mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Resep Bola Ubi Manis Anti Gagal

Konten [Tampil]
resep bola ubi manis

Anak-anak terkadang menjadi pemilih makanan. Memilih makanan karena anak mudah bosan ataupun suasana hati yang sedang tidak nyaman. Sebagai orangtua pasti khawatir untuk melengkapi nutrisi anak setiap hari jika tidak tercukupi. Terlebih anakku tipe yang lebih senang camilan dibandingkan dengan menu utama seperti nasi. Aku punya salah satu resep camilan andalan apabila anakku lagi bosan dengan nasi. Camilan ini tetap bergizi karena mengandung gizi lengkap. 

Cemilan yang akan aku bagikan adalah resep bola-bola ubi manis anti gagal. Di jamin buat yang kurang jago masak kue tetep bisa bikin bola ubi. Akan aku kasih tau tips agar bisa mengembang sempurna tanpa kempes dan bisa kopong di akhir cerita ya. Jadi tetap simak sampai selesai. Hehehe

Ubi Jalar

Bahan utama yang akan digunakan adalah ubi jalar. Jenis ubi jalar yang aku pakai yang berwarna oranye. Ubi jalar atau ubi rambat berasal dari tanaman rambat yang terdapat banyak tumbuh di tanah Indonesia. Tanaman ini yang lebih banyak dimanfaatkan pada bagian akar atau umbi. Ubi jalar memiliki kandungan gizi baik, salah satunya sebagai sumber karbohidrat. 

Ubi jalar
Ubi jalar akan kaya kandungan gizi baik untuk tubuh. Beberapa kandungan gizi yang terkandung yaitu karbohidrat, protein, serat, kalsium, fosfor, vitamin B1, B2 dan vitamin C. Kandungan gizi lengkap itu memberikan manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga membantu mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak. 

Lengkap banget kan, terlebih ubi jalar sangat mudah ditemui, pada pasar tradisional banyak yang menjualnya. Kalau ada istilah, ubi jalar itu makanan segala umat, hehe. Sedikit terdengar berlebihan tapi nyata manfaatnya. 

Bahan pangan ini menjadi makanan kesukaan orang indonesia oleh semua kalangan. Karena rasanya yang manis, tekstur yang lembut membuat pengolahannya juga mudah. Bahkan ubi ini kalau di rebus saja sudah bisa dinikmati. Itu salah satu alternatif cara mudah mengelolanya. 

Eh tapi aku coba sharing resep bola-bola ubi manis anti gagal ya. Karena kalau buat makanan anak, kalau ada yang sulit kenapa harus mudah. Hehe bercanda ya. Aku bikin resep ini agar anak tertarik makan dan tentu gizinya terpenuhi. Agar ibu tidak perlu khawatir dengan asupan nutrisi harian anak. Yuk, simak resep bola-bola ubi manis

Resep Bola Ubi Manis Anti Gagal

Resep bola ubi manis

Bola - bola ubi manis merupakan camilan simpel dan sehat. Resep yang aku punya ini kurang lebih modifikasi dari jenis camilan lainnya, karena aku menggunakan bahan yang mudah dan simpel juga digunakan. Berikut penjelasan untuk membuat bola - bola ubi manis. 

Bahan-bahan yang diperlukan :

🍠3 buah ubi kuning ukuran sedang

🍠 5 sdm tepung tapioka

🍠 1 butir telur

🍠 Gula sesuai dengan selera atau bisa di skip untuk yang tidak terlalu suka manis

Cara Membuat :

📑Cuci bersih ubi jalar dan potong-potong menjadi ukuran lebih kecil

📑 Kukus Ubi Jalar kurang lebih 20 menit hingga matang. Cara mengecek apakah sudah matang, bisa menggunakan garpu dan dicoba tusuk pada bagian ubi. 

📑 Dinginkan ubi hingga uap panas hilang

📑 Haluskan ubi yang sudah dikukus, bisa menggunakan copper ataupun garpu saja
Siapkan telur dan gula kocok hingga gulanya larut

📑 Campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung tapioka dan telur

📑 Aduk hingga berbentuk adonan 

📑 Bentuk adonan menjadi bola-bola sesuai dengan selera ukurannya

📑 Siapkan minyak untuk menggoreng, masukan bola ubi ke dalam minyak dalam keadaan api belum dinyalakan

📑 Rendam bola ubi bersama minyak sekitar 5 menit

📑 nyalakan api kompor dan goreng bola ubi hingga matang

📑 Sajikan bola ubi manis pada anak dalam keadaan hangat, bisa ditambahkan gula halus untuk taburan diatasnya

Hal yang Perlu diperhatikan

Agar bola ubi dapat mengembang dan sedikit kopong. Perlu menggoreng dalam keadaan minyak dingin atau api kompor belum dinyalakan. Itulah salah satu tips yang bisa dilakukan agar membuat bola ubi manis kopong anti gagal. 

Penutup

Sejauh pengalaman aku berhasil dan anak-anak suka. Karena membuatnya simpel, tentunya terdapat kandungan gizi baik untuk anak-anak. Selamat mencoba resep andalan aku, cemilan sehat untuk anak namun bisa menjadi pengganti menu utama juga. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Salam hangat 😊



Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar