mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Cara Membuat Blog Menarik, 24 Jam Ngeblog Bareng

Konten [Tampil]

Cara Membuat Blog Menarik

Menjadi blogger tentu perlu membuat blog yang menarik. Agar memiliki pengunjung untuk membaca artikel yang sudah dibuat. Namun, bagaimana cara agar pengunjung itu setia membaca blog kita? Yuk cari tahu cara membuat blog kekinian.

Sebagai blogger pemula, saya masih perlu banyak belajar, perlu membuat artikel secara konsisten, dan masih banyak lagi. Saat scrolling di instagram saya melihat informasi webinar gratis mengenai 24 Jam Blogging yang diadakan oleh Kampung komunitas Ibu Profesional Jakarta. Langsung saya mendaftar dan ikut webinarnya.

24 Jam Blogging Bareng 

Dari webinar blogging bareng selama 24 jam saya banyak mendapatkan ilmu baru. Untuk membuat blog kekinian yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Webinar ini diisi oleh mbak Shafira dan mbak helena sebagai parenting blogger.

Disini selain mengikuti webinar melalui zoom meeting selama 1 jam, peserta juga ditantang untuk menulis blog dalam satu hari untuk mempraktekan yang sudah dipelajari. Artikel inilah yang saya jadikan untuk menyelesaikan tantangan.

Berikut rangkuman yang saya dapatkan agar bisa membuat artikel kekinian yang menarik dan bermanfaat. 

Alur Membuat Artikel

Dalam membuat sebuah artikel di blog, memerlukan proses di dalam pembuatannya. Pertama, menentukan topik apa yang akan dibuat. Topik yang dibuat disesuaikan niche yang digunakan pada blog dimiliki. Saya masih memilih lifestyle blog atau terkenal blog gado-gado. Tapi sebagai pemula dan masih mencari topik yang pas sesuai dengan kita tidak masalah. 

Kedua, mencari ide dalam membuat sebuah artikel. Ide bisa didapatkan dari membaca buku, membaca artikel sesama blogger, ataupun dari kejadian sehari-hari bisa menjadi ide menulis. Jangan lupa, saat memulai menulis tentukan keyword yang ingin digunakan dalam artikel. Agar artikel kita bisa dengan mudah dicari melalui mesin pencarian google.

Ketiga, membuat outline dan referensi. Hal ini sebenarnya saya belum terlalu paham. Karena selama ini saya masih membuat artikel dengan mengalir saja. Namun, dari webinar kemarin diberitahu bahwa membuat artikel dengan membuat outline terlebih dahulu. Bisa memudahkan kita dalam membuat artikel. Jadi mengetahui pembahasan apa saja yang akan ditulis.

Keempat atau terakhir, menulislah dengan mengalir di pikiran teman. Ini hal yang biasa saya lakukan. Saya menulis apa saja yang ada dipikirkan lebih dulu, jika sudah selesai baru dibaca ulang dan edit kata-kata apabila ada yang kurang.

Alur membuat artikel

Kunci Membuat Artikel Menarik

Setelah mengetahui alur dalam membuat sebuah artikel di blog. Dengan berlatih setiap waktu lama-lama akan terbiasa dan semakin banyak ide artikel yang dibuat. Namun, bagaimana ya agar artikel yang kita sudah buat memiliki banyak pembacanya. Tentu perlu membuat artikel yang menarik para pembaca dan sesuai dengan trend saat ini. Istilahnya kita perlu juga sebagai blogger membuat artikel di blog yang kekinian. 

Nah, berikut kunci membuat artikel menarik dan kekinian yang saya rangkum dari webinar kemarin, antara lain :

1. Membuat Artikel Yang Enak Dibaca

Kunci penting dalam membuat artikel yang menarik yaitu artikel yang dibuat enak dibaca. Maksudnya gimana enak dibaca? 

Maksudnya di dalam artikel membutuhkan tampilan yang nyaman dilihat agar para pembaca betah membaca artikel sampai selesai. Hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Warna, gunakan warna yang enak dipandang pada blog. Jangan sampai menggunakan warna terlalu gelap ataupun terlalu terang juga. Kombinasi warna perlu diperhatikan agar nyaman dilihat. Selain itu, warna bisa menjadi identitas dan tujuan pada blog
  • Layout, perlu diperhatikan juga layout yang digunakan. Seperti jenis font, gambar yang digunakan hingga elemen yang terdapat di dalam blog. Jangan sampai berlebihan dalam penggunaanya.
  • Space, kesesuaian antara elemen yang digunakan pada blog. Jangan sampai blognya terlalu ramai atau terlalu sepi. Elemen penting yang biasa digunakan seperti, about me, mesin pencarian, arsip, label artikel.

2. Artikel dalam bentuk storytelling 

Kunci sukses membuat artikel yang menarik lainnya yaitu dengan storytelling. Jadi dalam pembuatan artikel dalam bentuk sebuah cerita, bisa cerita pengalaman diri sendiri atau orang lain, dihubungkan dengan topik yang sedang di bahas. Agar para pembaca tertarik dan merasa ingin tahu lebih jauh lagi dalam artikel yang kita buat.

Pada artikel storytelling terdiri 4 bagian yaitu headlines atau hook, empathy, core dan action. Headlines atau hook yaitu paragraph awal yang membuat daya tarik para pembaca melanjutkan baca artikel hingga akhir. Empathy merupakan jembatan yang merasa pengalaman atau perasaan yang sama. Sedangkan, core merupakan inti artikel yang mau di bahas dan memberikan manfaat pada pembaca. Terakhir, action bisa berupa kesimpulan ataupun action to call yang diinginkan.

Penutup

Setelah terjun menjadi blogger ternyata banyak hal yang perlu dipelajari. Salah satunya membuat artikel yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Perlu teknik yang dipelajari agar bisa menghasilkan artikel menarik para pembaca. Salah satunya pastikan membuat artikel yang enak dibaca. Semoga artikel yang saya tulis ini enak dibaca yaa. Yuk sharing di kolom komentar bagaimana membuat artikel yang enak dibaca versi kalian.

Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar