalinya juga saya memiliki tanggung jawab penuh dalam persiapan bulan ramadan. Banyak hal yang menjadi pengalaman pertama untuk saya.

Tulisan ini dibuat untuk catatan cerita perjalanan saya, sekaligus ikut blog challenge yang diadakan oleh kumpulan emak2 blogger (KEB). Saya sangat semangat dan senang karena bisa bergabung jadi member KEB.

Nah, bulan ramadan menjadi waktu paling spesial yang selalu dinantikan. Banyak kegiatan sehari-hari yang berubah selama bulan ramadan. Perubahan inilah yang membuat ciri khas saat bulan ramadan. Berikut kegiatan yang paling ditunggu, antara lain

1. Suara Orang-orang yang Membangunkan Sahur

Kegiatan paling ditunggu adalah suara sekelompok orang yang membangunkan waktu sahur. Mereka akan keliling ke rumah-rumah warga untuk membangunkan sahur. 

Biasanya membangunkan sahur berkeliling dengan membawa bedug. Ciri khas saat membangunkan warga diiringi lantunan suara "sahur sahur sahur sahur". Momen ini menjadi paling yang selalu dirindukan. Karena hanya ada saat dibulan ramadan.

Kalau di kampung halaman saya, kelompok yang membangunkan sahur dengan lantunan lagu. Bukan hanya bedug saja, mereka membawa peralatan yang bisa bunyi. Ditambah menggunakan api obor untuk penerangan jalan.

Sedangkan, saat ini saya tinggal di batam. Kelompok orang yang membangunkan sahur, lebih banyak dilakukan oleh kalangan anak muda dan anak-anak. Meramaikan membangunkan waktu sahur dengan alat musik seadanya. Menggunakan galon kosong yang diisi beras kemudian di goyangkan, sehingga mengeluarkan suara khas. Bedug yang digunakan pun dari galon juga, dipukul-pukul untuk mengeluarkan suara kencang.

Setiap daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing. Meski berbeda, ini menjadi momen paling menyenangkan dan dilakukan bersama-sama. Saya pernah mengikuti kegiatan ini sewaktu masih sekolah. Menjadi momen berharga yang tidak bisa dilupakan.

Bagaimana kalau kalian apa pernah ikut serta dalam kegiatan ini?

2. Shalat Tarawih

Shalat tarawih

Salah satu ibadah spesial yang tidak ada di bulan lainnya adalah shalat tarawih. Shalat tarawih menjadi ibadah yang hanya bisa dilakukan saat bulan ramadan. Kegiatan ini menjadi hal yang paling ditunggu lainnya dalam bulan ramadan.

Selepas berbuka puasa dan shalat maghrib. Bergegas bersiap berangkat ke masjid agar bisa ikut shalat tarawih berjamaah. Namun, terakhir saya ingat, melakukan shalat tarawih di masjid sewaktu kuliah. Sisanya saya selalu melakukannya di rumah. 

Apalagi sekarang masih memiliki dua balita yang lagi gemes-gemes, belum bisa diajak shalat tarawih. Tapi saya tidak ingin sedih berlarut, karena tetap bisa menjalankan ibadah shalat tarawih di rumah berjamaah dengan suami. Alhamdulillah

3. Setiap Malam Selalu Ada Suara Tadarusan Al Quran dari Masjid

Kegiatan unik yang ada di tempat tinggal saya sekarang adalah setiap malam terdengar suara tadarusan Al Quran dari masjid. Tadarusan dilakukan setiap malam selesai shalat tarawih. Biasanya tadarusan bersama anak-anak, walaupun menggunakan speaker masjid. Di lingkungan kami tetap tenang karena tidak terlalu besar dan mengganggu suaranya.

Menurut saya justru suasana lingkungan rumah jadi lebih nyaman dan sangat terasa suasana ramadan. Mungkin, di daerah lain memiliki kebiasaan berbeda.

4. Ngabuburit Berburu Takjil

Kegiatan lainnya yang paling ditunggu saat ramadan tiba adalah ngabuburit bareng untuk berburu takjil. Saat bulan ramadan, akan banyak sekali yang menjual makanan dan minuman. 

Teringat waktu masih sekolah, saya paling senang kalau sudah diajak keliling untuk ngabuburit. Bisa memilih langsung takjil yang saya inginkan untuk berbuka puasa.

Sekarang pun, saya tetap melakukan kegiatan ini. Bedanya saya pergi mengajak anak-anak dan suami. Di dekat rumah terdapat bazar ramadan. Disana banyak sekali aneka makanan dan minuman yang dijual. Mulai dari es buah, es timun, berbagai jenis bubur, banyak gorengan dan ada juga yang menjual lauk matang. 

5. Buka Puasa Bersama

Mungkin kalau saya masih tinggal di tangerang, jadwal buka puasa bersama akan sangat padat. Mulai buka puasa bersama teman sd, teman smp, teman sma, teman kuliah, teman mantan kantor hingga teman terdekat. 

Buka puasa bersama menjadi momen silaturahmi. Bertemu teman yang sudah tidak lama bertemu. Sambil menanyakan kabar saat ini. Kegiatan ini menjadi obat kangen bertemu teman lama. Karena sudah memiliki kesibukan kegiatan masing-masing.

6. Berbagi Makanan untuk Berbuka Puasa

Adakah yang sewaktu sekolah memiliki program bersama di organisasi untuk berbagi makanan berbuka puasa? 

Sampai kuliah, saya selalu memiliki kegiatan ini. Kegiatan berbagi makanan untuk berbuka puasa juga menjadi kegiatan spesial untuk berbagi antar sesama. Bisanya membagikan pada orang yang masih dalam perjalanan, tukang ojek online, tukang becak dan lainnya. Kegiatan ini menjadi momen paling ditunggu karena bisa berbagi kebahagiaan pada orang lain.

7. Mudik

Mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri

"Balik kampung, Oh balik kampung"

Lirik dari salah satu lagu setiap akhir bulan ramadan mendekat hari raya selalu teringat. Tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia yaitu mudik ke kampung halaman untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar.

Kegiatan ini menjadi momen spesial yang hanya ramai dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tanpa terkecuali saya sendiri. Tahun lalu 2023, saya merasakan mudik ke jakarta. Banyak orang yang mudik, serasa sekali suasana menuju Hari Raya Idul Fitri.

Penutup

Inilah kegiatan yang paling ditunggu saat ramadan tiba. Menjadi momen paling berharga dan membuat suasana hati senang. Jadi sebuah kenangan dan cerita perjalanan hidup. Kira-kira kegiatan apa yang paling kamu tunggu saat ramadan tiba?

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar