mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Persiapan Bulan Ramadhan Pertama Kali di Tanah Rantau

Konten [Tampil]

Tahun 2024 menjadi tahun kedua saya merantau di Batam. Pertama kalinya, saya menjalankan ibadah puasa disini. Karena saat ramadhan 2023, saya mendapat rezeki dan kesempatan bisa pulang ke Sukabumi. 

Persiapan bulan ramadhan pertama kali di tanah rantau

Berarti tahun ini, saya pertama kali menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka sendiri. Karena sebelumnya selalu ada ibu mertua ataupun mamah yang menyiapkan sahur. Ya Allah, jadi sangat rindu dengan keluarga. Memang hidup merantau jauh dari keluarga ada kelebihan dan kekurangan.

Kembali lagi, tentang persiapan puasa di bulan ramadhan tahun 2024. Sangat berbeda dan perasaan campur aduk. Kepikiran apakah saya sanggup berpuasa penuh satu bulan, menyiapkan semuanya dan sambil merawat dua balita. Subhanallah perjuangan seorang ibu ya, semoga ibu-ibu yang membaca juga tetap semangat menjalankan puasanya.

Biasanya banyak kebiasaan yang dilakukan untuk menyambut bulan ramadhan. Kalau kebiasaan keluarga suami, saya sering melihat ibu mertua untuk membersihkan seluruh rumah. Karena kata beliau, agar selama bulan ramadhan dapat suasana baru. 

Dalam artikel kali ini,mencoba membahas kegiatan apa saja yang dilakukan dalam persiapan menyambut bulan ramadhan versi saya. 

1. Menata Ulang Ruang

Seberapa penting sih menata ulang ruangan di rumah? Menurut saya pribadi cukup perlu dilakukan. Minimal satu tahun sekali. Tapi, saya pribadi senang mengatur ulang posisi perabotan rumah, sekitar 2-3 bulan sekali. Karena saat mengatur ulang posisi perabotan rumah, bisa sekalian deep clean untuk area rumah jarang terjangkau. Seperti kolong lemari, sudut ruangan yang jarang di sapu dan lainnya.

2. Belanja Bahan Makanan

Persiapan selanjutnya yang saya lakukan adalah belanja bahan makanan. Penting untuk belanja bahan makanan. Biasanya kalau di bulan ramadhan seperti ini, penjual akan merubah jam jualannya. Apalagi tukang sayur biasa lewat depan rumah akan merubah jadwalnya. Saya belanja bahan makanan kira-kira untuk 3 hari sampai 5 hari. Mempersiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur.

3. Membuat Meal Plan

Agar tidak kebingungan mau masak apa buat menu sahur dan buka puasa. Lebih baik membuat meal plan selama satu minggu. Sekarang sudah banyak yang sharing melalui instagram tentang ide menu untuk selama satu minggu. Bisa juga digunakan untuk menyesuaikan budget belanja kebutuhan pokok. Selain itu, dengan membuat meal plan bisa lebih praktis dalam memasak.

4. Manajemen Waktu

Selama bulan ramadhan ada satu target yang pasti diinginkan dalam menjalankan ibadah. Salah satunya bisa khatam membaca al quran minimal satu kali. Karena saat bulan ramadhan  seperti ini. Sebagai ibu rumah tangga dan memiliki anak masih balita, jujur akan mengalami kesulitan. Karena sudah merasa kelelahan dengan aktivitas mengurus rumah dan anak. 

Oleh karena itu, penting untuk manajemen waktu baik selama bulan Ramadhan ini. Jangan sampai terlalu capek dan tidak meluangkan waktu untuk beribadah. Tips yang bisa dilakukan yaitu gunakan waktu me time yang biasa dipakai scrolling media sosial untuk beribadah. Minimal meluangkan waktu untuk tadarus Al Quran.

5. Persiapkan Jiwa dan Mental

Selain mempersiapkan lingkungan dan materi, hal penting lainnya yaitu persiapkan jiwa dan mental pada diri. Dengan menyambut bulan ramadhan dalam kondisi hati, jiwa dan mental yang bersih akan lebih khusyuk. Jiwa dan mental ini perlu dipersiapkan dalam keadaan iman yang kuat dan ketulusan hati untuk menjalankan ibadah. Karena kita tidak tau cobaan seperti apa yang akan dihadapi satu bulan kedepan. 

Cobaan yang biasa muncul yaitu rasa malas dan lelah. Karena kadang dengan alasan puasa, tidak ada energi untuk beribadah. Namun, malam hari terasa ngantuk. Jika tidak dipaksakan maka kita bisa membuang waktu dengan sia-sia. 

Penutup

Bulan ramadhan sudah di depan mata. Semoga tahun ini kita dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk dan fokus. Mendapatkan keberkahan dan diampuni dosa-dosa yang telah terdahulu. Karena kita tidak tahu, apakah tahun depan akan bertemu dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Maka, persiapkan dalam menyambut bulan ramadhan sebaiknya.

Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk persiapan bulan ramadhan pertama kali di tanah rantau. Walaupun sangat rindu pulang, ingin merasakan bulan ramadhan bersama keluarga besar. Namun, apalah daya tetap menjalankan dengan semangat dan menyambut dengan gembira bulan suci ramadhan tahun 2024.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar