mOaB8SxtB0X1FfqkEcWCngeyJrUW9rkTfz5H9ziF

Cuaca Panas Ekstrem ! Ini Tips Jaga Imunitas Tubuh

Konten [Tampil]
Cuaca Panas Ekstrem

Sejak beberapa waktu lalu cuaca panas di Indonesia terasa tidak biasa. Suhu panas melanda di beberapa daerah, bisa mencapai suhu maksimal 34 derajat celcius. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan untuk sebagian orang. 

Siapa yang disini pernah mengalami pengalaman salah satu anggota keluarga sakit, terserang flu - batuk. Tidak lama yang lain ikut sakit, seperti piala bergilir sakitnya bergantian sekeluarga. Kadang seperti itu menyebutnya "sedang musim sakit". Duh kalo musim buah mangga pasti semua orang seneng, tapi kalo musim sakit, siapa yang seneng? 

Sebelum kita terserang penyakit sebetulnya akan ada timbul tanda-tanda bahwa imunitas tubuh sedang lemah. 

Apa aja sih tanda imunitas sedang lemah? 

Beberapa tanda ketika imunitas lemah yaitu tubuh merasa cepat lelah. Merasa lelah setelah beraktivitas seharian itu menjadi hal biasa. Namun, ketika sedang tidak banyak melakukan aktifitas, merasa sudah tidur cukup, lalu terasa lelah. Bisa jadi itu menjadi tanda bahwa imunitas tubuh sedang menurun. Selain itu, tanda lainnya seperti kulit kering, mengalami gangguan pencernaan, sakit kepala hingga mengalami demam secara mendadak. 

Kalo sudah mengalami kondisi tersebut kita perlu melakukan upaya meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yuk simak beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh. 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh manusia lebih banyak mengandung air. Ketika melakukan aktivitas, akan mengalami berkurangnya cairan di dalam tubuh. Dengan minum air putih yang cukup membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Minum air putih dengan cukup dapat membantu terhidrasi baik sehingga tubuh akan lebih sehat. 

Apabila tubuh kekurangan cairan, mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut yang bisa menyebabkan suhu tubuh menjadi meningkat dan badan terasa lemas. Jadi pastikan cairan tercukupi minimal 2 liter setiap hari. 

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang baik dengan makanan sehat bernutrisi dan makan secara teratur menjadi salah satu hal penting untuk imunitas tubuh. Makanan yang dikonsumsi akan diolah oleh tubuh menjadi energi untuk kita bisa melakukan aktivitas harian. Mencakup makanan yang perlu dikonsumsi berupa karbohidrat, protein, sayur, buah dan lemak. Apabila pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat. 

Menjaga Pola Tidur

Waktu tidur tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan. Karena dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup mempengaruhi perfoma tubuh untuk beraktivitas di siang hari. Saat kita tidur tubuh akan mengaktifkan hormon-hormon yang di butuhkan organ tubuh, termasuk mengeluarkan zat-zat beracun. 

Banyak berita mengenai kecelakaan kendaraan dikarenakan pengendara yang tertidur ataupun mengantuk selama perjalanan. Selain dalam membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Maka penting menjaga waktu dan kualitas tidur. 

Olahraga

Banyak yang melupakan aktivitas satu ini. Padahal olahraga juga penting untuk tubuh tetap bugar. Melakukan olahraga dalam satu minggu bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Sekedar meluangkan waktu untuk olahraga ringan seperti berjalan pagi 15-30 menit. 

Pastikan Kebersihan

Semenjak pandemi waktu lalu menjaga kebersihan diri terutama rajin melakukan cuci tangan menjadi hal yang penting. Dengan mencuci tangan bersih sebelum atau sesudah melakukan aktifitas dapat membantu mengurangi resiko tertular virus / bakteri yang menjadi sumber penyakit. 

Hindari Stress

Dalam menjalankan kehidupan seperti ini muncul masalah yang terjadi. Tak terkecuali seperti ibu rumah tangga seperti aku. Apalagi kegiatan yang dilakukan tak ada habisnya, belum lagi menghadapi anak-anak di rumah. Bisa membuat seorang ibu menjadi jenuh bahkan stress. 

Apabila mengalami stress pada seseorang, tubuh akan mengalami penurunan fungsi organ tubuh. Sehingga mudahnya terserang penyakit. Lelahnya pekerjaan memang tidak bisa dihindari. Bukan berarti kita harus terus memikirkan dan melakukan pekerjaan yang banyak. Beri jeda! Yaap, penting banget untuk memberi jeda dan isitrahat sejenak. Agar pikiran lebih rileks dan tenang. Sehingga dapat terhindar dari stress. 

Konsumsi Suplemen Tambahan

Konsumsi suplemen tambahan bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya perlu memperhatikan kandungan yang ada pada suplemen. Suplemen yang memiliki Vitamin C bisa menjadi pilihan. Karena tambahan vitamin C untuk tubuh sangat penting untuk membantu menjaga imunitas tubuh. 

Menjaga kesehatan itu lebih penting dibandingkan jika sudah jatuh sakit dan perlu pengobatan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya dalam menjaganya. Nah itulah beberapa cara untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama saat cuaca panas yang ektrem. Penting sekali untuk tetap menjaga tubuh sehat agar bisa melakukan aktifitas harian dengan baik. 

Salam Hangat dan Semangat menjalankan aktivitas.


Related Posts
Amicytia Nadzilah
istri, ibu dari dua anak perempuan dan seorang wanita pembelajar menjadi blogger profesional. Tinggal merantau di pulau sebrang singapura, belajar mandiri dan menulis cerita pengalaman yang dilalui.

Related Posts

Posting Komentar